Kata Kata Promosi Instagram dan Tips Strategi Marketing Supaya Olshop Anda Kebanjiran Order

By
August 02, 2020

Anda tidak asing lagi bukan dengan Instagram?

Ya, aplikasi ini adalah aplikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia juga dunia untuk beraktivitas berbagi foto, video, story, untuk berbagi aktivitas sehari-hari para penggunanya. Anda juga tentu memiliki Instagram bukan?

Instagram adalah salah satu media sosial yang memiliki miliaran pengguna di seluruh dunia. Sehingga tak heran memang jika Instagram menjelma menjadi platform bisnis melalui media sosial.

Para pebisnis ini menggunakan Instagram sebagai salah satu media promosi secara daring Lalu apa sebenarnya manfaat promosi di Instagram sehingga banyak yang menyarankan untuk melakukan promosi di media sosial bergambar ini?

Mungkin sebagian dari kita hanya mengetahui bahwa Instagram bermula dari Facebook yang mengakuisisi media sosial tersebut. Namun nyatanya, anggapan ini tak sepenuhnya salah, hanya kurang tepat saja.

Bagaimana tidak?

Busy woman working at home on a laptop computer and have call on ...
Sumber gambar: freepik

Faktanya Instagram ternyata telah ada sejak Burbn Inc, startup yang didirikan Kevin Systrom dan Mike Krieger berkembang. Ya, lewat startup tersebut, muncul sebuah aplikasi untuk berbagi foto dan video yang diberi nama Burbn. Ketika diperkenalkan untuk pertama kalinya, Burbn dianggap terlalu banyak fitur.

Bahkan, pada awal kemunculannya pada tanggal 6 Oktober tahun 2010, Instagram hanya dirilis khusus pengguna iOS. Setelah sukses dan diunduh sebanyak satu juta pengguna, media sosial itu pun kembali merilis versi Android, tepatnya pada 3 April 2012.

Saat diakuisisi oleh Facebook, pengguna Instagram baru sekitar 30 juta saja. Dilansir dari beberapa sumber yang beredar, hingga Juni 2018, media sosial ini sukses mengantongi satu miliar pengguna dari seluruh penjuru dunia.

Jumlah ini tentu saja terus bertumbuh besar pada tahun 2020 ini. Pencapaian ini adalah terbesar yang pernah dialami Instagram. Hal ini juga kemungkinan berkat beragam fitur-fitur yang dihadirkan lebih beragam seperti 

  • Instagram Stories
  • Live streaming
  • Explore
  • IGTV
  • filter story yang bebas dibuat oleh siapa saja, dan masih banyak lagi.
Beautiful asian girl sleeping on a smartphone. play on the media ...
Sumber gambar: freepik

Jika anda berencana membuka bisnis, maka membuat konten dengan kata kata promosi Instagram yang menarik dapat menjadi jembatan yang sangat baik agar produk bisa naik penjualannya. Jika dianalogikan sebagai etalase, maka caption atau kata kata promosi Instagram sebagai keterangan mengenai produk dari penjualnya.

Dalam dunia berjualan secara online melalui Instagram, caption berfungsi memberikan penjelasan mengenai produk yang dijual. Sehingga, caption juga menjadi daya tarik tersendiri. Terbukti, tak sedikit seller yang kemudian kehilangan pembeli dikarenakan memiliki caption berisikan deskripsi yang buruk mengenai foto tersebut.

Untuk itu, tak heran untuk membuat kata kata promosi Instagram tak semudah kelihatannya. Anda harus mampu menarik dan membuat penasaran calon pelanggan anda. Sehingga, banyak sekali jasa yang menawarkan pembuatan caption untuk bisnis. 

Contohnya seperti Zarry Hendrik yang membuka jasa untuk pembuatan jasa pembuatan caption dan rangkaian kata – kata. Ia mampu meraup untung hingga jutaan rupiah berkat kemampuannya itu.

Sumber gambar: freepik

Kata kata promosi Instagram juga harus dibuat dengan cara mengaitkan tema tertentu. Sehingga, tujuan bisnis bisa tercapai secara terselubung. Saat ini, banyak brand yang mengalami kesuksesan karena teknik pemasaran yang unik. Menggunakan caption yang catchy, banyak orang yang tertarik padanya, lalu mulai membeli produk yang ditawarkan.

Melihat banyaknya pengguna dan antusiasnya dalam menggunakan platform ini, tidak heran jika Instagram menjadi sarana promosi yang sangat bagus. Nah, platform ini sangat cocok untuk segmen pasar menengah ke atas. 

Untuk itu, sangat disarankan bagi Anda yang berbisnis dan belum memiliki Instagram, maka segera buat dan lakukan cara promosi online shop di Instagram.

Kata kata promosi Instagram juga sangat bermanfaat untuk anda yang memiliki akun Instagram for business. Ya, jenis akun ini memanfaatkan media sosial dikhususkan sebagai salah satu media promosi untuk bisnis.

Namun, dari sekian banyak platform media sosial, mengapa harus Instagram?

1. Memiliki Banyak Pengguna

Sumber gambar: freepik

Ya, inilah alasan pertama mengapa harus Instagram. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya jika Instagram merupakan salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna bahkan hingga miliaran di seluruh dunia. 

Tentunya untuk melakukan persuasi anda perlu mencari platform di mana banyak orang berkumpul di sana, yang mana selanjutnya kita sebut ini sebagai target pasar. Oleh karena itu, salah satu manfaat promosi di Instagram yang tidak boleh anda lewatkan adalah mendapatkan akses ke ruang di mana banyak orang berkumpul atau di mana pasar berada.

Banyaknya pengguna Instagram dapat memberikan kemungkinan untuk produk anda dikenal oleh banyak orang. Hal ini sangat penting untuk anda yang sedang branding atau membangun persepsi publik terhadap brand anda. Tidak sedikit mereka yang sudah mendapatkan manfaat promosi di Instagram sukses melakukan branding. 

2. Berbagai Pilihan Target Pasar

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa Instagram merupakan tempat sekumpulan orang atau target pasar berkumpul, sehingga keuntungan dari banyaknya jumlah pengguna Instagram sehingga bisa memberikan manfaat untuk berpromosi di Instagram adalah banyaknya pilihan target pasar untuk anda. 

Happy young asian women group city lifestyle playing and chatting ...
Sumber gambar: freepik

Produk atau jasa yang ingin anda tawarkan atau promosikan pastinya memiliki target pasar tersendiri. Karena Instagram memiliki banyak pengguna, pastinya anda bisa mencari komunitas tertentu dimana target pasar anda berada.

Salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan akses menuju ke target pasar anda yakni menggunakan tagar atau hashtag (#) tertentu. Seperti #JogjaFood #MakananEnakJogja dan lain sebagainya.

Anda juga sangat memungkinkan untuk memanfaatkan promosi melalui influencer seperti selebgram yang memiliki jumlah pengikut atau followers yang sering disebut endorsement. Dengan demikian promosi di Instagram bisa anda dapatkan dengan mudah.

3. Memberikan Gambaran Produk Secara Menarik

Karena Instagram merupakan media sosial berbasis gambar dan video, maka disini juga bisa menjadi kelebihan untuk digunakan sebagai media promosi. Salah satunya adalah memberikan gambaran produk atau jasa yang anda tawarkan. 

Dengan adanya visualisasi yang jelas dan menarik calon konsumen akan mudah mengetahui apa yang akan mereka dapatkan ketika melihat promosi anda. Hal ini jelas menjadi salah satu 

Sumber gambar: freepik

manfaat promosi di Instagram karena anda bisa lebih meyakinkan pengguna dengan cara yang menarik.

Dalam hal ini ada cara lain untuk promosi di Instagram terutama bagi pemilik produk atau jasa adalah fitur multimedia yang ada di Instagram. Fitur seperti video dalam Instagram, salah satunya melalui story maupun postingan. 

Ya, fitur ini sangat bermanfaat memberikan anda kesempatan lebih untuk melakukan promosi dengan cara yang lebih kreatif lagi, tidak hanya dengan kata kata saja, namun juga dengan konten yang mampu menarik perhatian konsumen.

4. Gratis atau Berbayar

Promosi melalui Instagram yang dapat anda upayakan bisa dikategorikan menjadi dua yakni gratis atau berbayar. 

Keuntungan yang didapatkan memang berbeda, namun dengan strategi yang tepat keduanya bisa anda lakukan dan anda bisa mendapatkan manfaat promosi melalui media sosial ini.

Promosi dengan gratis bisa anda manfaatkan seperti melalui posting konten menarik, memaksimalkan tagar, hingga mendekati langsung konsumen. Sedangkan promosi berbayar bisa anda lakukan seperti menyewa jasa selebgram dengan sistem endorse atau menggunakan Instagram for Business yang informasinya ada di poin ke lima.

Asian man hands using smart phone, social media concept | Free Photo
Sumber gambar: freepik

Namun perlu diingat, tak selalu yang berbayar lebih baik dari yang tidak berbayar. Faktanya, cukup melalui fitur – fitur Instagram saja (tanpa bayar) para seller olshop ini sudah kebanjiran orderan! Yang terpenting ialah mengatur strategi penjualan dan marketing di Instagram itu sendiri.

5. Fitur yang Terus Berkembang

Bila dulu penggunaan Instagram hanya sebatas berbagi foto dan video saja, beda halnya dengan dewasa ini. Saat ini terdapat banyak fitur canggih yang disematkan pada media sosial berlogo warna pink ini.

Mulai dari Instagram Stories yang dapat digunakan untuk share video menarik dengan durasi 15 detik, hingga fitur Explore, Live dan IGTV untuk meraih popularitas. Fitur Explore pertama kali diperkenalkan pada Juni 2012. Dimana pengguna dapat melihat foto-foto dari akun tak dikenal, namun terbilang populer atau foto yang diambil di lokasi terdekat.

Kemudian untuk fitur Live, pengguna dapat melakukan siaran langsung dan membuka QnA di fitur tersebut. Sementara untuk fitur IGTV, dapat digunakan bila kamu ingin mengunggah sebuah video dengan durasi hingga 10 menit.

Nah itulah karakteristik dari Instagram. Setelah mengetahui karakteristik dari Instagram, maka yang perlu diperhatikan dalam membuat produk dari online shop anda cepat banyak memiliki pelanggan, maka ada kiat – kiat yang bisa dilakukan, agar olshop anda bisa kebanjiran pelanggan.

Social media can be a plus during coronavirus pandemic if used ...
Sumber gambar: the star

Kiat-Kiat Agar Olshop Kebanjiran Orderan

1. Menyesuaikan dengan Segmen Pasar

Sesuaikan kata kata promosi Instagram yang akan gunakan. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan segmen pasar Anda. Jika sasaran pasar adalah para remaja, maka Anda dapat menggunakan bahasa yang gaul. 

Beberapa istilah kekinian dapat digunakan seperti penggunaan slang bahasa indonesia seperti gaes, bossque, mantul, coy, dan lain sebagainya bisa anda gunakan. Dengan begitu, pada remaja pun akan merasa lebih dekat secara psikologis dengan para seller.

Nah, jika target pasar anda adalah wanita berusia 20 hingga 40 tahun, maka menggunakan kalimat santai dan tidak terlalu formal adalah pilihan yang tepat. Pada segmen usia ini merupakan segmen terbesar penjualan online.

2. Gunakan Instagram For Business

Is Advertising on Instagram Worth It - business.com - business.com
Sumber gambar: business.com

Tahukah anda tentang fitur Instagram for business? 

Nah, mungkin bagi anda yang belum tahu, fitur ini merupakan fitur yang khusus untuk para pebisnis yang menggunakan Instagram sebagai media promosi produk dan jasa yakni fitur Instagram for Business.

Ya, fitur ini mampu memberikan banyak tools atau alat untuk menganalisa dan memaksimalkan promosi anda. Salah satu tools yang berguna adalah untuk mengetahui data tentang pengunjung akun Instagram anda mulai dari jenis kelamin, usia, asal dan berbagai macamnya. 

Jadi, anda bisa melakukan penilaian dan evaluasi dari promosi anda apakah sesuai dengan target pasar anda atau tidak melalui insight report dari Instagram. Ini adalah salah satu manfaat promosi di Instagram yang tidak boleh anda lewatkan. 

Fitur lain yang juga diincar untuk melakukan promosi yang lebih gencar adalah fitur promote dimana meskipun memang fitur ini berbayar namun anda bisa memastikan bahwa postingan anda akan dilihat oleh pengguna yang mana sesuai dengan target pasar anda. 

Manfaat promosi di Instagram yang satu ini benar-benar tidak boleh anda lewatkan. Meskipun berbayar, namun bisa dibilang harga untuk fitur ini pun tidak terlalu mahal dibandingkan anda harus mencetak MMT untuk berbagai tempat atau mencetak flyer untuk disebar.

Sumber gambar: box221digitalvideos

Pada Mei 2016 lalu, Instagram mengumumkan bahwa mereka Instagram For Business, yang mana dengan fitur ini, sebuah bisnis bisa membuat sebuah profil bisnis gratis.

Berikut Fakta menarik mengenai Instagram For Business:

  1. Dengan profil bisnis, Anda sebagai pemilik bisnis dapat memilih bagaimana Anda ingin pelanggan mereka dapat menghubungi mereka; baik melalui telepon, SMS, ataupun email dengan tombol kontak dan mendapat petunjuk arah. Profil bisnis juga memungkinkan Anda untuk melihat Insights dan kemampuan untuk mempromosikan.
  1. Insights di Instagram membantu memberi tahu Anda informasi penting tentang followers Anda dan postingan mana yang memiliki jangkauan dan engagement atau keterlibatan pelanggan melalui interaksi paling tinggi. 

    Dengan informasi-informasi ini, Anda bisa mengenal lebih dalam tentang perilaku (behaviour) dan demografis audiens Anda. Anda bisa membuat konten yang lebih relevan dan sesuai untuk audiens Anda.
  1. Adapula fitur promote pada Instagram yang memperbolehkan Anda untuk menjadikan postingan Anda sebagai ads atau iklan di aplikasi Instagram. Ads tentunya membantu Anda untuk berhubungan dengan pelanggan bisnis Anda. 

Anda bisa memilih salah satu postingan yang sudah Anda share di Instagram dan menambahkan action button. Anda bisa memilih target audience dan memperbolehkan Instagram menyarankan target audience untuk Anda. 

Infographic] 10 musts of using Instagram for Business - Social Samosa
Sumber gambar: social samosa

Nah setelah mengetahui fakta mengenai Instagram For Business, lalu apa sebenarnya manfaatnya?

  • Dengan tool baru dari Instagram ini, bisnis Anda bisa mendapat pelanggan dari berbagai penjuru dunia. 
  • Bisnis Anda juga bisa memahami audiens dengan lebih baik, menyesuaikan konten, dan memperbaiki strategi marketing – baik online maupun offline.
  • Instagram juga menerangkan bahwa mereka berharap dengan adanya tools ini, pengguna Instagram bisa membangun dan mengembangkan bisnisnya dengan lebih mudah.

Wah menarik sekali bukan, lalu bagaimana cara membuat akun Instagram Bisnis?

Jika bisnis Anda belum memiliki akun Instagram for Business, Anda bisa mendaftarkan diri dengan mudah: 

  1. Download aplikasi Instagram (dari App Store jika Anda menggunakan iOS, Google Play Store dari Android, dan Windows Phone Store untuk device Windows). Setelah aplikasi terinstal di handphone Anda, Anda tinggal membuka aplikasinya.
  2. Pilih Sign Up , masukkan alamat email Anda, dan klik Next . Anda juga bisa login dengan menggunakan akun Facebook Anda.
  3. Setelah Anda masuk ke dalam aplikasi, pilih Settings , dan scroll ke bawah sampai Anda menemukan Switch to Business Account.
  4. Setelah Anda mengubah akun Anda menjadi akun bisnis, Anda tinggal memasukkan informasi penting seperti waktu bisnis, alamat bisnis, dan nomor telepon bisnis Anda.
kata kata promosi instagram

Sumber gambar: Hogash Studio

Mudah bukan? 

Life Hack dan Tips untuk Akun Instagram Bisnis Anda

Tapi apakah anda masih mau dengan kumpulan life hack – life hack lainnya? jika iya, berikut life hack dan tips yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan akun Instagram bisnis Anda.

1. Username dan Bio Anda 

Supaya akun Anda mudah ditemukan, username Instagram Anda sebaiknya sama dengan username Anda di profil social media bisnis Anda lainnya.

Selain username, informasi yang muncul di profil publik Anda adalah website Anda (kolom untuk URL, yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan campaign atau konten baru di website Anda) dan bio pendek.

Gunakan bio Anda untuk menjelaskan apa bisnis Anda dan apa yang orang-orang bisa harapkan dari akun Instagram Anda. Anda juga bisa memasukkan beberapa branded hashtags yang follower Anda mungkin akan gunakan.

2. Gunakan Branded Hashtags

5 Ways to Rock a Branded Instagram Hashtag - Later Blog
Sumber gambar: later

Wah apa itu branded hashtags? 

Branded hashtags ialah sebuah hashtag yang bisa Anda gunakan untuk aktivitas promosi, product launching, kontes atau kuis, dan events. 

Dengan branded hashtags, netizen di seluruh dunia bisa mencari dan mengikuti hashtag itu untuk tahu semua tentang bisnis Anda. Salah satu brand yang berhasil menggunakan branded hashtags adalah South by Southwest. 

3. Bangun Profile Picture Instagram Anda

Nah sebaiknya, pada bagian profile picture Instagram bisnis berupa logo perusahaan Anda. Sama halnya dengan username, menggunakan profile photo yang sama di semua profil social media Anda akan membantu orang-orang mengenali brand Anda.

Perlu diingat bahwa profile photo Instagram Anda memiliki format lingkaran, sehingga pastikan terlebih dahulu bahwa gambar Anda terlihat baik di format itu. Instagram menyarankan ukuran diameter 110 pixel untuk gambar Anda. 

4. Follow akun Instagram lainnya 

Untuk langkah awal untuk memulai, sebaiknya anda mengikuti atau follow akun Instagram lainnya terlebih dahulu. Anda bisa mengikuti bisnis lain yang berkaitan dengan bisnis Anda 

kata kata promosi instagram
Sumber gambar: freepik

atau cari influencers di industri Anda. Anda juga bisa follow akun-akun lain yang relevan dengan bisnis Anda.

Karena adanya demografis Instagram bisa dibilang sangat luas, maka pastikan Anda tahu audience seperti apa yang ingin Anda targetkan. Anda bisa memanfaatkan hashtags di industri Anda untuk memperkuat kehadiran Anda di Instagram. 

Anda juga bisa meninggalkan komentar di foto-foto akun lain dan follow orang-orang yang berpartisipasi dalam percakapan di berbagai akun. Ini merupakan salah satu langkah yang bisa membantu Anda mengembangkan following Instagram Anda dengan cepat.

5. Memberikan Keunggulan Produk

Agar dapat menjual produk secara laris manis, kuncinya hanya adalah memenuhi ekspektasi pelanggan. Seperti:

  • barang yang bagus
  • harga yang murah
  • serta layanan yang memuaskan. 

Ketika ketiga elem ini sudah anda penuhi, niscaya barang dagangan anda akan ramai diserbu oleh para pelanggan.

kata kata promosi instagram
Sumber gambar: freepik

Untuk itu, tonjolkan keunggulan produk dengan menyusun kalimat yang baik, sebaiknya jangan mengungkap kekurangan produk. Jika produk yang dijual memiliki pesaing dengan jumlah yang banyak, maka sebaiknya jangan menulis banderol harga. Tingkatkan saja pelayanan dan kualitasnya.

6. Manage Instagram Presence 

Untuk memiliki akun Instagram yang memiliki traffic dan followers yang banyak, selain produk yang berkualitas, Anda harus bisa mempertahankan presence Instagram Anda. 

Untuk melakukan ini, Anda harus aktif di Instagram. Misalnya posting foto atau video setiap beberapa waktu – minimal satu kali sehari. Anda juga bisa me-repost atau regram foto atau video dari akun lain jika memang relevan dan berkaitan. 

Walaupun jangan juga terlalu sering posting – misalnya setiap satu jam sekali – karena ini bisa membuat follower Anda jenuh melihat akun Anda di timeline mereka.

7. Mengatur objektif Instagram Bisnis Anda

Seperti cara marketing lainnya, menggunakan Instagram untuk bisnis juga memerlukan strategi lho. Maka Objektif dari strategi marketing Anda bisa diintegrasikan dengan objektif keseluruhan bisnis Anda, misalnya:

Sumber gambar: freepik
  • Meningkatkan penjualan
  • Meningkatkan traffic ke website Anda
  • Meningkatkan brand awareness
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan
  • Membangun koneksi dengan influencers

8. Kalimat Promo Padat, Singkat, Informatif

Kata kata promosi Instagram yang efektif adalah kata kata yang padat dan singkat. Sebab, pengguna media sosial sudah terbiasa men-scroll sehingga teks yang terlalu panjang biasanya tidak menarik. Pengguna lebih tertarik dengan video atau gambar yang memiliki sedikit teks.

Anda juga bisa untuk menambah hashtag atau  tagar agar pengguna mudah menemukan produk Anda. Tulis pada bagian deskripsi untuk menampilkan informasi mengenai produk secara lebih lengkap.

Nah lalu seperti apa contoh kata kata promosi Instagram itu? Berikut ulasannya untuk anda.

Contoh Kata-Kata Promosi Instagram

kata kata promosi instagram
Sumber gambar: freepik

1. Caption Promosi di Instagram Berupa Kalimat Ajakan

“Ingin mencari Iphone 11 terkini dengan harga di bawah 10 juta? Klik link di bio ya? Tenang dijamin original!”

“Makan sehat bukan siksaan lagi, order healthy catering kami sekarang. Jangan sampai kehabisan!”

2. Penggunaan Kata-Kata yang Menarik Perhatian

“Promo besar – besaran hadir lagi. Sekarang setiap pembelian minimal order 20 ribu anda bisa mendapat cashback 50%! Buruan beli sekarang”

“Spesial Idul Adha untuk hari ini saja, buy 2 get 2 free! ”

“Limited Stock! Baju Uniqlo hanya 80 ribu rupiah saja. Dapatkan sebelum kehabisan”

3. Caption Promosi di Instagram dengan Unsur Menantang

“Hati – hati! Promo Payday Datang Lagi! Dapatkan discount untuk setiap pembelian dengan minimum 50 ribu!”

“Awas! Cheese Cake Pre Order Datang lagi!”

4. Istilah Tertentu yang Menarik

“Dress Korea Lucu Limited Edition, segera pesan sebelum kehabisan!”

“Sepatu sneakers Import asli Amerika, dijamin keren parah! Original!”

5. Kata Kata Lucu Dadakan

“Harga ambruk untuk hari ini, pesan sebelum dompet ambruk!”

“Hari ini murah besok mahal!”

“ Kue cucur masuk gigi! Ancuuuur promo Bulgogi hadir lagiii”

6. Caption Promosi di Instagram yang Memberikan Jaminan Garansi

“Gratis garansi servis setahun untuk pembelian tv hari ini!”

“100% skincare kami asli dari Korea, tidak asli uang kembali!”

“Dijamin 100% original, tidak original anda bebas belanja di toko kami selama-lamanya”

7. Menjelaskan Produk Anda yang Terbaik

“Satu-satunya di Indonesia yang berani beri garansi!”

“Hanya produk resmi yang dijual di toko ini”

8. Caption Promosi di Instagram yang Memberikan Bonus

“Dapatkan bonus 11 case iphone 11 untuk pembelian hari handphone hari ini”

“Jangan sampai ketinggalan. Ada kaos branded untuk pembelian minimal Rp. 1000.000,-”

9. Mengandung Penjelasan Khasiat Cepat

“Hari ini pakai besok langsung bersih! Segera rasakan hasilnya!”

“Tidak pakai lama, sekali oles wajah langsung bersih!”

10. Caption Promosi di Instagram yang Mengandung Angka

“Cashback Rp. 200.000,- untuk pembelian senilai Rp. 1.000.000,-“

“Beli hari ini lebih hemat Rp. 100.000,-!”

11. Menuliskan Harga pada Caption

“Baju branded ala Korea hanya Rp. 100.000,- khusus untuk kamu”

“Beli 2 produk harga spesial hanya Rp. 75.000,-”

12. Menggunakan Kata “gratis”

“Beli 2 kopi susu gratis sedotan bambu”

“Gratis payung cantik setiap minimal pembelian, Rp. 100.000”

13. Caption Promosi di Instagram yang Menjelaskan Kerugian Jika Tidak Membeli

“Jangan sampai menyesal, tunggu apalagi? Hari ini murah besok harga naik!”

“Miliki segera produknya, jangan sampai kehabisan”

Asian woman working on laptop on a vacation Free Photo
Sumber gambar: freepik

14. Menjelaskan Bahwa Satu Produk Saja Tak Cukup

“Dijamin langsung bikin ketagihan, beli 1? Mana cukuppp!”

“Beli satu untuk kamu, satu lagi buat pacar, yuk segera pesan!”

15. Tunjukkan Kualitas dengan Harga yang Lebih Murah

“Produk kami murah, tapi bukan murahan!  Boleh diadu dengan merk mahal”

Best deal! Kualitas premium dengan harga yang terbaik”

16. Mengandung Kata yang Menarik Perhatian

Contoh kata – kata promosi olshop yang mampu menarik perhatian antara lain gratis, baru, diskon, promo. Mengapa begitu? karena pada dasarnya setiap pembeli akan dengan senang hati mendapatkan sebuah produk secara gratis, mendapatkan promo serta mendapatkan diskon.

Sehingga kata – kata tersebut dapat mendongkrak minat calon pembeli untuk melihat dengan seksama produk anda.

  • Beli 2 gratis 1
  • Gratis Ongkir se Indonesia
  • Diskon 80% all item
  • Promo gila bulan Desember
  • Teknologi terbaru
  • Berisi Kalimat Ajakan

“Ayo, segera dapatkan sebelum kehabisan!”. 

Kalimat tersebut merupakan contoh sederhana kata kata promosi Instagram yang sangat sering digunakan. Mengajak orang membeli produk kita mampu membuat konsumen penasaran. Kata jenis ini sangat mujarab jika kita menggandeng influencer untuk memasarkan produk kita.

“Ayo, segera dapatkan sebelum kehabisan!”

“Beli sekarang dan rasakan keajaibannya!”

17. Menggunakan Kata Kata Unik

Kata – kata seperti “Banting Harga”, “Pecah Harga”, “Jual rugi”, “Harga Nyungsep” merupakan contoh kata – kata promosi olshop yang memenuhi unsur keunikan. Keunikan ini diharapkan membuat kita menjangkau lebih banyak para calon konsumen.

“ Pecah harga di bulan Juli “

“ Banting Harga Limited Edition “

“ Mengandung Garansi “

Salah satu hal penting yang dibutuhkan para konsumen yang berbelanja online adalah kualitas dari barang yang mereka beli. Nah, kata – kata mengandung garansi akan mampu memberikan sugesti bagi calon pembeli bahwa barang yang anda jual memiliki kualitas yang dapat dipertanggung jawabkan.

“ Garansi uang kembali jika produk tak sesuai gambar “

“ Garansi 100% penjual amanah “

“ Mengandung Unsur No 1”

Dengan tingkat persaingan yang tinggi, pembeli kini memiliki banyak pilihan  dalam berbelanja online. Satu hal yang bisa meyakinkan mereka untuk membeli produk anda adalah meyakinkan bahwa produk yang anda jual bukanlah produk sembarangan.

  • Disini tempat barang – barang original terbaik
  • Harga termurah se Indonesia
  • Menggunakan Unsur Angka

Secara psikologis anda dapat mempengaruhi calon pembeli dengan menambahkan angka pada kata – kata promosi anda. Angka ini bersifat keuntungan bagi pembeli jika membeli sebuah produk.

Jadi, susunan kalimatnya adalah keuntungan bagi pembeli lalu syarat untuk mendapatkan keuntungan tersebut.

  • Dapatkan diskon 50% untuk setiap pembelian diatas 200k
  • Hemat hingga 20% setiap pembelian di hari Jumat.
  • Cashback 100 ribu untuk pembelian 500 ribu.
kata kata promosi instagram
Sumber gambar: freepik

Berikut referensi kalimat promosi unik untuk Anda lainnya:

  1. “Hanya di hari ini, kamu bakalan dapat diskon dalam rangka ulang tahun toko online kami. Yuk, buruan chat admin untuk dapatkan diskon hingga 70%. Gercep, ya, stok terbatas.”
  2. “Jacket denim dijual dengan harga diskon Rp 86.000,- saja. Untuk harga normalnya Rp 215.000,- ya. Jangan sampai kehabisan. Barang cepat habis lho!.”
  3. “Beli sekarang, lyra cardigan beige dengan harga Rp 74.900,-, penawaran nggak datang dua kali. Dengan klik “beli sekarang” saat ini juga, kamu sudah menghemat Rp 70.000,-. Harga normalnya Rp 144.900,-. Tunggu apalagi, jangan sia-siakan diskon ini!”
  4. “Dapatkan diskon sebesar 50% khusus buat para pria yang ingin tampil modis dengan jam tangan terbaru dari Levine. Pastikan kamu nggak ketinggalan diskonnya sebelum stok habis. Produksi selanjutnya, harga sudah normal, ya!”

18. Menggunakan Kata Gratis Ongkir

Bisnis online tak bisa dilepaskan dari layanan pengiriman barang. Bahkan, untuk bisnis online dengan skala nasional atau internasional pun, pengiriman selalu menjadi hal yang sangat penting. Tersebab terhalang oleh jarak, maka biaya untuk jasa ekspedisi pun tergolong cukup mahal.

kata kata promosi instagram
Sumber gambar: freepik

Nyatanya, biaya pengiriman selalu dibebankan pada pembeli. Inilah yang kerap membuat transaksi secara online cukup memberatkan. Sehingga, banyak calon pembeli potensial yang mundur karena alasan tersebut.

Namun, ini juga bisa menjadi senjata yang ampuh untuk melakukan promosi. Anda bisa memiliki keunggulan karena mengandalkan kata gratis ongkir. Hal ini tentu saja akan sangat menarik bagi calon pembeli. Sehingga, peluang transaksi yang mungkin terjadi akan menjadi sangat tinggi.

Bahkan, kampanye untuk pencetus marketplace “gratis ongkir” (baca: Shopee), sukses besar.  Marketplace tersebut pun berhasil menduduki peringkat teratas dari sekian banyak marketplace yang ada di Indonesia. Anda juga bisa belajar dari marketplace yang satu ini.

Berikut kumpulan kata-kata promosi “gratis ongkir”:

  1. “Udah pada tau belum kalau ini adalah hari terakhir untuk relaunch closing bertubi-tubi! Besok program free ongkir untukmu akan berakhir dan bonusnya juga bakalan hangus. So, buruan order, jangan sia-siakan kesempatan berharga ini!”
  2. “Jual Otterbox Defender iPad 4. Berhubung hari ini ulang tahun admin, kamu yang melakukan transaksi hari ini bakal dapet kebaikan hati admin berupa free ongkir. Gercep, lah, mumpung lagi baik.”
  3. “Sekitar 300-an kalender baru tahun 2020 dengan tema “Kembali ke Titik Nol” udah dikirim, ya. Nanti resinya bakal diinfokan juga. Ini masih ada sekitar 100 kalender, dipesan yuk. Sila kontak ke Jogist 0835 9758 8888 aja untuk bisa dapetin free ongkir dengan pembelian kalender lebih dari 3 item. Awet banget, baru bisa abis setahun. haha.”
  4. “Ada yang mau buku Seni untuk Bersikap Masa Bodoh lagi? Free ongkir untuk area Jawa Tengah dan Yogyakarta. Selain itu, bakal kita kasih subsidi ongkir sampe 20 ribu, ya, gaes!”
  5. “Jual Thumb Ring couple. Pokoknya pas banget dipake suami istri, diameter 24 mm dan untuk ukuran yang kecil 21 mm. Bisa narik bow 50 LBS secara full. Kita ada free ongkir khusus Jabodetabek.”

19. Menggunakan Kumpulan kalimat Promosi “COD” 

Selanjutnya, kata kata promosi dengan menyertakan keterangan COD. 

Nah, COD sendiri merupakan singkatan dari Cash On Delivery yang secara gampang disebut dengan bayar di tempat. Nah, COD sendiri biasanya dilakukan untuk pengiriman dengan jarak yang tidak terlalu jauh.

COD sangat diminati oleh masyarakat. Pasalnya, membeli produk bayar di tempat cukup simple. Anda pun tidak perlu repot-repot ke mesin ATM untuk melakukan transfer. Hal ini berlaku untuk orang-orang yang belum mengaktifkan e-banking-nya. Atau belum memiliki e-wallet.

Selain itu, bisnis online adalah mengenai kepercayaan dari pelanggan. Jika tidak ada saling percaya, maka transaksi tidak mungkin terjadi. Sehingga, COD adalah salah satu alternatif bagi banyak online shop untuk membuat para pelanggannya tetap loyal.

Sebab, COD bisa mengurangi risiko kerugian dari pembeli. Sebab, uang tidak keluar terlebih dahulu. Pembelian pun berjalan seperti transaksi manual, barang diterima, baru keluarkan biaya. Untuk itu, COD menjadi kata sakti untuk mendongkrak penjualan.

Untuk itu, bagi Anda yang memiliki layanan COD pada bisnis yang dijalani, bisa menggunakan ide kumpulan kata-kata promosi berikut ini:

  • “Jual lemari pakaian modern kayu jati, siap antar hingga tujuan. Anda akan mendapatkan free ongkir untuk jarak kurang dari 10 km. Bisa bayar di tempat, bisa request warna. Hubungi kami sekarang juga.”
  • “Sabun perempuan, bisa COD area kota. Halal, BPOM, dan bisa mengatasi masalah kulit. Mulai dari kulit kering, berjerawat, berjamur, dan sebagainya.”
  • “Kacang Mede asli Purbalingga, bisa bayar di tempat. Stok fresh dan baru. Jual juga kacang mede mentah.”
  • “Pengiris multifungsi, bisa untuk buat keripik, bisa untuk buat stick. Akan memudahkan Anda mengiris berbagai bahan makanan. Bahan dari kayu jati, tahan lama dan awet. 65 ribu saja. Chat wa di bio kami Siap COD area Solo.”
  • “Jaket untuk hijaber, kalau ukuran tidak cocok, bisa ganti yang baru. COD Kota Sumedang. Info lebih lanjut hubungi penjual di kontak wa yang tertera di description box”
kata kata promosi instagram
Sumber gambar: freepik

Kalimat ternyata memiliki makna yang sangat besar untuk penjualan. Tak heran jika banyak yang mencari kumpulan kata-kata promosi untuk online shop-nya. Nah, dari referensi di atas, Anda bisa menconteknya atau tiru sesuai dengan kebutuhan dengan modifikasi tertentu. Yuk, bikin produk yang Anda jual mengalami peningkatan drastis dengan kalimat promosi yang menarik!

Namun, untuk produk branded yang dijual, Anda dapat menambahkan kata seperti “exclusive, stock terbatas, serta limited edition”. Sebab, harga tidak menjadi masalah yang terlalu besar bagi kaum high class. Pembelian produk biasanya lebih karena alasan prestise.

Untuk contoh kata-kata promosi tas selengkapnya, dapat Anda simak di bawah ini!

Nah itulah contoh caption promosi di Instagram atau kumpulan kata-kata promosi yang bisa anda jadikan referensi untuk promosi olshop anda selanjutnya, anda bisa menggunakan satu dari referensi saja atau bahkan mengkombinasikan beberapa sekaligus. 

Seperti contohnya penggunaan istilah khusus dalam jualan namun juga dengan memberikan angka yang menarik seperti berikut.

Selanjutnya setelah mengetahui kiat – kiat, maki kita bahas secara saksama mengenai strategi marketing melalui Instagram.

Berikut 12 cara promosi online shop di Instagram

kata kata promosi instagram
Sumber gambar: freepik

1. Melengkapi Akun dengan Keterangan Sejelas-Jelasnya

Cara promosi online shop di Instagram secara efektif adalah dengan melakukan hal paling dasar terlebih dahulu. Sebab, banyak pengguna yang meragukan sesuatu yang tidak jelas, termasuk juga untuk akun Instagram.

Sehingga, hal yang pertama kali harus Anda lakukan adalah dengan melengkapi keterangan pada akun IG, seperti biodata, profile picture, hingga keterangan website apabila tersedia. Dengan ini, akun Anda pun akan terlihat authority-nya. Sehingga, orang yang mengecek biodata Anda akan mempertimbangkan membeli produk pada online shop yang Anda miliki.

2. Menentukan Tema Konten

Biasanya, akun Instagram yang besar memiliki banyak follower karena dapat memberi konten yang bermanfaat. Selain itu, juga konsisten membagikan konten dengan tema sejenis. Sehingga, akun Anda pun memiliki ke-khas-an dan follower pun mudah untuk mengenalinya.

Banyak yang tidak menyadari bahwa IG adalah platform untuk bersosialisasi. Sehingga, mereka hanya promo dan promo setiap hari, Padahal, dengan meng-update konten yang bermanfaat, follower bisa saja mempromosikan IG bisnis milik Anda.

3. Memposting dengan Konsisten

Memposting konten secara konsisten akan memperlihatkan bahwa akun Anda serius mengiklankan produk dan usaha anda. Selain itu, Anda pun terlihat eksis di Instagram. Berbagai konten bermanfaat secara konsisten juga akan memperlihatkan bahwa Anda selalu ada untuk para followers.

4. Melempar Followers pada Web Jualan

Ketika Anda menyertakan link di caption postingan Instagram, maka link tidak langsung hidup atau tidak dapat langsung di-klik. Sebaiknya, Anda website online shop Anda di-short dulu menggunakan bitly.com. Akan tetapi, pastikan juga Anda login menggunakan Facebook dan Twitter.

Jika sudah memasukkan link pada kolom bio paling atas, maka akan muncul juga sidebar pada bagian kanan. Sebaiknya, tidak langsung menggunakan hasil short itu dan lakukan edit di kolom yang ada, lantas, klik “save”.

Link yang mengarahkan pada website Anda pun bisa langsung dimasukkan pada postingan dan caption foto di Instagram.’’

5. Memberikan Promosi Khusus Bersyarat (s&k berlaku)

Pada bagian ini, Anda bisa memberikan discount atau free item dengan memberlakukan beberapa persyaratan. Caranya, bisa harus memberikan love pada postingan, follow, spam komen di postingan, atau regram, dan sebagainya.

6. Membagikan Konten Visual Menggunakan Logo Brand

Menggunakan Instagram sebagai sarana promosi, berarti Anda harus mempersiapkan konten visual. Untuk itu, membagikan konten karya original team atau orang lain dengan izin bisa menjadi sarana promosi yang cukup baik. Nah, tambahkan juga logo brand pada gambar tersebut.

Jika gambar di share atau dire-gram oleh akun lain, maka otomatis, banyak yang kemudian melihat logo brand. Pun, familiar dengan nama akun Instagram Anda.

7. Share Momen di Belakang Layar

Selain bisa memberikan kedekatan, sharing momen di belakang layar bisa memberikan kepercayaan pada customer bahwa produk Anda berkualitas tinggi terlihat dari proses produksi yang higienis.

8. Membagikan Foto Testimonial

Ciri brand yang berkualitas salah satunya adalah menghargai customer. Sebab, pelayanan mereka di atas rata-rata.

Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan ngepost kembali postingan dari customer yang merasa puas dengan produk yang Anda miliki. Cek di notifikasi apakah terdapat mention yang masuk atau pun tidak. Anda juga bisa mencari sesuai dengan hashtag brand Anda.

kata kata promosi instagram
Sumber gambar: freepik

9. Endorsement

Endorse adalah salah satu cara promosi online shop di Instagram yang paling populer. Anda dapat mencari akun personal dengan jumlah followers yang besar. Beberapa akun memberikan endorsement secara gratis. 

Namun, ada juga yang bersyarat. Jika Anda menemukan akun dengan followers yang tinggi serta belum terdapat foto postingan foto produk, maka inilah kesempatan yang tepat untuk menawarkan padanya endorsement. Biasanya, pengikut dari akun Instagram tertentu lebih loyal dan percaya pada produk yang dipromosikan oleh selebgram atau artis tersebut.

10. Strategi Konten Instagram

Dengan menggunakan akun bisnis, Anda perlu menyusun rencana marketing untuk membangun komunitas yang kuat dan melihat hasil yang konkrit untuk bisnis Anda. Strategi Anda harus mencakup empat poin di bawah ini:

  • Waktu posting

Ini adalah waktu crucial, yang mana waktu posting sebaiknya disesuaikan dengan waktu yang orang – orang ramai membuka Instagram. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih jadwal adalah dengan melakukan test di waktu yang berbeda dan lihat hasilnya. 

kata kata promosi instagram
Sumber gambar: freepik

Dari tes tersebut, mayoritas waktu crucial ini ada jam 9 pagi, 1 siang, 5 sore, dan jam 7 malam, di mana banyak pengguna Instagram yang juga membuka platform tersebut dalam waktu yang bersamaan.

Selain itu Anda juga perlu untuk melakukan dan memiliki waktu posting yang rutin tanpa mengganggu follower Anda, jadi jangan update yang berlebihan. 

Mana postingan yang memiliki engagement (atau keterlibatan pelanggan – biasa dalam rupa likes dan komentar) paling tinggi. Setelah Anda melihat mana waktu yang paling tepat, masukkan waktu tersebut di content calendar Anda untuk menjadwalkan waktu posting Instagram Anda.

  • Konten yang bertema

Memilih konten dengan tema yang berbeda – beda membantu bisnis Anda menjamin bahwa pelanggan Anda tidak akan bosan dengan konten Anda. Selain itu, konten yang berbeda-beda bisa membantu Anda mencapai objektif yang berbeda-beda. 

  • Guidelines untuk Style Instagram Anda

Coba buat sebuah guideline tentang postingan Instagram Anda; apakah Anda mau menggunakan emoji di caption Anda? Apakah Anda ingin menggunakan bahasa yang formal atau informal untuk caption Anda? Apakah Anda ingin menggunakan ilustrasi untuk postingan Anda? Style guidelines ini harus membantu Anda membuat akun Instagram Anda berbeda, konsisten, dan mudah diingat.

  • Guidelines untuk Engagement

Guideline ini dibuat untuk menentukan bagaimana sebaiknya bisnis Anda berinteraksi dengan akun lain di Instagram, dari me-like dan komentar di foto akun lain sampai merespon komentar-komentar yang masuk ke akun Instagram bisnis Anda.

Nah setelah mengerti akan hal – hal yang penting seperti yang telah dijabarkan sebelumnya, berikut tips untuk membangun Instagram For Business Anda!

1. Visual yang Konsisten

Ya, Instagram merupakan platform sosial media yang sangat menonjolkan visualisasi konten, oleh karena itu Anda perlu membangun akun yang kohesif dan mudah diingat – anggap ini sebagai bagian dari brand identity bisnis Anda. 

Bahkan penelitian dari WebDam mengenai visual di social media menemukan bahwa 60% brand terkenal yang melakukan promosi di Instagram menggunakan filter yang sama pada setiap post. Sehingga ada tone kesesuaian feeds. Tidak acak agar lebih nyaman dipandang mata.

Dengan menggunakan tone filter yang sama di semua foto produk dalam bisnis anda, akun Instagram bisnis ini akan memiliki sebuah style yang mudah dikenali oleh followers. Karena salah satu objektif Anda dalam menggunakan Instagram adalah untuk mendapat likes dan komentar. 

Sehingga setiap anda upload konten, semakin mudah dikenali foto Anda, semakin besar pula kemungkinan followers Anda akan like dan meninggalkan komentar di konten foto atau video Anda.

Nah secara visual, Anda perlu menentukan konten apa yang ingin Anda jadikan fokus dari akun Anda. 

Tentunya, jika Anda menjual baju, foto-foto yang akan Anda upload di akun Instagram bisnis Anda adalah foto-foto baju. Jika Anda memiliki restoran, tentunya Anda akan mengupload gambar-gambar makanan dari restoran Anda. 

Sumber gambar: freepik

2. Tetap Perhatikan dengan Baik Audience Anda

Anda bisa mulai untuk melihat dan stalking apa yang akan ‘works’ untuk bisnis Anda di jejaring sosial, konten apa yang di-share audience Anda di Instagram, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan pesaing atau merek sejenis Anda.

Ingat, jangan takut untuk menjadi kreatif dengan konten Anda. Ambil gambar, tambahkan filter, dan post. Tiga langkah ini memang merupakan langkah dasar penggunaan Instagram. 

3. Jangan Anggap Remeh Kata Kata Promosi Instagram dan Caption

Benar memang jika Instagram berisi konten visual yang memikat, namun jangan mengabaikan kata kata promosi pada caption yang menyertai setiap konten anda. 

Caption ini bahkan lebih dari sebuah ajakan persuasi, namun ajakan berupa perasaan yang emosional juga. Dengan begitu, caption ini memberikan peluang besar bagi bisnis Anda untuk menceritakan sebuah kisah – kisah dibalik layar misalnya. 

Instagram stories feed post fashion sale template | Premium Vector
Sumber gambar: freepik

Keterangan Instagram ini, memungkinkan Anda untuk memperluas gambar, memberikan konteksnya, dan bahkan membuat pengikut Anda tertawa (terutama jika Anda senang menggunakan emoji). Bahkan penggunaan emoji sederhana pun bisa mengubah suasana dan emosi dari konten yang diunggah.

4. Gunakan Photo dan Video Albums dalam 1 Unggahan

Ya, anda bisa mengunggah beberapa foto dan video sekaligus dalam postingan anda. Anda dapat menambahkan hingga 10 foto dan video ke satu pos Instagram. Fitur ini memberi pengguna kesempatan untuk menggeser dan melihat setiap konten secara individual. 

Jangan lupa untuk memaksimalkan fitur Album ini. Fitur ini menawarkan kepada bisnis cara menggabungkan foto dan video untuk bercerita dan menyampaikan informasi dengan cara yang sangat menarik.

kata kata promosi instagram
Sumber gambar: freepik

5. Manfaatkan Instagram Story 

Instagram story nampaknya fitur yang tak boleh ketinggalan. Pasalnya keberadaannya yang selalu muncul di atas terkait berbagai aktivitas memiliki pengguna yang besar jumlahnya.

Bahkan melalui story, kita bisa mengetahui insight dari story yang telah kita buat. Data ini mampu mengumpulkan rata-rata 250 juta pengguna harian. 

Hal ini menjadi bukti bahwa bisnis harus bisa memanfaatkan Instagram Story untuk mempromosikan brand-nya. Instagram story bisa menjadi fitur yang sempurna bagi bisnis untuk mengasah kreatifitas dan menciptakan foto dan video yang menarik perhatian.

Nah sebagai tambahan, berikut beberapa tips yang bisa anda tambahkan untuk semakin membuat postingan yang mengandung caption promosi di Instagram yakni sebagai berikut:

  • Hindari konten yang memuat SARA dalam kata-kata promosi di Instagram. Pastikan kata-kata promosi anda bisa diterima setiap orang, tidak hanya untuk golongan tertentu saja meskipun pasar anda adalah untuk golongan tertentu.
  • Tetap profesional dalam menggunakan akun bisnis Instagram anda dengan tidak mengaitkan kehidupan pribadi anda dengan bisnis anda. Kecuali memang anda berusaha mengandalkan kisah inspiratif anda untuk para pembaca sehingga tertarik dengan produk anda.
  • Hindari singkatan kata, lakukan hal ini agar postingan anda lebih komunikatif dan mudah dipahami oleh calon konsumen anda. Sebagai tambahan pula, hindari typo. Cek berulang kali sebelum anda mempostingnya. Tentunya anda tidak ingin pembaca malah mengoreksi kata-kata promosi di Instagram anda bukan?
  • Gunakan bahasa yang umum sehingga dapat mudah dipahami oleh pengunjung. Ada yang juga mengatakan agar caption tulisan di Instagram tidak perlu terlalu banyak karena sudah pasti akan malas untuk dibaca.
  • Sesuaikan caption atau tulisan kata-kata promosi di Instagram sesuai dengan foto atau video yang anda akan unggah. Kesesuaian ini akan menambah engagement atau ketertarikan pengguna Instagram dengan akun anda.
  • Gunakan foto atau video yang menarik, tentunya karena di Instagram lebih mengutamakan foto dan video, maka itulah yang sebagai awal untuk anda tingkatkan terlebih dahulu. Hindari juga foto hasil mengunduh dari Google atau situs lainnya. Akan lebih baik jika anda menggunakan foto produk anda sendiri.
  • Pilihlah tema untuk kata-kata promosi di Instagram yang menarik. Bisa berupa motivasi, joke atau humor hingga kasus tertentu yang dapat dikaitkan dengan produk anda. Dengan demikian calon konsumen dapat mengingat produk anda.
  • Gunakan emoji. Anda bisa menggunakan tips ini karena memberikan gambaran emosi untuk caption atau kata-kata promosi di Instagram.
  • Gunakan hashtag yang sesuai dengan produk anda, jangan terlalu banyak karena malah akan mengurangi ruang untuk anda menuliskan kata-kata promotif anda.
  • Akhiri dengan kalimat tanya akan membuat hubungan anda dengan pembaca 

postingan anda lebih dekat. Seperti contohnya adalah “Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk mencobanya?” plus anda jangan ragu untuk menjawab tanggapan mereka dengan sebaik mungkin.

6. Bekerjasama dengan Influencer

Ini juga tak kalah penting untuk anda lakukan. Jika anda memiliki spare budget yang cukup, lakukanlah endorsement dengan para influencer.

Identifikasikan influencer di Instagram yang relevan sesuai dengan brand dan bisnis Anda, jangan asal menggunakan influencer. Jalin relasi hubungan. Beri mereka produk dan mintalah mereka untuk mereview produk anda.

Nah, bagaimana? Sangat mudah dipraktikkan bukan? 

Perlu anda ingat kunci dari keberhasilan bisnis yang paling utama adalah selalu konsisten dan telaten. 

Jika jatuh, anda tidak perlu menyerah jika satu atau dua kali promosi tetapi belum berhasil. Lakukan terus menerus, maka perlahan tapi pasti, bisnis anda akan mengalami kenaikan omzet yang tinggi.

Selamat mencoba salam sukses!

Related Posts

Serial Patehan – Jurus 6: Jaga Teras, Ruang Tunggu, dan Dapur

DARI REDAKSI Halo sobat Aksoro! Kali ini Aksoro kembali menyapa Anda lewat serial bonus eksklusif bagi pemilik buku “Kami Siap Tempur”. Ebook yang Anda baca merupakan lanjutan ebook series “24 Resep Bikin Hati Customer Lumer”. Kali ini, kami hadir dengan format...

5 Strategi Jitu Digital Marketing Indonesia

Digital marketing di Indonesia memiliki potensi yang sangat cerah. Hal ini seiring dengan terus tumbuhnya pengguna internet.  Per Januari 2020, populasi pengguna internet di Indonesia menurut We Are Social mencapai angka 175,4 juta orang. Angka ini meningkat 17%...

Menerapkan Content Marketing sebagai Digital Marketing Strategy

Sekarang ini, digital marketing sudah bukan lagi barang baru. Hampir semua brand dan perusahaan melakukannya. Oleh karena itu, penting untuk memiliki digital marketing strategy yang tepat untuk bisnis Anda.  Digital marketing adalah salah satu bagian dari...

General Info

Alamat

Jl. Pasir No.35, Patuk, Banyuraden, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55294

Whatsapp

+6285721004073

EMAIL

halo@aksoro.co.id

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *