Jangan Risau, Berikut 8 Alternatif Jajanan Murah Meriah Untuk Dijual

By

Kebanyakan masyarakat Indonesia menyukai jajanan murah meriah untuk dijual dan dikonsumsi.

Ada yang mengonsumsinya sendiri sebagai makanan ringan, namun juga tak sedikit orang yang memanfaatkan jajanan murah meriah untuk dijual.

Tertarik menjadi salah satu pedagang jajanan murah meriah? Berikut pilihan jajanan yang dapat Anda coba jual:

1. Makaroni telur (Maklor)

Jajanan Murah Meriah Untuk Dijual
Sumber gambar: YTimg

Salah satu jajanan murah meriah untuk dijual adalah makaroni telur (maklor).

Meskipun jarang diketahui oleh masyarakat banyak, rupanya peminat maklor juga tidak sedikt, lho! Cara pembuatannya yang mudah dengan bahan-bahan yang murah membuat maklor menjadi salah satu camilan yang diminati banyak orang.

Jika Anda ingin membuat maklor sebagai jajanan murah meriah untuk dijual, ikuti langkah-langkah berikut.

Bahan-bahan:

  • 50 gram makaroni
  • 1 butir telur
  • 1 sdm minyak sayur
  • 2 gelas air
  • 1 sdm bumbu keju instan
  • secukupnya cabe bubuk
  • sejumput garam

Cara membuat maklor:

  • Rebus makaroni dengan 2 gelas air matang/mentah +- 7 menit sampai makaroni empuk dan kenyal
  • Berikan 1 sendok minyak agar tidak lengket
  • Ambil 1 butir telur masukkan garam, kocok lepas
  • Siapkan teflon anti lengket masukan makaroni yang telah matang
  • Siram dengan telur, jika telur sudah mengering bisa dibalik
  • Masak sampai telur matang lalu angkat
  • Taburkan dengan bumbu keju dan cabe bubuk sesuai selera, aduk sampai bumbu merata, sajikan selagi hangat

2. Leker

Sumber gambar: CPCDN

Pilihan jajanan murah untuk dijual lainnya adalah leker.

Leker atau kue pisang Surabaya adalah salah satu makanan khas kota Surabaya. Makanan kecil ini berbeda dengan leker yang dikenal di Jakarta dan kota-kota lainnya.

Bahan-bahan untuk jajanan murah untuk dijual ini adalah telur, tepung terigu, susu, gula, dan air secukupnya. Adonan ini kemudian dituangkan di atas wajan mini yang telah dipanaskan di atas bara arang untuk membuat kulit leker berbentuk lingkaran. Setelah cukup matang, penjual leker kemudian menaburkan potongan-potongan kecil pisang, cokelat tabor, gula pasir, dan susu kaleng. Terakhir, leker dilipat menjadi setengah lingkaran dan leker pun siap disajikan.

Cukup mudah, kan?

3. Pentol

Jajanan Murah Meriah Untuk Dijual
Sumber gambar: Tokopedia

Pentol (bakso tusuk) merupakan sebutan salah satu jajanan murah meriah untuk dijual seperti bakso namun kandungan dagingnya lebih sedikit. Terkadang, pentol hanya terbuat dari tepung kanji.

Pentol banyak digemari masyarakat semua usia dan kalangan karena pentol termasuk dalam jajanan murah meriah untuk dijual dan rasanya relatif enak.

Pentol banyak dijual oleh pedagang kaki lima atau pedagang keliling lainnya yang biasanya dijumpai di kawasan sekolah, pasar, pabrik, universitas, dan tempat-tempat keramaian seperti pada saat ada event atau kegiatan tertentu

Pentol banyak dijumpai terutama di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. Biasanya, pentol dijual perbiji dengan harga yang sangat ramah di kantong mulai dari 200 rupiah hingga 1000 rupiah perbiji, tergantung ukuran dan isi pentol yang diinginkan.

4. Gorengan

Sumber gambar: Detik

Tahukah Anda bahwa gorengan yang dikenal sebagai jajanan murah meriah untuk dijual merupakan singkatan dari ‘goreng tepung’?

Ya, sesuai namanya. Gorengan adalah berbagai jenis makanan yang dicelup adonan tepung dan kemudian digoreng dalam rendaman minyak goreng panas yang banyak.

Cukup mudah untuk membuatnya, bukan?

Di Indonesia, gorengan merupakan makanan ringan yang populer dan cocok untuk disajikan pada setiap jenis acara. Penjual gorengan dapat ditemukan di tepi jalan atau berkeliling dengan pikulan atau gerobak.

Gorengan termasuk dalam jajanan murah meriah untuk dijual lagi-lagi karena bahan-bahannya yang murah. Eits, jangan salah. Omzet yang diperoleh bisa mencapai Rp1 juta lebih, lho!

5. Cilok

Jajanan Murah Meriah Untuk Dijual
Sumber gambar: Pinimg

Cilok merupakan sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus.

Pada umumnya, jajanan murah meriah untuk dijual ini berbentuk bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Terdapat telur atau daging cincang di dalamnya

Tak hanya sebagai makanan ringan, cilok jug terkenal sebagai jajanan murah meriah untuk dijual. Rata-rata pedagang cilok adalah pedagang kaki lima yang seirng berpindah-pindah dan berjualan di sekitar sekolah, kampus, dan pabrik

Bahan bakunya pun tergolong mudah dan murah diperoleh, antara lain tepung kanji, bumbu bawang, dan beberapa bahan lainnya. Lalu campurkan dengan daging ayam atau sapi dengan menggunakan air. Kemudian rebus dan bentuk bulat-bulat kecil seperti pentol bakso

6. Tahu bulat

Jajanan Murah Meriah Untuk Dijual
Sumber gambar: Akamaized

“Tahu bulat, digoreng dadakan, 500an,” merupakan kalimat yang sering terdengar di telinga masyarakat, biasanya pada sore menjelang malam hari.

Ya, itulah tahu bulat. Sebagai jajanan murah meriah, tahu bulat adalah sebuah jajanan kaki lima berupa olahan kacang kedelai yang dibuat menjadi sebuah tahu berbentuk bulat dengan isi kopong.

Tentu saja, tahu bulat termasuk dalam jajanan murah untuk dijual karena harganya yang cukup murah, hanya 500 Rupiah per buah, sesuai dengan jargonnya.

Biasanya, tahu bulat dijual di sebuah mobil bak terbuka. Bahkan, eksistensi tahu bulat semakin terkenal semakin adanya game “Tahu Bulat” yang diluncurkan pada tahun 2016. Bisnis tahu bulat ini menyebar di Bogor, Sentul, Jonggol, Cileungsi, Sukabumi, Sumedang, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, hingga Wonosobo.

7. Klepon

Jajanan Murah Meriah Untuk Dijual
Sumber gambar: CPCDN

Klepon atau kelepon adalah sejenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar. Makanan enak ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. 

Klepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat, sehingga klepon tampak berbalur parutan kelapa. Biasanya klepon diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang.

Nah, klepon juga dapat dijadikan salah satu pilihan jajanan murah meriah. Biasanya, satu klepon dijual mulai dari 500 Rupiah saja. Terjangkau sekali, kan?

8. Piscok

Sumber gambar: Toko Wahab

Sebagai salah satu jajanan murah meriah untuk dijual, pisang cokelat atau kerap disingkat piscok, adalah kudapan manis dari Indonesia yang terbuat dari irisan pisang dengan cokelat cair atau susu kental manis cokelat, yang dibungkus dalam kulit tepung tipis mirip crepe, atau lazim menggunakan kulit lumpia yang kemudian digoreng rendam dalam minyak goreng yang banyak. 

Pisang cokelat sering didefinisikan secara singkat sebagai “lumpia pisang cokelat”. Makanan ini sering dianggap sebagai perpaduan antara pisang goreng dan lumpia.

Piscok biasa dijual mulai dari harga 500 Rupiah, lho! Murah dan menguntungkan!

Demikian artikel mengenai 8 alternatif jajanan murah meriah untuk dijual. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berjualan!

Related Posts

Serial Patehan – Jurus 6: Jaga Teras, Ruang Tunggu, dan Dapur

DARI REDAKSI Halo sobat Aksoro! Kali ini Aksoro kembali menyapa Anda lewat serial bonus eksklusif bagi pemilik buku “Kami Siap Tempur”. Ebook yang Anda baca merupakan lanjutan ebook series “24 Resep Bikin Hati Customer Lumer”. Kali ini, kami hadir dengan format...

5 Strategi Jitu Digital Marketing Indonesia

Digital marketing di Indonesia memiliki potensi yang sangat cerah. Hal ini seiring dengan terus tumbuhnya pengguna internet.  Per Januari 2020, populasi pengguna internet di Indonesia menurut We Are Social mencapai angka 175,4 juta orang. Angka ini meningkat 17%...

Menerapkan Content Marketing sebagai Digital Marketing Strategy

Sekarang ini, digital marketing sudah bukan lagi barang baru. Hampir semua brand dan perusahaan melakukannya. Oleh karena itu, penting untuk memiliki digital marketing strategy yang tepat untuk bisnis Anda.  Digital marketing adalah salah satu bagian dari...

General Info

Alamat

Jl. Pasir No.35, Patuk, Banyuraden, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55294

Whatsapp

+6285721004073

EMAIL

halo@aksoro.co.id

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *