Biografi Eni Aryani, Tokoh Wirausahawan di Bidang Kerajinan yang Sukses Menyulap Kaleng Menjadi Karya

Eni Aryani. Seorang tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses. Mungkin belum banyak yang mengetahui namanya, namun karyanya cukup diakui di Indonesia.

Tahukah Anda apa itu wirausahawan?

Wirausahawan adalah individu yang menciptakan bisnis baru, menanggung sebagian besar risiko dan menikmati sebagian besar penghargaan. Wirausahawan umumnya dilihat sebagai inovator, sumber ide-ide baru, barang, jasa, dan bisnis / atau prosedur.

Tak terlepas dari tokoh wirausahawan di bidang kerajinan, wirausahawan memainkan peran kunci dalam ekonomi apa pun, menggunakan keterampilan dan inisiatif yang diperlukan untuk mengantisipasi kebutuhan dan membawa ide-ide baru yang baik ke pasar. 

Wirausahawan yang terbukti berhasil dalam mengambil risiko dari startup dihargai dengan keuntungan, ketenaran, dan peluang pertumbuhan berkelanjutan. Mereka yang gagal, menderita kerugian dan menjadi kurang lazim di pasar.

Bagi sebagian orang, sampah sering dianggap sebagai barang yang tidak berharga. Namun di tangan Eni Aryani (37), sampah justru menjadi sumber pemasukan tambahan dengan omzet yang cukup besar.

Eni Aryani adalah seorang tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang menyulap kayu dan kaleng bekas menjadi suatu produk yang bernilai jual. Omzet yang ia peroleh bisa mencapai ratusan juta perbulannya.

Apa saja sih fakta mengenai Eni Aryani?

Tokoh Wirausahawan di Bidang Kerajinan yang Sukses
Sumber gambar: Indo Trading

Berikut merupakan beberapa fakta mengenai Eni Aryani, sang tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses:

  1. Wanita kelahiran Yogyakarta, 22 Desember 1979 ini telah berhasil membuat lebih dari 20 macam produk, misalnya seperti kaleng kerupuk, tenong, ceret angkringan, guci stempel, vas bunga, pensil, ember, tempat kue, siraman bunga, dan barang-barang rumah tangga lainnya.
  1. Meski produk yang dihasilkan dari barang bekas, tetapi sebagai seorang tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses, Eni menjualnya dengan harga mahal. Sekitar ratusan sampai jutaan rupiah. Alasan utama mengapa harganya mahal yaitu karena produk tersebut dibuat secara manual dengan tangan.
  1. Harga produk yang dijual mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 1,2 juta (per item). Adapun produk yang paling mahal itu biasanya hiasan atau pajangan yang custom.
  1. Eni Aryani merintis bisnis Wastraloka sejak tahun 2014. Namun siapa sangka saat pertama kali bisnis ini dirintis, Eni tidak mengeluarkan modal yang cukup besar. Hal ini disebabkan karena Eni hanya memanfaatkan barang-barang bekas seperti kaleng dan kayu bekas yang sudah tidak terpakai.
  1. Pada saat bisnis Wastraloka berdiri di tahun 2014, Eni mengaku hanya menggelontorkan modal sebesar Rp 5 juta. Modal tersebut sebagian besar digunakan untuk membeli bahan baku berupa barang bekas serta cat akrilik yang digunakan sebagai pewarna.
  1. Produk Wastraloka semakin banyak di kenal orang, apalagi setelah setahun menjalankan bisnis ini atau tepat nya tahun 2015,Eni mulai mendapatkan tawaran untuk mengikuti ajang pameran kerajian tangan terbesar di indonesia, inacraft.
Tokoh Wirausahawan di Bidang Kerajinan yang Sukses
Sumber gambar: Wanita Wirausaha
  1. Eni menceritakan awalnya ia  mengalami dilema. Hal ini karena untuk bisa mengikuti ajang Inacraft 2015, ia harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Untungnya, saat itu ia berhasil mendapatkan modal mengikuti Inacraft 2015 dari uang asuransi.
  1. Eni mengaku beruntung bisa mengikuti ajang Inacraft 2015. Bagi Eni ajang Inacraft 2015 dapat membantu dirinya membuka pasar kerajinan tangan yang jauh lebih luas.
  1. Karena terbuat dari barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai, Eni mengaku tidak pernah merasa kesulitan mencari barang bekas. Barang bekas biasa ia dapatkan dari pabrik atau peralatan elektronik rusak yang sudah tidak terpakai. Eni juga kerap mendapatkan suplai barang bekas dari para pengepul. Kebetulan di sekitar tempat tinggalnya banyak pengepul yang siap sedia memasok barang-barang bekas secara rutin kepadanya.
  1. Setelah terkumpul, barang bekas tersebut kemudian dipilih dan dibersihkan. Kemudian barang bekas kembali masuk ke tahap sortir hingga dirancang menjadi sebuah barang hiasan baru oleh para pengrajin.
  1. Setelah dua tahun menggeluti bisnis barang kerajinan tangan Wastraloka dan mendapatkan omzet yang cukup besar, Eni mengaku ingin lebih fokus menggarap bisnisnya. Wanita yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan swasta ini berniat ingin mengundurkan diri dari perusahaannya saat ini.
  1. Dari berbagai macambarang kerajinan tangan yang dihasilkan, Eni mengatakan peminat produknya di dalam negeri cukup beragam. Pembeli tak hanya datang dari kalangan perorangan atau individu tetapi juga dari korporasi besar seperti hotel dan restoran.
Tokoh Wirausahawan di Bidang Kerajinan yang Sukses
Sumber gambar: Genpi

Kontribusi Eni Aryani, Tokoh Wirausahawan di Bidang Kerajinan yang Sukses

Adapun beberapa kontribusi yang telah dilakukan oleh Eni Aryani selaku tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses sebagai berikut.

1. Agen koordinator

Sumber gambar: Medium

Eni Aryani sebagai tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses bertindak sebagai agen koordinator dalam ekonomi kapitalis. Koordinasi ini mengambil bentuk sumber daya yang dialihkan menuju peluang keuntungan potensial baru. Wirausahawan menggerakkan berbagai sumber daya, baik berwujud maupun tidak berwujud, mempromosikan pembentukan modal.

2. Menjernihkan ketidakpastian

Sumber gambar: New Scientiest

Sebagai tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses pula, Eni Aryani dapat membantu menjernihkan ketidakpastian di suatu pasar, saat ia membuat penilaian atau mengambil risiko. Wirausahawan mendorong penemuan yang efisien dan secara konsisten mengungkapkan pengetahuan.

3. Bisnis baru

Sumber gambar: US Chamber

Sebagai permulaan, wirausahawan menciptakan bisnis baru. Wirausahawan menemukan barang dan jasa, menghasilkan lapangan kerja, dan sering menciptakan efek riak, menghasilkan semakin banyak pengembangan. 

4. Meningkatkan Produk Nasional Bruto

Sumber gambar: Vector Stock

Pengusaha menambah pendapatan nasional bruto. Bisnis yang ada mungkin tetap terbatas pada pasar mereka dan akhirnya mencapai batas penghasilan. Tetapi produk atau teknologi baru menciptakan pasar baru dan kekayaan baru. Dan peningkatan lapangan kerja dan pendapatan yang lebih tinggi berkontribusi pada basis pajak suatu negara, memungkinkan pengeluaran pemerintah yang lebih besar untuk proyek-proyek publik.

5. Perubahan sosial

Sumber gambar: Uptown Studios

Pengusaha menciptakan perubahan sosial. Mereka menghancurkan tradisi dengan penemuan unik yang mengurangi ketergantungan pada metode dan sistem yang ada, kadang-kadang membuatnya usang. Ponsel pintar dan aplikasinya, misalnya, telah merevolusi kerja dan bermain di seluruh dunia.

6. Membantu badan amal dan organisasi nirlaba

Tokoh Wirausahawan di Bidang Kerajinan yang Sukses
Sumber gambar: Jakpost

Pengusaha berinvestasi dalam proyek-proyek komunitas dan membantu badan amal dan organisasi nirlaba lainnya, mendukung penyebab di luar mereka sendiri. Bill Gates, misalnya, telah menggunakan kekayaannya yang besar untuk inisiatif pendidikan dan kesehatan masyarakat.

Nah, sudah tahu kan biografi dari Eni Aryani, sang tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses?

Demikian artikel mengenai tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses Eni Aryani. Semoga artikel ini bermanfaat!

Related Posts

Serial Patehan – Jurus 6: Jaga Teras, Ruang Tunggu, dan Dapur

DARI REDAKSI Halo sobat Aksoro! Kali ini Aksoro kembali menyapa Anda lewat serial bonus eksklusif bagi pemilik buku “Kami Siap Tempur”. Ebook yang Anda baca merupakan lanjutan ebook series “24 Resep Bikin Hati Customer Lumer”. Kali ini, kami hadir dengan format...

5 Strategi Jitu Digital Marketing Indonesia

Digital marketing di Indonesia memiliki potensi yang sangat cerah. Hal ini seiring dengan terus tumbuhnya pengguna internet.  Per Januari 2020, populasi pengguna internet di Indonesia menurut We Are Social mencapai angka 175,4 juta orang. Angka ini meningkat 17%...

Menerapkan Content Marketing sebagai Digital Marketing Strategy

Sekarang ini, digital marketing sudah bukan lagi barang baru. Hampir semua brand dan perusahaan melakukannya. Oleh karena itu, penting untuk memiliki digital marketing strategy yang tepat untuk bisnis Anda.  Digital marketing adalah salah satu bagian dari...

General Info

Alamat

Jl. Pasir No.35, Patuk, Banyuraden, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55294

Whatsapp

+6285721004073

EMAIL

halo@aksoro.co.id

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *