Ini 50 Rekomendasi Usaha Rumahan yang Menguntungkan dan Pasti Laris

By

Hallo Sahabat Aksoro! Pasti banyak nih diantara Sahabat yang ingin sekali memulai bisnis tapi masih bingung akan memulai bisnis Anda. Pasti ada juga Sahabat yang ingin menjalankan bisnis dari rumah. Ternyata terdapat banyak rekomendasi usaha rumahan yang menarik untuk dijalani lho. Tak ada salahnya untuk menjadikan rekomendasi usaha rumahan sebagai usaha yang juga turut memberikan Anda keuntungan.

Berikut ini merupakan pokok-pokok alasan kenapa Anda seharusnya mencoba rekomendasi usaha rumahan.

Beberapa pengetahuan yang juga perlu diketahui agar makin banyak orang menjalani usaha rumahan ini.

1. Berawal dari Ide Bagus dan Kemampuan Unik

Sumber gambar: Whicdn

Kebanyakan perusahaan besar yang sudah sangat terkenal di dunia sekarang ini berawal dari sebuah usaha sampingan bahkan rekomendasi usaha rumahan. Hal tersebut merupakan buah ide bagus, serta buah dari kemampuan dan keterampilan dalam menjalankan ide tersebut. Tingkat kompetisi makin rendah dan peluang sukses makin besar jika ide Anda unik dan jarang ada orang lain yang memiliki. Anda tinggal merancang strategi untuk mengeksekusi ide tersebut menjadi kenyataan.

2. Peluang Pasar Masih Terbuka Luas

Sumber gambar: Forbes

Jangan pernah bingung untuk membuka usaha rumahan. Jika Anda adalah seorang yang kreatif, maka semua bisa dijadikan bahan bisnis untuk usaha rumahan. Pastikan usaha yang akan dibuka, entah itu barang atau jasa, memang ada yang bersedia membeli. 

Supaya rekomendasi usaha rumahan bisa tepat sesuai dengan perencanaan, pertimbangkan juga besarnya kompetisi yang akan Anda hadapi nantinya. Lakukan survei kecil-kecilan tentang opini masyarakat, atau bisa dimulai dari orang-orang terdekat, terhadap ide produk Anda.

3. Perlu Uang Tambahan

Sumber gambar: Incimages

Terdapat salah satu fakta pada pegawai kantoran seperti gaji pas-pasan. Meskipun demikian, jika Anda punya banyak waktu luang, membuat usaha rumahan menjadi tren baru yang terus berkembang. Baik menjadi bisnis sampingan maupun utama, rekomendasi usaha rumahan bisa menambah pundi-pundi rezeki untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup. Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup, uang tambahan ini bisa juga digunakan untuk tabungan masa depan Anda dan keluarga.

Adapun waktu yang Anda gunakan cukup efektif dan efisien, karena Anda benar-benar hanya perlu melakukannya dari rumah. Menarik, kan?

4. Persiapan Pensiun

Sumber gambar: Forbes

Bagi pekerja swasta, pertimbangan untuk memiliki rencana pensiun memang perlu. Dengan mempunyai usaha rumahan dan sampingan, rencana tersebut akan menjadi lebih mudah dipenuhi karena akan sangat menolong Anda ketika menginjak usia lanjut nanti. 

Rekomendasi usaha rumahan bisa Anda jadikan sebagai penyambung hidup atau hanya sekedar mengisi aktivitas masa tua. Pasalnya, aktivitas harian pasca pensiun diperlukan untuk menjaga kesehatan mental Anda.

5. Aktualisasi Diri

Sumber gambar: HBR

Saat karier Anda terasa mengalami kebuntuan dalam menjalankan pekerjaan di kantor, atau Anda merasa bahwa pekerjaan di kantor saat ini tidak sesuai dengan passion yang dimiliki, maka rekomendasi usaha rumahan bisa jadi mengajarkan Anda banyak hal yang tidak akan Anda dapatkan dengan menjadi pegawai kantoran.

Proses ini dinamakan aktualisasi diri, namun perlu diingat bahwa kadang-kadang pelajaran ini datang dari kegagalan. Jadi, jangan takut untuk gagal karena sejatinya kegagalan adalah awal dari keberhasilan.

Sumber gambar: Blogspot

Secara umum, biasanya tidak ada istilah gagal dalam bisnis rumahan karena memang sebatas hanya sebagai usaha sampingan atau penghasilan tambahan. Namun, hal tersebut tentu tak menutup kemungkinan adanya potensi kegagalan dari rekomendasi usaha rumahan ini. Walaupun hanya usaha sampingan sekalipun, namun bisnis tetaplah bisnis.

Bisnis dengan skala kecil pun memiliki risiko kegagalan yang hampir sama besar dengan bisnis yang telah dijalankan selama bertahun-tahun.

Apakah yang menyebabkan usaha rumahan dalam skala kecil tersebut gagal?

1. Penentuan prioritas yang kurang tepat

Sumber gambar: Vendorful

Rekomendasi usaha rumahan biasanya memiliki pengertian bukan prioritas atau pekerjaan utama. Tetapi jika pelaku usaha masih mempertahankan pekerjaan penuh waktu mereka sembari mengembangkan bisnis rumahan, maka sebaiknya berhati-hati. Banyak kegagalan terjadi pada usaha rumahan ini akibat ambisi ingin cepat sukses, sehingga porsinya dalam melakukan usaha rumahan bisa menjadi sama besar atau mungkin lebih besar dari pekerjaan utamanya.

Kebanyakan orang terkadang memaksakan diri mengambil banyak pesanan dalam usaha rumahannya, dan menjadi lupa bahwa dirinya masih dalam posisi karyawan. Hal tersebut mengakibatkan hilangnya fokus dan menjadi tidak maksimal dalam pengerjaannya atau keteteran, sehingga banyak muncul komplain dari pelanggan. Alangkah bagusnya jika pemilik usaha tidak terlalu terpaku pada pengembangan usaha rumahan, atau dengan kata lain sesuaikan tingkat bisnis dengan kemampuan Anda saat itu.

2. Penentuan kebutuhan yang kurang tepat

Sumber gambar: Opploans

Saat memulai rekomendasi usaha rumahan, tanpa sadar pemilik usaha sering terbuai pada hal yang tidak begitu penting. Mereka seringkali salah dalam menentukan kebutuhan layaknya sudah memiliki usaha besar saja.

Memang, semua hal tersebut penting untuk sebuah bisnis, namun bisnis kecil yang baru berjalan relatif belum memerlukan hal-hal seperti itu. Alangkah baiknya jika usaha rumahan yang baru dibuka harusnya fokus pada promosi, pasokan bahan baku atau material, perizinan dan sebagainya plus membuat sebuah konsep usaha yang kokoh.

3. Pola pikir yang keliru

Sumber gambar: Teacher Booker

Kegagalan rekomendasi usaha rumahan banyak disebabkan oleh mindset atau pola pikir yang keliru. Contoh pola pikir yang salah adalah anggapan bahwa “apapun yang dijual pasti akan ada yang beli.” Pola pikir yang tidak benar ini juga bisa berupa menganggap enteng aspek pemasaran dan pengembangan produk yang baik sehingga cenderung sembrono dalam hal mengeluarkan uang untuk aspek-aspek bisnis yang kurang penting di awal karier dan berakibat usaha rumahan yang baru dibuka tersebut menjadi gagal.

4. Perencanaan bisnis yang kurang matang

Sumber gambar: Forbes

Sekecil apapun rekomendasi usaha rumahan yang dijalankan, tetap saja membutuhkan sebuah perencanaan. Rencana bisnis bisa meliputi rencana yang sederhana tanpa perlu terperinci seperti membuat rencana tujuan jangka pendek dan jangka panjang, seperti visi dan misi bisnis Anda, daftar kontak networking potensial dan sejenisnya.

Hal ini penting dilakukan untuk membantu pemilik usaha ketika akan mengembangkan bisnis. Perencanaan yang baik di awal akan memudahkan si pengusaha dalam mengembangkan usahanya nanti karena tidak harus menyusun ulang rencana bisnis yang sudah terlanjur jauh sehingga memboroskan waktu, uang, dan tenaga.

5. Minimnya jaringan

Sumber gambar: Annalindh Foundation

Kekuatan bisnis terdapat pada jaringan, termasuk dalam rekomendasi usaha rumahan. Sebesar apapun usaha yang Anda punya, wajib hukumnya untuk terus menambah dan membina jaringan yang sudah ada. Jaringan bisa berupa pelanggan, teman, saudara, dan sebagainya. Cara membentuk dan membina jaringan adalah dengan banyak silaturahmi bisnis. Sering mendatangi acara atau pertemuan untuk menambah kenalan baru yang bisa jadi jaringan baru usaha anda.

Banyak pebisnis yang mungkin ragu, malu, atau malas untuk membuka jalur networking dengan alasan bahwa toh bisnisnya baru berkembang tanpa itu. Hal ini tentu saja keliru. Cepat atau lambat jika pemilik bisnis malas membangun jaringan, usahanya akan kalah bersaing dengan usaha lain. 

Lalu, apa saja rekomendasi usaha rumahan yang dapat Anda coba? Berikut daftarnya!

1. Dropship Modal Internet dan Bisa Dikerjakan di Rumah

Sumber gambar: Qazwa

Dropship merupakan salah satu rekomendasi usaha rumahan. Dropshipping merupakan proses pengiriman barang secara langsung ke pelanggan Anda dari pemasok yang merupakan pihak ketiga atau “vendor”. Proses ini dilakukan tanpa perantara lainnya semacam menyimpan barang terlebih dahulu di lokasi tertentu milik Anda.

Jika Anda menjadi seorang dropshipper, Anda tidak melakukan kegiatan menstok barang, dan Anda juga tidak juga ikut serta dalam proses pengiriman barangnya ke pemesanan. Anda hanya perlu meneruskan pesanan dari pihak pembeli ke pihak supplier-nya. Nantinya, pihak supplier yang akan mengirim barang tersebut ke pihak pembeli atas nama Anda tadi.

Anda tidak perlu memerlukan modal yang besar. Anda sebagai dropshipper hanya perlu modal kuota internet yang cukup, koneksi atau relasi dengan supplier-nya, dan tentunya Anda juga butuh media promosi barang jualannya di internet.

2. Membuka kedai kopi

Sumber gambar: Otten Coffee

Membuka kedai kopi dapat menjadi salah satu rekomendasi usaha rumahan. Coffee shop adalah sebuah lahan bisnis menjanjikan jika anda mengetahui bagaimana cara mengembangkannya. Pertumbuhan coffee shop di Indonesia sendiri sudah mengalahkan pertumbuhan jamur di musim hujan. Tak hanya di kota-kota besar seperti Jakarta, Medan, Bandung atau Surabaya, kota-kota kecil sekalipun sudah memiliki banyak sekali gerai kopi yang menjamur meski memiliki standar dan pasar yang berbeda-beda.

Ada saat ini kemunculan tren nongkrong di Coffee Shop (kedai kopi) sangat digemari baik wanita, laki-laki, tua atau pun muda. Adanya tren tersebut menjadikan suatu peluang bisnis tersendiri bagi para pengusaha kedai kopi dan calon pengusaha kedai kopi. Meskipun persaingan dalam bisnis kedai kopi cukup ketat, anda tidak usah khawatir dengan persaingan usaha kedai kopi anda, karena setiap usaha kedai kopi pasti memiliki pasar sendiri dan konsep yang berbeda. 

Ketika seseorang memutuskan untuk memulai usaha kedai kopi tentunya tidak akan main-main dalam menentukan lokasi. Apalagi ketika anda mampu memberikan suatu yang istimewa, unik, dan beda dari kedai kopi lainnya, maka peluang keuntungan dari usaha kedai kopi ini masih sangatlah besar. Banyak kesempatan untuk bisa mengeruk keuntungan dari bisnis ini.

Adapun kisaran modal usaha untuk bisnis ini adalah Rp2.000.000 – Rp10.000.000.

3. Jasa Laundry Kiloan

Sumber gambar: Google User Content

Sebagian masyarakat perkotaan — terutama mereka yang sibuk  — lebih memilih untuk memanfaatkan jasa laundry kiloan. Selain praktis, harga yang dibanderol murah per kilogramnya membuat masyarakat tergiur menggunakan jasa tersebut. Tak heran kini kita dengan mudah menemukan jasa laundry kiloan di pinggir jalan maupun di sudut-sudut jalan kecil.

Nah, jasa laundry kiloan dapat menjadi salah satu rekomendasi usaha rumahan. Anda juga bisa menghemat waktu untuk mencuci karena mesin cuci ini tersedia dalam ukuran tabung lebih besar hingga kapasitas 10 kilogram, mampu menampung cucian lebih banyak. Mesin cuci yang punya empat varian series ini  juga anti karat dan bergaransi tiga tahun.

Berapa modal yang diperlukan? Anda bisa memulai menjalankan bisnis ini cukup dengan modal Rp7,5 juta saja. Uang tersebut setengahnya untuk membeli sebuah mesin cuci satu tabung otomatis, dan sebuah mesin pengering. Setengahnya lagi untuk membeli perangkat pendukung, misalnya timbangan, plastik, dan setrika, serta gaji seorang pegawai.

Adapun kisaran modal usaha untuk bisnis ini adalah Rp2.000.000 – Rp6.000.0000.

4. Usaha mie ayam

Sumber gambar: Selerasa

Mie ayam dari dahulu hingga saat ini masih menjadi menu makanan yang populer dikalangan masyarakat. Melihat masyarakat yang semakin lama semakin banyak yang menyukai mie ayam maka peluang bisnis mie ayam bisa dikatakan memiliki potensi yang sangat menguntungkan jika dijalankan dalam sebuah rekomendasi usaha rumahan. Bisnis mie ayam memang sudah ada sejak zaman dahulu bahkan yang menjalankan bisnis ayam tidak sedikit. Meskipun banyak pembisnis mie ayam Anda jangan pernah takut untuk mencoba menjalankan bisnis mie ayam. 

Jika cita rasa mie ayam yang Anda sajikan sangat enak dan lebih unggul dibandingkan dengan kualitas mie ayam lainnya maka bisnis mie ayam yang Anda jalankan akan dapat berjalan dengan lancar seprti yang Anda inginkan. Untuk itu selalu jaga kualitas cita rasa mie ayam yang Anda sajikan supaya banyak masyarakat yang tertarik untuk menikmati mie ayam yang Anda buat. Apabila Anda belum memiliki usaha potensi bisnis mie ayam masih terbuka lebar bagi Anda.

Adapun kisaran modal usaha untuk bisnis ini adalah Rp450.000 – Rp3.000.000.

5. Usaha Katering Harian atau Katering Online

rekomendasi usaha rumahan
Sumber gambar: Tfamanasek

Katering menjadi salah satu bisnis kuliner yang menjanjikan sebagai rekomendasi usaha rumah. Di zaman serba sibuk seperti sekarang, tak sedikit orang yang ingin serba praktis. Salah satunya soal urusan makanan, alih-alih menghabiskan waktu untuk masak, belakangan banyak ibu bekerja yang memilih untuk berlangganan katering.

Siapapun yang ingin memulai usaha katering, tentunya harus memiliki pengalaman di bidang yang sama terlebih dahulu. Misalnnya Anda bekerja di tempat usaha katering yang sudah mapan karena mereka selalu mencari orang baik untuk mempersiapkan acara. Ini juga menjadi salah satu langkah terbaik untuk memutuskan apakah memulai bisnis katering adalah sesuatu yang benar-benar ingin Anda lakukan. 

Selain itu, pengalaman bekerja juga akan membuat Anda menyadari bahwa melakukan usaha katering termasuk pekerjaan disik karena kamu akan berdiri selama berjam-jam.

Adapun kisaran modal usaha untuk bisnis ini adalah Rp3.000.000 – Rp10.000.000.

6. Usaha Penjahit Pakaian atau Tukang Jahit

rekomendasi usaha rumahan
Sumber gambar: Klimg

Ya, menjadi seorang penjahit pakaian merupakan salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Peluang yang cocok untuk Anda yang hobi menjahit. Terlebih lagi, salah satu usaha yang tidak begitu mengalami pasang surut dalam dunia bisnis adalah tukang jahit.

Bahkan hampir setiap tahun, tukang jahit pakaian mendapatkan orderan untuk menjahit berbagai macam model pakaian maupun perbaikan pakaian mereka. Penjahit pakaian banyak dicari oleh beberapa orang untuk menciptakan sebuah kreasi baru yang di  inginkan. Terlebih dengan berkembangnya zaman, alat yang digunakan pun semakin beraneka ragam.

Ketika dahulu masih menggunakan mesin jahit tradisional, kalau dibandingkan dengan sekarang, teknologi yang diciptakan pun beragam. Mulai dari mesin jahit listrik, masin jahit yang mudah dibawa kemana-mana hingga mesin listrik yang menempel pada meja yang unik. Adapun menjadi tukang jahit juga dapat menjadi salah satu rekomendasi usaha rumahan.

Adapun kisaran modal usaha untuk bisnis ini adalah Rp2.000.000 – Rp6.000.000.

7. Bisnis tata rias kecantikan

rekomendasi usaha rumahan
Sumber gambar: Pinimg

Semakin banyaknya wanita yang mementingkan penampilannya membuka peluang bisnis rekomendasi usaha rumahan yang menuntungkan, salah satunya bisnis tata rias atau bisnis makeup artis. Bisnis ini digeluti oleh MUA atau yang disebut juga dengan Make-Up. MUA adalah profesi yang disematkan untuk seseorang yang bisa merias wajah seseorang menggunakan alat dan produk kosmetik.

Untuk merintis bisnis ini kita dituntut untuk memiliki kemampuan mempoles wajah dengan baik, karena bisnis ini hanya bisa berjalan jika kita memiliki skill yang tinggi. Jika Anda memiliki kemampuan dalam merias, Anda dapat mencoba untuk menggeluti bisnis tata rias kecantikan ini sebagai rekomendasi usaha rumahan yang dapat Anda coba.

Adapun kisaran modal usaha untuk bisnis ini adalah Rp2.000.000 – Rp10.000.000.

8. Bisnis Makanan Ringan (Snack)

rekomendasi usaha rumahan
Sumber gambar: Cloudfront

Bisnis makanan ringan saat ini menjadi sesuatu yang sedang hangat-hangatnya diperbincangkan baik di kalangan pengusaha maupun orang biasa. Tidak pernah sepi peminat dan modal yang tidak terlalu banyak membuat bisnis makanan ringan semakin menjamur di mana-mana, termasuk sebagai salah satu rekomendasi usaha rumahan.

Keuntungan yang diperoleh dari membuka bisnis makanan ringan pun tidak bisa diremehkan begitu saja, mengingat ada orang yang membuka bisnis makanan ringan dan menghasilkan keuntungan yang bombastis hingga puluhan juta.

Adapun kisaran modal usaha untuk bisnis ini adalah Rp1.000.000 – Rp4.000.000.

9. Membuka Bisnis Kursus Masakan

rekomendasi usaha rumahan
Sumber gambar: School of Artisan Food

Bisnis kursus memasak yang menguntungkan menjadi salah satu rekomendasi usaha rumahan yang sangat membantu apabila Anda mempunyai hobi memasak, dan bakat Anda ada pada memasak, maka lebih baik Anda menyalurkan hobi Anda itu untuk menambah penghasilan. Kursus memasak tidak akan pernah mati, pasti selalu ada peminatnya. 

Usaha kuliner pun dari tahun ke tahun semakin semarak, semakin banyak orang-orang yang menopang kehidupannya dari kuliner. Pengolahan makanan yang di sajikan memiliki cita rasa dan kekhasan masing-masing.

Bisnis kursus memasak yang menguntungkan di rumah juga akan sangat membantu jika Anda mempunyai keahlian dari memasak, maka lebih bagus Anda untuk mengajari orang-orang yang akan mendirikan usaha di bidang kuliner. 

Selain itu Anda pun bisa mengajari wanita-wanita karier yang sibuk bekerja, padahal wanita tersebut ingin memberikan hasil masakan yang lezat untuk keluarganya. Maka, selain peluangnya sangat bagus dan  bisa meraup keuntungan, Anda pun bisa menyalurkan hobi sebagai guru masak dan ahli juru masak.

Adapun kisaran modal usaha untuk bisnis ini adalah Rp2.000.000 – Rp9.000.000.

10. Usaha jus buah

Sumber gambar: Tstatic

Siapa yang tidak suka jus? Memulai usaha jus buah dapat menjadi salah satu pilihan Anda sebagai rekomendasi usaha rumahan yang dapat Anda coba. Anda sudah dapat menjalankan bisnis rumahan yang untungnya tidak bisa diremehkan, lho! Untuk memulai bisnis ini, Anda dapat memanfaatkan halaman rumah sebagai tempat usaha. Terlebih jika lokasi rumah Anda dekat dengan kampus, sekolah, perkantoran, alun-alun, dan lain-lain. Bahkan, Anda tak membutuhkan ruang yang luas. Cukup dengan lokasi yang berukuran 2×2 meter, Anda sudah bisa menggunakan lokasi ini sebagai tempat usaha jus buah.

Adapun kisaran modal usaha untuk bisnis ini adalah Rp500.000 – Rp4.000.000.

11. Bisnis Cuci Motor

rekomendasi usaha rumahan
Sumber gambar: Denpasar Kota

Peluang usaha cuci motor bisa menjadi salah satu rekomendasi usaha rumahan yang dapat dikembangkan dalam usaha karena perolehan keuntungan dari usaha cuci motor juga sangat menjanjikan. 

Jika Anda tinggal di daerah yang padat penduduk tentunya potensi menjalankan usaha cuci motor sangat menguntungkan sekali. Apalagi jika didalam lingkungan tersebut banyak warnga yang sibuk dan tidak sempat mencuci motor di rumah. 

Bagi seorang masyarakat yang tidak mempunyai waktu mencuci motor di rumah mereka lebih memilih untuk mencucikan motornya di tempat pencucian. Biaya pencucian motor pada saat ini juga sangat terjankau sehingga biaya yang dikelaurkan untuk mencucikan motor tidak terlalu besar. Jika Anda ingin menjalankan usaha cuci motor tentunya juga diperlukan beberapa strategi untuk mendukung kelancaran usaha yang dijalankan.

Bagi pemula, sebaiknya dimulai dengan usaha cuci motor dulu saja. Kebutuhan peralatan yang harus dimiliki juga cukup sederhana. Anda hanya perlu menyediakan pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor, dan peralatan semir ban motor.

Adapun kisaran modal usaha untuk bisnis ini adalah Rp1.000.000 – Rp7.000.000.

12. Bisnis Affiliate Marketing

Sumber gambar: Arwing

Dari sekian banyaknya model bisnis Internet marketing, yang paling populer adalah affiliate marketing sebagai rekomendasi usaha rumahan. Pada prinsip kerja affiliate ini adalah penjualan berbasis komisi, contoh sederhananya adalah ketika Anda berhasil menjual produk atau barang atau jasa, maka otomatis Anda mendapatkan uang atau komisi dari penjualan produk tersebut.

Affiliate marketing adalah sistem bisnis dengan membayar jasa seseorang ketika orang tersebut berhasil menjual produk atau jasa seorang merchant atau perusahaan yang mempunyai produk atau jasa yang dipasarkan melalui Internet dan membutuhkan orang lain untuk menjual produk/jasanya. 

Posisi Anda di sini adalah sebagai orang yang tidak memiliki produk maupun jasa untuk dijual, maka Anda dapat membantu seorang merchant tersebut dalam memasarkan produk/jasanya, dan tentunya kita akan mendapat komisi atas penjualan yang kita lakukan.

Adapun kisaran modal usaha untuk bisnis ini adalah Rp100.000 – Rp5.000.000.

13. Usaha Play Station

rekomendasi usaha rumahan
Sumber gambar: Matcha-Jp

PlayStation adalah rekomendasi usaha rumahan yang menjanjikan, jika Anda buka di daerah yang dipenuhi oleh anak-anak. Terlebih pada zaman sekarang, permainan tradisional mulai ditinggalkan dan anak-anak berganti permainan yang berbau teknologi. 

Ada beberapa hal yang mungkin bisa kamu ikuti ketika memulai usaha ini, yaitu sebagai berikut.

  • Survei tempat yang ramai oleh anak-anak muda yang menyenangi PlayStation.
  • Menyiapkan alat-alat (TV, PS, DVD game, dan lain-lain).
  • Mempelajari keterampilan yang dibutuhkan (Cara mengoperasikan PlayStation, cari tahu game yang sedang tren, sumber untuk mengakses game, dan sebagainya).
  • Pahami kerusakan-kerusakan ringan yang sering terjadi dengan PlayStation dan cari tahu bagaimana mengatasinya.

Adapun kisaran modal usaha untuk bisnis ini adalah Rp5.000.000 – Rp15.000.000.

14. Rental Band

rekomendasi usaha rumahan
Sumber gambar: Blogspot

Banyak anak muda yang hobi bermain band/musik, mulai dari yang sekadar hobi, iseng, bahkan ada yang serius berkarier dalam bidang ini. Mereka tentulah membutuhkan sebuah studio musik untuk melakukan rekaman atas karya-karya mereka.

Peluang ini dapat membawa angin segar bagi rekomendasi usaha rumahan rental studio musik sebagai tempat rekaman maupun latihan sebelum manggung di hadapan penonton. Bisnis ini juga dapat menjadi sebuah pemasukan yang cukup besar dengan adanya anak-anak yang membutuhkan penyewaan studio musik. Pangsa pasamya cukup luas.

Adapun kisaran modal usaha untuk bisnis ini adalah Rp5.000.000 – Rp20.000.000

15. Budidaya Ikan Hias

Sumber gambar: Suka Ikan

Peluang bisnis budidaya ikan hias ternyata menyimpan potensi sangat menjanjikan. Selain pasarnya yang sangat luas, usaha ikan hias membutuhkan keahlian khusus yang tak setiap orang mampu.

Ikan hias termasuk salah satu ikan yang mudah ditemui dan juga memiliki banyak jenis. Habitat dari ikan hias adalah air tawar dan juga air laut. Namun yang lebih mudah dibudidayakan adalah yang ikan hias air tawar.

Budidaya ikan hias bisa menjadi salah satu rekomendasi usaha rumahan yang menjanjikan serta mudah dijalankan. Selain tidak membutuhkan lahan yang luas, Anda juga tidak harus memulainya dengan modal besar.

Adapun kisaran modal usaha untuk bisnis ini adalah Rp400.000 – Rp2.000.000.

16. Usaha Desain Grafis Rumahan

Sumber gambar: Fast Work

Sebagai salah satu rekomendasi usaha rumahan, peluang usaha desain grafis yang dijalani dan menguntungkan harus diketahui seorang desainer grafis. Keahlian seseorang yang dipelajarinya bisa berawal dari hobi namun tidak sedikit pula berakhir menjadi profesi. 

Desain grafis mempunyai peranan yang cukup besar dalam kehidupan sehingga mendatangkan peluang yang tidak sedikit. Modal dan kemampuan memang menjadi pertimbangan ketika ingin memulai usaha di bidang desain grafis.

Tidak semua usaha yang bermodalkan besar menjanjikan keuntungan yang besar pula. Memulai usaha dari bawah atau modal sedikit juga bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan jika ditekuni dengan serius. Dengan skill yang ada dan sedikit modal seorang harus pintar-pintar memilih usaha yang tepat jika ingin mendapatkan keuntungan.

Adapun kisaran modal usaha untuk bisnis ini adalah Rp1.000.000 – Rp4.000.000.

17. Konter Pulsa dan Paket Internet

Sumber gambar: ID Web Pulsa

Usaha konter di zaman serba digital ini menjadi pilihan yang paling tepat, karena membangun usaha berjualan pulsa menjadi peluang usaha yang paling menjanjikan. Hal ini dikarenakan banyaknya para masyarakat yang sudah menggunakan smartphone, sehingga kebutuhan akan pulsa maupun paket internet menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi dengan sebaik mungkin.

Semakin banyaknya peluang yang ada di pasaran untuk mengembangkan usaha konter hp dan pulsa, hal ini pun juga mampu menimbulkan persaingan yang lebih ketat, karena banyak juga para masyarakat yang tertarik untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis yang satu ini.

Bagi pemula memang belum tahu bagaimana tata cara dalam menjalankan bisnis usaha pulsa seperti konter. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Melalui rekomendasi usaha rumahan konter pulsa dani internet ini, bisa membantu supaya bisa mendatangkan banyak keuntungan dengan mudah meskipun memiliki modal yang kecil.

Adapun kisaran modal usaha untuk bisnis ini adalah Rp1.000.000 – Rp5.000.000.

18. Menjadi Freelancer Penulis Online

Sumber gambar: Amazonaws

Internet merupakan sumber informasi dan hiburan. Meskipun banyak konten yang ditawarkan secara visual, seperti melalui video atau gambar, kata-kata yang tertulis masih menjadi metode yang dominan untuk menyampaikan konten online. Akibatnya, ada permintaan dan peluang yang besar untuk para penulis freelance (Freelance Writer).

Menulis adalah salah satu profesi yang sangat cocok untuk orang yang ingin fleksibilitas dalam bekerja, seperti dimana, bagaimana, dan kapan mereka bekerja. Karena menjadi seorang penulis hanya membutuhkan komputer, koneksi Internet, dan perangkat lunak pengolah kata. Hal ini yang membuat freelancer penulis online menjadi salah satu rekomendasi usaha rumahan.

Ada banyak jenis tulisan yang diminati. Anda bisa fokus pada satu jenis penulisan, seperti konten web, atau menulis beberapa jenis sekaligus. Adapun kisaran modal usaha untuk bisnis ini adalah Rp250.000 – Rp3.000.000.

19. Menjadi Youtuber

Sumber gambar: Tstatic

Youtube merupakan platform sosial media yang berbasis video dalam durasi yang bervariasi. Sekarang ini, fungsi Youtube bahkan tidak hanya sebagai sosial media, tetapi juga menjadi alat untuk menghasilkan banyak uang dari internet.

Istilah Youtuber pun muncul sebagai sebutan bagi para pebisnis Youtube yang pekerjaannya hanya mem-posting konten video dan menjadikannya ladang untuk meraup hingga puluhan juta rupiah dengan memasang iklan. Sebagai rekomendasi usaha rumahan, Anda pun dapat melakukannya dimana pun Anda berada selama Anda memiliki gadget yang mumpuni dan kuota internet yang tersedia.

Agar Youtube milik Anda dapat menghasilkan uang, maka perlu melakukan monetisasi dulu, dengan memilih menu account information di sebelah kanan atas, lalu klik creator studio. Kemudian pilih menu channel, lalu klik status and features, lalu pilih “Enable Monetisation” dan pilih setuju. Setelah itu, sambungkan juga akun Youtube Anda ke adsense, untuk mentrack berapa penghasilan yang Anda dapatkan.

Adapun kisaran modal usaha untuk bisnis ini adalah Rp2.000.000 – Rp6.000.000.

20. Jasa Service Elektronik

Sumber gambar: Blogspot

Prospek rekomendasi usaha rumahan jasa servis reparasi barang elektronik masih menguntungkan. Peluang usaha jasa servis elektronik di Indonesia pun masih prospektif. Apa alasannya? Hal tersebut karena hampir semua orang memiliki HP serta barang elektronik untuk berbagai keperluan, baik itu berupa alat rumah tangga maupun peralatan kantor.

Ada banyak macam jenis usaha di bidang jasa reparasi barang elektronik sebagai pilihan. Biasanya, tukang servis multi-skill, mampu memperbaiki kerusakan berbagai macam produk elektronik karena pada dasarnya sistem operasi semua barang elektronik tidak jauh berbeda.

Adapun kisaran modal usaha untuk bisnis ini adalah Rp1.000.000 – Rp2.000.000.

21. Usaha Jasa Penerjemah

Sumber gambar: Lexika-Translations

Anda menguasai suatu bahasa asing? Manfaatkan keahlian tersebut dengan menawarkan jasa penerjemahan. Bisnis ini memberikan hasil yang cukup berarti. Modalnya juga relatif mudah dan murah, antara lain adalah laptop dan koneksi internet. 

Jika hasil fisik memang dibutuhkan, maka mesin cetak atau printer termasuk ke dalam modal yang diperlukan. Internet adalah modal pokok yang perlu ada dan bisa digunakan untuk melakukan riset yang diperlukan dalam proses penerjemahan, seperti mencari definisi suatu kata dan lain sebagainya. Lokasi kerjanya pun fleksibel dan bisnis ini termasuk dalam rekomendasi usaha rumahan. Tak hanya di rumah, usaha ini juga bisa dikerjakan di kantor, di kafe, atau di manapun. Marketplace yang banyak digunakan untuk menjual jasa ini adalah freelancer.co.id dan sribulancer.

Adapun kisaran modal usaha untuk bisnis ini adalah Rp100.000 – Rp2.000.000.

22. Menjadi Guru Privat

Sumber gambar: Gannett-CDN

Membuka bisnis bimbingan belajar atau usaha les privat adalah salah satu dari sekian banyak rekomendasi usaha rumahan dengan modal kecil yang cukup banyak dilakoni masyarakat Indonesia. Banyak siswa yang butuh bimbingan belajar tambahan karena belajar di sekolah tidak cukup. Dengan les privat akan membuat proses belajar lebih efektif dan tepat sasaran.

Selain itu, murid bisa mempelajari hal yang tidak dipelajari di sekolah. Tak hanya itu saja bisa fokus di satu pelajaran. Misalnya di sekolah lemah pelajaran matematika maka bisa mengambil les privat matematika. Ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan buat Anda. Jika Anda lulusan pendidikan, bisa membuka usaha les privat.

Adapun kisaran modal usaha untuk bisnis ini adalah Rp1.000.000 – Rp3.000.000.

23. Usaha Air Minum Isi Ulang

Sumber gambar: Sehatq

Bisnis air isi ulang kini kian menjamur sebagai rekomendasi usaha rumahan. Bisnis yang dulu dipandang sebelah mata ini ternyata bisa memberi penghasilan lumayan. Mulai dari jutaan rupiah hinga puluhan juta per bulan.

Secara umum, bisnis ini dibagi menjadi tiga kelompok:

  • Bisnis air isi ulang biasa. Air minum yang dijual biasanya tanpa merk atau merk sendiri namun belum terkenal (skalanya masih kabupaten atau kota). Harga jual air ini berkisar Rp4.000 s.d. Rp6.000.
  • Bisnis Air RO (reverse osmosis). Untuk membaca analisa lengkap Usaha jenis ini, silahkan klik di sini
  • Bisnis air mineral bermerk. Misalnya Aqua, Vit, dan Cleo. Semua pengisian air dan perawatan galon dilakukan oleh pabrik yang bersangkutan. Air minum jenis ini dijual mulai Rp 12.000 s.d. Rp 18.000. Tergantung merk dan lokasi penjualan.

Adapun kisaran modal usaha untuk bisnis ini adalah Rp2.000.000 – Rp7.000.000.

24. Jasa Pengetikan

Sumber gambar: Google Apis

Bisnis dapat menjadi suatu rekomendasi usaha rumahan dan pada umumnya, paling laku di daerah sekitar kampus. Banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa pengetikan untuk penulisan tugas kuliah atau juga skripsi. Ide ini cocok dijadikan usaha sampingan karena cukup dengan mengetik, Anda bisa mendatangkan uang.

Tarif yang biasanya digunakan untuk jasa ini biasanya berdasarkan per halaman atau per kata. Dan yang pasti, usaha ini tidak memakan biaya yang besar sebagai modal dasar. Anda hanya butuh beberapa perangkat yang harus disiapkan yakni komputer atau laptop, printer, kertas HVS, scanner, dan lain sebagainya.

Adapun kisaran modal usaha untuk bisnis ini adalah Rp2.000.000 – Rp7.000.000.

25. Usaha Agen PPOB

Sumber gambar: Jadi Tau

Bisnis PPOB atau Payment Point Online Banking online merupakan salah satu rekomendasi usaha rumahan yang sedang populer ditengah masyarakat sekarang ini. Pelanggan yang akan melakukan pembayaran akan sangat dimudahkan dengan adanya bisnis ini, tetapi tidak hanya itu saja karena bisnis ini memiliki multiflier effect yang akan sangat berpengaruh bagi para pelanggan. 

Orang yang telah mengetahui bisnis ini tidak hanya pelanggan saja karena masyarakat luas juga banyak yang sudah mengetahuinya. Dengan adanya pengetahuan yang cepat tentang bisnis ini ditengah masyarakat maka bagi masyarakat akan menjadi peluang usaha yang baru. Peluang usaha yang baru ini merupakan sebuah upaya didalam mengurangi jumlah pengangguran.

Adapun kisaran modal usaha untuk bisnis ini adalah Rp1.000.000 – Rp5.000.000.

26. Jasa Potong Rambut atau Barbershop

Sumber gambar: Naik Motor

Usaha barbershop (pangkas rambut) sedang menjamur dan perkembangannya cukup pesat sebagai rekomendasi usaha rumahan, karena Anda akan menemukannya hampir di setiap sudut jalan. Fenomena ini dilatarbelakangi oleh tren dan kebutuhan pria untuk tampil rapi, terutama mengenai gaya rambut.

Belakangan ini usaha barbershop memang tengah digandrungi oleh para usahawan karena dianggap menawarkan keuntungan yang cukup besar. Tentunya, terdapat modal yang harus Anda siapkan dengan biaya sekitar Rp5.000.000 – Rp10.000.000 :

  • Menentukan Lokasi Barbershop
  • Membeli Peralatan Pangkas Rambut
  • Membeli Perabotan Toko
  • Mempersiapkan Modal Operasional
  • Biaya Promosi/Marketing
  • Analisa Keuntungan Usaha Barbershop

27. Usaha Jasa Pembuatan Website

Sumber gambar: Wow Slider

Jasa pembuatan website terbaik saat ini banyak dicari khususnya bagi para pebisnis yang hendak membuat website sebagai media dan sarana promosi produknya. Semakin hari permintaan akan pembuatan website semakin banyak. 

Hal ini tentu membuat bisnis penyediaan jasa pembuatan website masuk dalam kategori rekomendasi usaha rumahan yang diperhitungkan. Terlebih website yang memanfaatkan teknologi internet saat telah menjadi media yang sangat popular. Website membuat bisnis menjadi semakin berkembang dan maju.

Adapun kisaran modal usaha untuk bisnis ini adalah Rp3.000.000 – Rp8.000.000.

28. Agen Asuransi

Sumber gambar: Lifepal

Agen asuransi umumnya memang sering dijadikan profesi sampingan dan rekomendasi usaha rumahan. Hal tersebut dikarenakan bisnis ini tidak mengikat, tidak butuh modal, namun memberikan pendapatan secara berkelanjutan selama nasabah terdaftar dalam suatu program asuransi. Tentu ini sangat menarik, ditambah lagi penghasilan yang sangat proporsional. Artinya, jika Anda ingin punya penghasilan yang tinggi, Anda juga harus kerja keras dan sanggup menjual produk asuransi dalam jumlah besar juga.

Bagi yang ingin berkarier di sini, ada tahapan pengembangan diri lebih lanjut. Tak jarang sebuah usaha sampingan yang sukses bisa berlanjut ke karier yang lebih baik, agen asuransi juga termasuk yang seperti itu. Agen asuransi yang berprestasi biasanya mendapatkan kesempatan berkembang dengan diberikan berbagai macam training maupun kesempatan studi banding ke berbagai tempat di seluruh dunia.

Adapun kisaran modal usaha untuk bisnis ini adalah Rp4.000.000 – Rp5.000.000.

29. Ternak Kroto

Sumber gambar: Faktual News

Para penggemar burung berkicau atau yang sering memelihara ikan tentu sudah mengenal apa yang namanya kroto. Ternak kroto bisa menjadi sebuah rekomendasi usaha rumahan yang sangat menarik untuk dijalankan. Pasalnya pangsa pasar kroto sendiri sangat menjanjikan dan banyak para penggemar burung berkicau yang membutuhkan kroto sebagai pakan burung.

Ternak kroto bisa dijalankan dengan berbagai media. Dalam hal ini, para pebisnis harus sebisa mungkin tidak takut dengan namanya semut rangrang. Saat ini harga kroto bisa mencapai ratusan ribu rupiah untuk satu kilonya sehingga usaha ini cukup menguntungkan.

Adapun kisaran modal usaha untuk bisnis ini adalah Rp1.000.000 – Rp3.000.000

30. Service Handphone

Sumber gambar: Blogspot

Seperti halnya dengan usaha reparasi komputer, orang yang menggunakan handphone berjumlah belasan hingga puluhan juta. Peluang rekomendasi usaha rumahan yang satu ini merupakan celah yang bagus dari fakta bahwa sebagian besar bahkan hampir semua pemakai tidak mengerti tentang reparasi handphone. Hal ini bisa menjadi salah satu tambahan penghasilan anda karena membutuhkan modal yang tidak terlalu besar tetapi segmen pasarnya masih sangat besar.

Bisnis ini akan lebih baik jika menggunakan pegawai terkhusus bagi anda yang masih memiliki pekerjaan tetap, agar tidak terganggu.

Adapun kisaran modal usaha untuk bisnis ini adalah Rp3.000.000 – Rp8.000.000

31. Usaha Game Online

Sumber gambar: Totabuan

Bisnis gaming center kini mulai banyak dijumpai di kota-kota besar sebagai rekomendasi usaha rumahan. Game online memang memiliki banyak peminat, terutama pelajar SMA dan mahasiswa. Jasa game online biasanya menerapkan tarif Rp. 2500 – Rp. 3000 per jamnya, namun mereka biasanya bermain selama berjam-jam. Sistem bukanya yang memang 24 jam tentu akan mendapatkan hasil yang lumayan jika dikelola dengan baik. Apabila anda ingin membuka game center pastikan untuk membuat suasana ruangan senyaman mungkin agar pengunjung betah berlama-lama di tempat itu dan yang terpenting adalah memiliki komputer dengan konektivitas internet yang cepat. Bisnis gaming center kini mulai banyak dijumpai di kota-kota besar.

Adapun kisaran modal awal untuk membuka bisnis ini adalah Rp29.000.000 dengan rincian sebagai berikut:

  • Komputer (second, tetap berkualitas): 10 unit x Rp2 juta
  • Meja + kursi warnet (terjual paketan):± Rp7 juta
  • Meja operator: Rp300 ribu
  • Paket pemasangan internet: ±Rp800 ribu (tergantung IPS)
  • Biaya penerangan dan kabel: Rp300 ribu

32. Agen Pemasaran Umroh dan Haji

Sumber gambar: Daily Social

Anda bisa turut serta mengambil peluang untuk menjalankan rekomendasi usaha rumahan agen pemasaran umroh ini. Selain dapat pahala, Anda juga mendapat manfaat berupa komisi dari pemilik biro umroh. Tidak butuh modal dalam menjalankan bisnis sebagai agen pemasaran umroh dan haji ini. Anda hanya perlu dilakukan adalah rajin menawarkan paket umroh dari biro rekanan, baik melalui kelompok pengajian, arisan, atau door to door.

Pemasaran umroh dan haji relatif mudah, serta minim risiko dengan keuntungan yang lumayan. Bandingkan dengan membuka biro sendiri yang butuh dana ratusan juta dan penuh dengan risiko. Apabila salah mengelola, risikonya bisa saja bangkrut dan meninggalkan banyak masalah dengan jamaah. Untuk setiap jamaah yang mendaftar ke biro umroh atas referensi Anda, maka komisi atas usaha tersebut bisa Anda dapatkan berkisar antara Rp500 ribu hingga 1 juta.

Adapun kisaran modal awal untuk membuka bisnis ini adalah Rp3.500.000.

33. Menjadi Reseller

Sumber gambar: Akamaized

Reseller adalah orang menjual kembali produk dari pihak supplier kepada konsumen.

Reseller ini bukanlah bagian dari supplier. Untuk menjadi seorang reseller, Anda harus mengeluarkan modal sendiri, dan membeli produk langsung kepada supplier. Anda, sebagai reseller, harus menyetok barang terlebih dahulu. Sebagai rekomendasi usaha rumahan, Anda dapat memperoleh keuntungan bahkan hanya dengan berada di rumah.

Kelebihan menjadi reseller adalah kita bisa menyetok barang terlebih dahulu. Sebagai reseller, kita juga bisa mengetahui kualitas dari produk yang kita jual secara langsung. Selain itu, keuntungan yang didapat juga bisa maksimal, dan bisa ditentukan sendiri oleh si reseller. Pihak supplier biasanya memberi diskon untuk reseller menjual kembali produknya.

Adapun kisaran modal awal untuk membuka bisnis reseller bergantung pada jenis dan harga produk yang hendak Anda jual kembali.

34. Jasa Titip Beli

Sumber gambar: Cermati

Bisnis rekomendasi usaha rumahan jasa titip beli sedang naik daun belakang ini mengiringi kemajuan teknologi yang pesat. Hal ini karena usaha tersebut berbasis online. Secara garis besar, Anda hanya perlu membelikan barang-barang pesanan pelanggan yang kemudian akan dikirimkan lagi ke mereka dengan tambahan ongkos kirim. Modal yang dibutuhkan pun relatif kecil dengan omzet besar hingga jutaan rupiah.

Adapun kisaran modal awal untuk membuka bisnis jasa titip beli bergantung pada jenis dan harga produk yang Anda terima untuk digunakan jasa titip beli.

35. Membuka Pertamini di Depan Rumah

Sumber gambar: Harapan Rakyat

Penjual bensin eceran sejak dahulu memang sudah banyak ditemui. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, penjual bensin eceran kini tampil berbeda dengan sebuah pom bensin mini yang disebut Pertamini. Sebenarnya, Pertamini hanyalah istilah yang diciptakan oleh masyarakat sendiri untuk menunjukkan media penyimpanan bensin yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga mirip pom bensi dalam ukuran mini.

Dengan adanya pom bensin mini sebagai rekomendasi usaha rumahan, masyarakat disuguhkan pilihan membeli bensin di tempat yang terkesan “lebih profesional” daripada penjual bensin eceran sebelumnya. Potensi bisnis dari Pertamini ini pun cukup besar, ditambah dengan pengelolaan yang mudah.

Adapun kisaran modal awal untuk membuka bisnis pertamini adalah Rp11.000.000.

36. Jualan Es Krim

Sumber gambar: WP

Siapa yang tidak suka dengan es krim? Kuliner manis dengan berbagai rasa ini begitu disukai oleh seluruh kalangan dari berbagai usia sebagai rekomendasi usaha rumahan. Kelezatan es krim sudah tersohor ke seluruh dunia sehingga kuliner ini seringkali ada pada acara santap bersama.

Pasalnya, makanan beku yang biasanya dibuat dari produk susu ini memang banyak dinikmati oleh berbagai kalangan. Dan, terdapat banyak sekali hal yang dapat anda manfaatkan untuk makanan selezat es krim. Apalagi kalau bukan peluang usaha baru dengan berbagai macam cara serta ruang dalam memulai usaha nikmat yang satu ini.

Adapun kisaran modal awal untuk bisnis ini tergantung pada jenis es krim yang Anda jual, apakah Anda ingin memproduksi es krim sendiri atau menerima kiriman es krim dari supplier yang dititipkan di tempat tinggal Anda untuk dijual.

37. Jualan Roti Bakar

Sumber gambar: Tokopedia

Bisnis roti bakar dengan aroma makanan memang telah diakui dari waktu ke waktu mulai menjamur di tengah masyarakar. Ya, sebagai salah satu rekomendasi usaha rumahan yang banyak dijumpai di masyarakat mulai dari pedagang kaki lima hingga kedai penjual makanan yang banyak diminati masyarakat. Salah satunya yakni roti bakar yang memiliki cita rasa khas yang enak dan juga lezat.

Roti bakar merupakan varian roti modern yang kini mudah membaur dengan semua kalangan yang ditawarkan dalam harga terjangkau, mulai dari Rp7.000 hingga Rp40.000. Varian roti bakar memiliki rasa yang gurih dan asin serta dikombinasikan dalam berbagai jenis rasa yang ditawarkan. Jenis rasa untuk roti bakar ini sangat banyak, seperti rasa keju, coklat, kacang, vanilla, stroberi, blueberry, dan lain-lain.

Adapun kisaran modal awal untuk membuka bisnis roti bakar adalah Rp7.250.000 dengan rincian sebagai berikut:

  • Meja dan kursi Rp 500.000
  • Kompor gas Rp 250.000
  • Peralatan makan Rp 200.000
  • Peralatan minum Rp 150.000
  • Peralatan masak Rp 800.000
  • Tenda Rp2.000.000
  • Alat pembakaran dari bahan alumunium Rp 700.000
  • Etalase berukuran sedang Rp2.500.000
  • Tabung gas 3 kg dan isinya Rp 150.000

38. Menjual Foto di Internet

Sumber gambar: Akamaized

Teknologi digital yang ada jaman sekarang ini sangat mendukung seseorang yang ingin membuka usaha sampingan. Apabila memiliki hobi fotografi, maka Anda bisa menghasilkan uang dari jepretan foto-foto yang diambil sendiri. Caranya adalah dengan menjual foto tersebut secara online. Pasti akan ada orang yang bersedia membayar foto yang Anda hasilkan jika memang fotonya bagus dan berkarakter. Tak hanya itu, sebagai usaha yang dapat dikerjakan dari rumah, bisnis ini menjadi salah satu rekomendasi usaha rumahan. 

Beberapa situs jual beli foto digital yang melayani transaksi ini adalah istockphoto.com (komisi 15% per foto) dan shutterstock.com (komisi 20-30% per foto). Selain itu, situs fotolia.com dan stockfresh.com juga bisa digunakan untuk menjajakan foto-foto Anda. Untuk transaksi skala global biasanya menggunakan PayPal sebagai mode transaksi. Jadi jangan lupa untuk memiliki kartu kredit terlebih dahulu sebelum membuat akun ini.

Anda tak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk bisnis ini selain kamera. Kecuali jika Anda mengunjungi tempat-tempat tertentu yang memerlukan tiket masuk.

39. Jualan Bubur Ayam

Sumber gambar: Masak Apa Hari Ini

Bubur ayam merupakan salah satu olahan makanan yang pada umumnya dikonsumsi pada saat pagi hari untuk sarapan. Olahan makanan bubur ayam ini juga terkenal sebagai makanan yang memiliki harga yang sangat terjangkau, maka tidak heran para pedagang bubur ayam ini selalu ramai oleh pembeli. 

Olahan makanan bubur ayam yang sangat laris di pasaran ini tentunya telah memberikan kesempatan usaha yang sangat baik untuk dimanfaatkan. Peluang bisnis bubur ayam ini sebagai rekomendasi usaha rumahan masih sangat terbuka lebar jika Anda ingin terjun di dalamnya. Dengan menjalankan kegiatan usaha bubur ayam ini bisa mendatangkan keuntungan untuk Anda.

Adapun kisaran modal awal untuk membuka bisnis bubur ayam adalah Rp3.000.000 dengan rincian sebagai berikut:

  • Gerobak Rp2.000.000
  • Kompor dan tabung gas 3 kg Rp500.000
  • Perlengkapan memasak Rp300.000
  • Meja dan kursi Rp200.000

40. Toko Kelontong

Sumber gambar: Fast Pay

Menjadi seorang karyawan tidak selamanya terasa nyaman. Bagi seseorang yang memiliki jiwa wirausaha, membuka usaha sendiri tentu lebih menarik daripada hanya menjadi seorang karyawan. Nah, bagi Anda yang ingin memulai bisnis mandiri, membuka usaha toko kelontong menjadi salah satu jenis rekomendasi usaha rumahan yang sangat direkomendasikan.

Bisnis toko kelontong biasanya banyak menjadi pilihan para ibu rumah tangga yang ingin tetap menghasilkan uang tanpa meninggalkan tugas utamanya di rumah. Dengan memanfaatkan ruangan yang tidak terpakai di rumah untuk membuak bisnis toko kelontong, bisnis ini bisa sangat meguntungkan. Tak hanya laba yang menggiurkan, tetapi juga dapat dijadikan peluang oleh para ibu rumah tangga sebagai bisnis sampingan tanpa harus mengabaikan tugas utamanya.

Adapun kisaran modal awal untuk membuka bisnis toko kelontong adalah Rp8.500.000 dengan rincian sebagai berikut:

  • Rak, etalase, meja, kursi Rp1.500.000
  • Persediaan barnag dagangan Rp5.000.000
  • Belanja barang yang habis Rp1.500.000
  • Biaya listrik, air, dan lain-lain Rp500.000

41. Usaha Rumahan Nasi Uduk

Sumber gambar: CPCDN

Nasi uduk menjadi salah satu makanan yang komplit untuk lauk – pauk yang digunakan sehingga membuat banyak kalangan memilih menu nasi uduk sebagai sarapan yang special. Sudah banyak pengusaha nasi uduk yang menjalankan usaha ini dan mereka mampu menyediakan nasi uduk berkualitas sehingga disukai masyarakat. 

Peluang rekomendasi usaha rumahan nasi uduk ini menguntungkan untuk dikerjakan apalagi harga nasi uduk di pasaran cukup terjangkau sesuai untuk aneka jenis kalangan yang ada. Menjalankan bisnis nasi uduk ini sangat mudah siapa pun bisa menggeluti bisnis makanan ini.

Adapun kisaran modal awal untuk membuka bisnis nasi uduk adalah Rp3.600.000 dengan rincian sebagai berikut:

  • Gerobak Rp1.250.000
  • Kompor gas Rp500.000
  • Meja kursi Rp500.000
  • Gerabah Rp300.000
  • Rice cooker Rp500.000
  • Peralatan lain-lain Rp550.000

42. Membuka Toko Online

Sumber gambar: CPSSOFT

Di era internet sekarang ini, masyarakat sudah mulai lumrah dengan transaksi online. Peluang membuka toko online sebagai rekomendasi usaha rumahan pun semakin menarik untuk dicoba. 

Beberapa produk yang paling banyak dijualbelikan di toko online adalah pakaian, obat herbal, kerajinan khas daerah, tas, kaos, atau produk barang digital lainnya, seperti ebook, perangkat lunak, musik, dan lain sebagainya. Ditambah lagi, bisnis toko online ini bisa dilakukan dengan menjual barang sendiri atau orang lain yang ingin menitip jual pada kita.

Adapun kisaran modal awal untuk membuka bisnis toko online tergantung pada produk yang Anda jual.

43. Usaha Warung Angkringan

Sumber gambar: PegiPegi

Angkringan adalah warung kecil yang didirikan dari gerobak dan terpal sebagai atapnya, yang bisanya didirikan di pinggir-pinggir jalan atau di tempat-tempat dekat pemukiman.

Saat ini, warung dengan tema angkringan tengah diminati oleh masyarakat. Bisnis angkringan sebagai rekomendasi usaha rumahan pun menjamur, mulai di perkampungan, kompleks perumahan, perkantoran, pelajar, dan perkotaan. Dengan ramainya penggiat bisnis angkringan ini, bisa dibilang peminat angkringan pun besar.

Adapun kisaran modal awal untuk membuka bisnis angkringan adalah Rp1.618.000 dengan rincian sebagai berikut:

  • Gerobak angkringan + Tikar + Kursi + Meja + Terpal Rp 1.400.000
  • Gelas biasa 2 lusin Rp40.000
  • Teko plastik ukuran besar 2 pcs Rp 20.000
  • Termos Es Rp40.000
  • Sendok 2 lusin Rp30.000                      
  • Garpu 6 pcs Rp10.000
  • Tempat sendok Rp5.000
  • Nampan 4 buah Rp18.000
  • Tempat nasi Rp20.000                                  
  • Ember ukuran sedang 2 buah Rp20.000
  • Tempat sampah bahan plastik 3 buah Rp15.000
  • Total biaya investasi usaha Rp 1.618.000

44. Jualan Bakso

Sumber gambar: Indozone

Bakso merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi bagi semua orang. Bakso digemari siapapun baik orang kaya ataupun masyarakat biasa. Bakso dapat dijumpai dari abang-abang pedagang dipinggir jalan hingga ke supermall. Bakso digemari dari anak-anak hingga orang tua. Jadi tidak salah bakso adalah salah satu rekomendasi usaha rumahan dengan sejuta umat. Dengan jumlah penggemar yang sedemikian besar maka tidak salah kalau bakso menawarkan peluang usaha yang menggiurkan.

Adapun kisaran modal awal untuk membuka bisnis bakso adalah Rp7.600.000 dengan rincian sebagai berikut:

  • Gerobak Rp2.000.000
  • Peralatan dan perlengkapan Rp3.000.000
  • Bahan baku Rp2.000.000
  • Promosi Rp600.000

45. Jualan Produk Sistem Pre-order

Sumber gambar: WP

Pre-order atau yang biasa disingkat PO adalah sistem belanja dimana customer melakukan pemasanan dan pembayaran dahulu di awal, dengan masa tenggang waktu tunggu (estimasi/perkiraan) yang telah diinfokan dan disepakati.

Dengan kata lain PO adalah dimana kamu melakukan pembayaran untuk produk yang akan dibuat karena produk PO itu produk yang belum ready stock. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam PO sebagai rekomendasi usaha rumahan:

  • Waktu yang telah ditentukan adalah estimasi, yang berarti bahwa waktu tersebut hanya perkiraan, bisa lebih cepat atau bisa lebih lambat.
  • Prioritas pengiriman sesuai dengan tanggal Payment customer (bukan tanggal order)
  • Sistem ini adalah sistem Pre Order, maka bukan berarti begitu Anda transfer barang langsung dikirim, melainkan karena memerlukan waktu produksi, termasuk Quality Checking dan juga Shipping, maka proses ini perlu waktu.

Adapun kisaran modal awal untuk membuka bisnis PO bergantung pada produk yang hendak Anda jual.

46. Jualan Aneka Kue

Sumber gambar: Craft Log

Bagi Anda yang menyukai atau memiliki hobi memasak kue, maka ide berikut adalah ide rekomendasi usaha rumahan yang sempurna. Pasalnya, jika ini merupakan usaha sampingan Anda, Anda bisa menghasilkan uang dari kegiatan yang Anda gemari tersebut. Setelah seharian bekerja, kemudian sore harinya setelah pulang dari kantor, Anda bisa menyalurkan hobi membuat kue itu, yang mana bisa dijual pada keesokan harinya di kantor atau kepada tetangga sekitar tempat tinggal. Pastinya menyenangkan jika setiap sore bisa melakukan hobi serta mendapatkan penghasilan pula.

Adapun kisaran modal awal untuk membuka bisnis kue adalah Rp10.770.000 dengan rincian sebagai berikut:

  • Mixer roti Rp4.000.000
  • Kompor gas Rp400.000
  • Oven gas Rp5.000.000
  • Timbangan kue Rp100.000
  • Loyang persegi Rp100.000
  • Loyang persegi panjang Rp100.000
  • Loyang cetakan kecil Rp100.000
  • Ayakan Rp100.000
  • Whisk Rp70.000
  • Peralatan masak Rp500.000
  • Peralatan penunjang lainnya Rp300.000

47. Fashion Baju Second atau Preloved

Sumber gambar: CBC

Preloved adalah sebuah kosa kata berbahasa Inggris yang berarti barang yang sebelumnya pernah dimiliki dan akan berpindah tangan kepada orang lain. Ada beberapa penjelasan lain tentang barang preloved, yaitu barang yang Anda beli dan hanya dipakai beberapa kali saja, barang yang belum sempat dipakai dan barang pemberian orang yang belum sempat dipakai. 

Kebanyakan barang-barang bekas yang dijual adalah baju. Hal ini dikarenakan baju gampang sekali berubah modelnya, sudah tidak tren atau memang sudah tidak muat dipakai. Untuk kualitas baju preloved yang dijual, pasti syarat utamanya masih layak pakai, kondisi bagus dan bersih.

Rekomendasi usaha rumahan baju preloved ini dapat membuat Anda meraih kesuksesan karena sudah banyak bermunculan bisnis preloved secara online saat ini. Jangan lupa ketika bisnis preloved Anda sudah sukses, Anda perlu mengelola keuangan dengan baik.

Adapun kisaran modal awal untuk membuka bisnis baju second atau preloved ini bergantung darimana Anda mendapatkan bajunya. Jika Anda menjual barang-barang preloved Anda, maka Anda tak memerlukan modal sepeser pun. Namun, jika Anda memutuskan untuk membeli barang preloved dari tempat lain untuk dijual kembali, maka modal awalnya sebesar nominal harga baju tersebut. Anda juga dapat menambahkan biaya iklan ke dalam salah satu biaya operasional bisnis ini.

48. Kerajinan Tangan

Sumber gambar: IDNTimes

Usaha kerajinan tangan merupakan salah satu rekomendasi usaha rumahan yang bisa Anda jalankan tanpa mengeluarkan modal besar. Terlebih jika kegiatan membuat kerajinan tangan ini merupakan hobi yang Anda sukai, jelas mencari uang bukan sekadar Anda mengharapkan keuntungan, namun juga kepuasan.

Untuk bisnis skala kecil, Anda bisa menyelesaikan pengerjaan kerajinan tangan sendirian saja, namun berbeda jika skala bisnisnya sudah besar tentu membutuhkan tenaga bantuan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Adapun kisaran modal awal untuk membuka bisnis kerajinan tangan bervariasi, tergantung dari jenis bahan baku yang Anda gunakan, mulai dari Rp50.000 hingga Rp10.000.000.

49. Sate Taichan

Sumber gambar: Grid

Olahan sate saat ini dibuat dengan berbagai kreasi. Salah satu olahan sate yang sedang populer dikalangan masyarakat secara luas adalah olahan sate taichan. Sate taichan adalah olahan yang dibuat tanpa menggunakan bumbu kacang dan kecap. Sate taichan dibuat dengan tampilan pucat. Pada saat proses pemanggangan sesekali diolesi dengan minyak sayur supaya tampilan sate taichan semakin terlihat pucat mengkilap. Olahan sate taichan sangat cocok sekali bagi orang yang tidak suka dengan sate bumbu kacang dan kecap.

Belum banyak daerah yang menjalankan bisnis sate taichan. Bisnis sate taichan merupakan bisnis baru yang belum banyak diketahui oleh masyarakat secara luas. Apabila di daerah tempat tinggal Anda belum ada yang menjalankan bisnis sate taichan maka Anda dapat mengambil kesempatan rekomendasi usaha rumahan yang ada dengan mencoba menjalankan bisnis sate taichan. Bisnis sate taichan sangat mudah dijalankan dan bisa dijalankan oleh siapa yang ingin memulai bisnis sate taichan.

Adapun kisaran modal awal untuk membuka bisnis sate taichan adalah Rp3.650.000 dengan rincian sebagai berikut:

  • Panggangan arang besar 1 pcs Rp370.000
  • Kursi bakso 20 pcs Rp520.000
  • Meja lipat 5 pcs Rp1.000.000
  • Etalase Rp600.000
  • Piring melamin dan sendok garpu Rp510.000
  • Tenda terpal dan rangka Rp650.000

50. Thai Tea

Sumber gambar: Kompas

Popularitas bisnis thai tea tentu saja membuka peluang rekomendasi usaha rumahan bagi para pengusaha yang ingin memiliki bisnis kuliner. Anda bisa membeli franchise thai tea yang sudah terkenal dan menjalankannya sebagai bisnis. Modalnya bervariasi, tergantung pada jenis franchise yang Anda beli. Untuk keuntungannya sendiri, tentu sangat melimpah dan bisa dijadikan modal untuk membuka usaha selanjutnya.

Selain itu, untuk menjalankan bisnis kuliner seperti ini ada baiknya jika Anda juga memanfaatkan teknologi.

Adapun kisaran modal awal untuk membuka bisnis thai tea adalah Rp2.240.000 dengan rincian sebagai berikut:

  • Sendok peracik thai tea 2 pcs Rp10.000
  • Saringan 3 pcs Rp30.000
  • Wadah untuk meracik thai tea 6 pcs Rp150.000
  • Wadah besar untuk the 6 pcs Rp50.000
  • Blender 1 pcs Rp300.000
  • Kompor gas kecil 1 pcs Rp200.000
  • Booth thai tea 1 pcs Rp1.500.000

Nah, sudah tahu kan beberapa rekomendasi usaha rumahan yang menguntungkan dan pasti laris? 

Poin-poin yang telah disebutkan di atas hanyalah sebagian kecil dari ide rekomendasi usaha rumahan yang berkembang dan populer beberapa tahun belakangan ini. Bagaimanapun juga, masih ada ratusan bahkan ribuan ide rekomendasi usaha rumahan lain yang masih belum terungkap dan menunggu seseorang untuk segera menjalankannya. 

Selalu berpikir kreatif akan mengantarkan Anda pada sebuah ide yang belum pernah ada sebelumnya sehingga peluang sukses pun semakin besar.

Demikian artikel mengenai rekomendasi usaha rumahan yang menguntungkan dan pasti laris. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat berbisnis!

Related Posts

Serial Patehan – Jurus 6: Jaga Teras, Ruang Tunggu, dan Dapur

DARI REDAKSI Halo sobat Aksoro! Kali ini Aksoro kembali menyapa Anda lewat serial bonus eksklusif bagi pemilik buku “Kami Siap Tempur”. Ebook yang Anda baca merupakan lanjutan ebook series “24 Resep Bikin Hati Customer Lumer”. Kali ini, kami hadir dengan format...

5 Strategi Jitu Digital Marketing Indonesia

Digital marketing di Indonesia memiliki potensi yang sangat cerah. Hal ini seiring dengan terus tumbuhnya pengguna internet.  Per Januari 2020, populasi pengguna internet di Indonesia menurut We Are Social mencapai angka 175,4 juta orang. Angka ini meningkat 17%...

Menerapkan Content Marketing sebagai Digital Marketing Strategy

Sekarang ini, digital marketing sudah bukan lagi barang baru. Hampir semua brand dan perusahaan melakukannya. Oleh karena itu, penting untuk memiliki digital marketing strategy yang tepat untuk bisnis Anda.  Digital marketing adalah salah satu bagian dari...

General Info

Alamat

Jl. Pasir No.35, Patuk, Banyuraden, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55294

Whatsapp

+6285721004073

EMAIL

halo@aksoro.co.id

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *