Perlu Dipertimbangkan, Berikut 5 Tips Penting Cara Dropship di Shopee Agar Laku

By

Berjualan secara online merupakan menjadi hal yang lumrah dan sering dilakukan oleh sebagian besar masyarakat, ya, mungkin teman atau relasi Anda.

Jika Anda turut memikirkan untuk menjual produk secara online, itu ide yang bagus!

Apa hal yang akan Anda lakukan selanjutnya? Mencari produk-produk yang hendak Anda jual? Memikirkan biaya-biaya yang mungkin muncul dalam pendirian toko Anda? Bolak-balik kesana kemari untuk memastikan proses produksi produk Anda berjalan lancar? Atau rutin mengunjungi kantor pos untuk membayar biaya listrik toko Anda?

Eits, tidak serumit itu, kok!

Kita sangat dimudahkan untuk berjualan secara online pada era saat ini. Ketika Anda ingin makan, cukup memesan secara online dan dalam hitungan menit, pesanan Anda sampai. Begitu pun dengan membeli barang-barang baik kebutuhan maupun keinginan Anda yang tinggal klik tanpa perlu repot-repot menginjakkan kaki ke luar dari rumah dan pergi ke toko.

Dengan konsep yang sama, Anda akan membuka toko online yang cepat, mudah, dan praktis untuk semua orang. Tak punya barang jualan bukan menjadi masalah dengan tips penting cara dropship di Shopee.

Melalui tips penting sistem cara dropship di Shopee ini, Anda tak harus memiliki stok barang di rumah Anda yang memungkinkan Anda merasakan rugi karena produk yang tak terjual dan stok barang yang kian menumpuk. Anda hanya perlu memilih toko penyedia dropship dan kemudian memasarkan produk-produk dari toko tersebut secara online.

Meskipun terdengar sederhana, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan pada tips penting cara dropship di Shopee, lho!

Sudah penasaran? Berikut tips penting cara dropship di Shopee yang harus Anda coba:

1. Pertimbangkan Followers Shopee

Cara Dropship di Shopee
Sumber gambar: Area Ponsel

Meningkatkan followers menjadi salah satu tips penting cara dropship di Shopee agar jualan Anda laris di Shopee. 

Followers merupakan calon – calon pembeli produk yang Anda jual. Dengan meningkatkan followers di toko Anda, Anda akan bisa meningkatkan penjualan. Dengan demikian, omzet Anda menjadi tambah besar. Sebagai pebisnis dropship di Shopee, tips penting cara dropship di Shopee ini sangat bagus di lakukan karena akan mengurangi biaya promosi di Shopee seperti iklan berbayar.

Dengan memiliki banyak followers, Anda bisa mempromosikan langsung produk yang Anda jual kepada para followers. Produk-produk yang Anda posting akan bisa muncul di timeline/feed para followers kita di Shopee. Semakin banyak followers, maka akan semakin besar followers yang melihat produk Anda.

Selain itu, membangun followers sama seperti membangun database pelanggan. Untuk itu, sebaiknya anda mulai memperbanyak follower Shopee agar bisa menaikkan penjualan produk meskipun sebagai dropship di Shopee.

2. Lakukan Survei

Sumber gambar: WP

Meskipun Anda adalah seorang dropshipper, tetap penting bagi Anda untuk melakukan survei terkait tingkat ketertarikan konsumen dengan produk yang akan Anda jual sebagai salah satu tips penting dropship di Shopee.

Usahakan untuk menjual produk yang memang cukup laris di Shopee. Hal tersebut karena jika Anda menjual produk yang kurang atau tidak terlalu laris, tentu keuntungan atau omzet yang Anda peroleh tidak banyak.

Perhatikan tren-tren barang-barang yang sedang hangat-hangatnya ramai dicari orang. Bisa dipastikan, Anda akan memperoleh omzet yang cukup banyak dengan mengikuti tips penting cara dropship di Shopee ini.

Anda dapat melakukan survei dengan bertanya ke rekan-rekan Anda kira-kira produk-produk apa saja yang tengah mereka butuhkan atau sekadar memperhatikan dan mempertimbangkan tren produk saat ini.

3. Pilih Supplier

Cara Dropship di Shopee
Sumber gambar: Cendana Surya Usaha

Tips penting dropship di Shopee ini merupakan tahap yang paling krusial.

Anda harus memastikan supplier yang Anda pilih mengusung prinsip profesionalitas, kredibilitas, dan akuntabilitas. Kepercayaan menjadi dasar dari transaksi online sehingga Anda harus benar-benar memastikan hal tersebut. 

Kebanyakan orang lebih memilih supplier yang juga menjual produk secara online di marketplace. Namun, hal ini sebenarnya sangat tidak disarankan karena mereka kemungkinan besar bukan supplier tangan pertama.

Keberadaan supplier yang bukan tangan pertama akan menyebabkan harga produk yang Anda tawarkan kepada konsumen jelas tidak akan bisa bersaing dengan penjual lainnya. Selain itu, Anda pun tidak dapat memastikan harga yang mereka berikan sesuai dengan kualitas produk terkait.

Oleh karena itu, tips penting cara dropship di Shopee pada tahap memilih supplier sebaiknya dilakukan dengan mencari supplier secara offline. Bahkan sebisa mungkin dapatkan supplier offline yang berada satu kota dengan tempat anda tinggal.

4. Buy First

Cara Dropship di Shopee
Sumber gambar: Freepik

Berkaitan dengan poin sebelumnya, tips penting cara dropship di Shopee ini menyarankan Anda untuk tidak langsung menawarkan produk dari supplier Anda kepada konsumen.

Ada baiknya, Anda mencoba membeli terlebih dahulu produk yang ingin Anda jual dari supplier. Hal ini perlu Anda lakukan untuk mengetahui beberapa hal penting seperti seberapa baik kualitas produk dari supplier anda, seberapa cepat proses packing dan pengiriman produk dari supplier, dan juga seberapa baik komunikasi supplier dengan para dropshipper-nya.

Jika memang supplier online yang Anda pilih memenuhi kriteria supplier terpercaya, Anda baru bisa mulai mempromosikan produknya melalui toko online anda di Shopee.

Setelah memastikan suplier yang Anda pilih memang suplier yang terpercaya, tips penting cara dropship di Shopee selanjutnya adalah ada baiknya Anda juga membuat foto produk sendiri karena Anda sudah memiliki produk dari supplier untuk membedakan produk Anda dengan pelaku dropship di Shopee lainnya.

5. Pertimbangkan Penggunaan Dropship Software

Sumber gambar: China Brands

Tips penting cara dropship di Shopee yang terakhir adalah penggunaan dropship software.

Ketika sudah cukup banyak pelanggan yang memesan produk tertentu melalui toko online Anda, mungkin Anda ingin mempertimbangkan untuk memanfaatkan dropship software.

Dropship software ini akan membantu anda untuk meningkatkan potensi omzet yang akan Anda dapatkan. Selain itu, dropship software sebagai salah satu tips penting dropship di Shopee juga akan membantu Anda dalam mencetak alamat pengiriman dengan keterangan yang sesuai secara otomatis sehingga Anda tak perlu repot-repot memindahkan satu persatu.

Banyak orang yang memilih Shopee sebagai alternatif tips penting dropship di Shopee karena beberapa alasan, seperti popularitasnya yang sedang naik daun karena menghadirkan brand ambassador yang kekinian, iklan yang marak dimana-mana, dan promosi bebas ongkir.

Tentu, hal tersebut akan membuat banyak supplier dari berbagai daerah dengan berbagai produk turut hadir di Shopee. Keadaan ini akan membuat Anda semakin dimanjakan dengan pilihan produk yang semakin bervariasi untuk dijual.

Demikian artikel mengenai 5 tips penting cara dropship di Shopee yang harus Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berjualan secara dropship!

Related Posts

General Info

Alamat

Jl. Pasir No.35, Patuk, Banyuraden, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55294

Whatsapp

+6285721004073

EMAIL

halo@aksoro.co.id

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *