Kupas Tuntas Apa Itu Pemasaran Lengkap Dengan Inspirasi Menu Kuliner Paling Laku di Tahun 2020

By

Apa yang anda pikirkan saat anda mendengar kata 2020? 

Ya tahun ini adalah tahun yang penuh kejutan, bukan? 

Terlebih dengan merebaknya wabah Covid-19 di Indonesia juga di dunia, menyebabkan banyak sekali perubahan di setiap lini sendi-sendi kehidupan kita. Tak dapat dipungkiri, nyatanya aktivitas masyarakat menjadi lebih terbatas ruang geraknya dari sebelumnya. 

Sebagai contoh, selama pandemi Covid-19 masih berlangsung, dihimbau kepada seluruh masyarakat yang tak ada kepentingan di luar rumah, dianjurkan untuk melakukan aktivitasnya secara remote  dengan di rumah saja.

Alhasil, selama kegiatan di rumah saja, banyak sekali orang yang menghabiskan waktu mereka dengan menatap layar smartphone maupun layar laptop mereka yang dilengkapi dengan internet.

How to download Zoom on your Mac and host meetings - Business Insider
Sumber gambar: business insider

Bahkan data dari IndiHome dan Biznet juga menunjukkan adanya tingkatan lonjakan lalu lintas (traffic) data dan pengguna baru sejak diberlakukan bekerja dari rumah (work from home) dan belajar dari rumah akibat wabah virus Covid – 19 yang semakin meluas.

Lonjakan trafik itu didominasi oleh bertambahnya pengguna aplikasi belajar online seperti Ruangguru, Paket Ilmupedia, dan Google Classroom yang meningkat lebih dari 5404 persen. 

Tak sampai disitu saja, terjadi pula peningkatan pengguna layanan aplikasi penunjang untuk bekerja dari rumah yakni layanan konferensi video seperti Zoom, Microsoft Teams, dan CloudX milik Telkomsel lebih dari 443 persen.

Wah angka yang fantastis bukan?

Nah, hal ini tentu saja sangat berbeda dengan keadaan di masa 20 tahun yang lalu . Tahukah anda? Nyatanya pada tahun 1990-an sekitar 20 tahun yang lalu, penduduk yang memiliki koneksi internet hanya sebesar kurang dari 1 (satu) persen. 

Sangat berbeda bukan dengan jumlah pengguna internet pada era ini? Dilansir menurut penelitian dari We Are Social dan Hootsuite, nyatanya lebih dari 4 milyar orang yang sudah melek dan menggunakan internet. Bahkan tingkat penetrasi internet saat ini sudah lebih dari  53%.

Asian man working project with woman at office place | Premium Photo
Sumber gambar: freepik

Nah jika anda memiliki bisnis, angka fantastis inilah yang bisa anda manfaatkan untuk melakukan pemasaran pada bisnis anda secara daring atau online terutama bisnis kuliner sebagai bisnis yang menduduki peringkat atas di hati masyarakat Indonesia.

Usaha kuliner khususnya makanan tidak akan ada habisnya untuk dibicarakan, karena

makanan merupakan kebutuhan primer bagi manusia.

Namun sebelum lebih lanjut, apakah anda tahu apa itu pemasaran? Apa fungsi pemasaran dalam bisnis yang anda lakukan?

Menjawab apa itu pemasaran, Kotler dan Amstrong menejelaskan, pemasaran ialah serangkaian proses yang dilakukan untuk menciptakan suatu nilai bagi para pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan mereka agar tercipta suatu nilai dari para pelanggan tersebut.

Nah, sehingga dalam kegiatan pemasaran, para pemasar atau pelaku bisnis harus pandai-pandai melihat peluang serta mengikuti struktur proses pemasaran karena kegiatan pemasaran tidak dilakukan dengan tidak terstruktur. 

Sumber gambar: freepik

Selain itu, setelah mengetahui apa itu pemasaran, nyatanya pemasaran memiliki manfaat bagi bisnis anda, hal ini karena pemasaran sendiri memiliki tujuan utama, tujuan tersebut antara lain:

  1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial;
  2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit;
  3. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan;
  4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar;
  5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing;
  6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.

Sehingga bagaimana cara untuk mencapai segala tujuan terebut? 

Nah untuk itu, dalam pemasaran ada yang disebut dengan strategi pemasaran yakni kiat-kiat untuk mencapai goals yang telah di set atau telah ditetapkan.

Strategi pemasaran sendiri merupakan strategi untuk melayani pasar atau segmen pasar yang dijadikan target oleh perusahaan. Kotler dan Armstrong (2014) mendefinisikan strategi pemasaran sebagai “the grand design to achieve an objective” yang juga menjelaskan bahwa strategi pemasaran merupakan rencana keseluruhan untuk mencapai tujuan.

Sumber gambar: Portal Moura Lacerda

Dalam memasarkan suatu produk atau jasa dalam sebuah perusahaan, diperlukan suatu pendekatan yang mudah dan fleksibel yang biasa disebut sebagai bauran pemasaran (marketing mix). Saat membahas apa itu pemasaran pasti akan selalu berkaitan dengan marketing mix.

Marketing mix atau yang diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi bauran pemasaran adalah suatu strategi penjualan atau promosi serta penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan untuk pasar yang dituju.

Beautiful smart asian young entrepreneur business woman owner of ...
 Sumber gambar: freepik

Kotler & Keller (2012: 25) mengklasifikasikan bauran pemasaran kedalam empat kelompok yang disebut 4P, yaitu product, price. place, and promotion. Berikut ini definisi dari 4P menurut Kotler & Armstrong (2011: 51) adalah sebagai berikut: 

1. Product
Produk adalah kombinasi dari produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada target pasar. Menurut Kotler dan Armstrong (2012:93) 

mengelola unsur produk termasuk perencanaan dan pengembangan produk atau jasa yang tepat untuk dipasarkan dengan mengubah produk atau jasa yang ada dengan menambah dan mengambil tindakan yang lain yang mempengaruhi bermacam-macam produk atau jasa. 

2. Price
Harga adalah jumlah uang yang harus dibayar oleh konsumen untuk mendapatkan produk atau jasa yang ditawarkan sebuah perusahaan. 

Harga menurut Stanton (2013) adalah suatu sistem manajemen perusahaan yang akan menentukan harga dasar yang tepat bagi produk atau jasa dan harus menentukan strategi yang menyangkut potongan harga, pembayaran ongkos angkut dan berbagai variabel yang bersangkutan. 

3. Place
Tempat berisi mengenai aktivitas yang dilakukan perusahaan agar produk yang ditawarkan dapat dengan mudah didapatkan oleh konsumen. 

Menurut Lamb (2012) distribusi/tempat yaitu memilih dan mengelola saluran perdagangan yang dipakai untuk menyalurkan produk atau jasa dan juga melayani pasar sasaran, serta mengembangkan sistem distribusi untuk pengiriman dan perniagaan produk secara fisik. 

4. Promotion
Menurut Kotler & Armstrong (2012: 76), promosi merupakan aktivitas yang menyampaikan manfaat produk dan membujuk pelanggan untuk membeli produk tersebut. 

Dengan komunikasi pemasaran maka aktivitas pemasaran berusaha untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk, dan / atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan. 

Sumber gambar: the mirror

Adanya ilmu pemasaran terlebih saat dipadukan dengan digitalisasi, tentunya akan sangat mempengaruhi sendi -sendi kehidupan dalam berbisnis, terutama industri F&B (food and beverages), yang mana sebagian besar populasi online ini sudah mulai mencari dan menemukan restoran secara online.

Video Tutorial: How to Create Realistic iPhone Mockups for Your ...
Sumber gambar: k w creative

Para pengguna internet yang banyak jumlahnya ini sangat gemar dan lihai dalam mencari menu, membandingkan harga, membaca ulasan (review) sebelum membeli atau order ke restoran atau food and beverages sellers baik secara offline maupun secara online dengan memesan makanan menggunakan layanan – layanan pesan antar dewasa ini.

Dengan digital marketing atau pemasaran secara digital yang melakukan segala aktivitas pemasarannya menggunakan perangkat elektronik / internet dengan beragam taktik pemasaran dan media digital yang memampukan Anda untuk dapat berkomunikasi dengan calon konsumen secara langsung berbasis online. 

Kunci untuk memulai usaha kuliner di era digital ini meski tak memiliki modal yang besar asal memiliki ketekunan, kreativitas, dan jiwa yang tidak mudah putus asa pasti akan menuai hasil yang memuaskan.

Eat Well: Food to nourish your immune system
Sumber gambar: nstimes

Sehingga saat memulai bisnis kuliner, tentu saja anda harus merencanakan dengan matang agar usaha anda mampu  berkembang dan menjadi usaha bisnis kuliner yang laris manis bahkan mungkin potensial untuk dijadikan franchise.

Digital marketing inilah yang memudahkan anda untuk menjangkau calon konsumen anda secara lebih luas dan mendalam.Digital marketing ialah proses guna mempromosikan atau mempersepsikan sebuah bisnis Anda secara online. 

Nah, setelah anda mengetahui dan mengupas tuntas mengenai apa itu pemasaran, kini saatnya membahas kira – kira kuliner apa saja yang bisa anda coba untuk menggeluti bisnis kuliner agar laris manis. 

Berikut inspirasi menu kuliner yang paling laku dipasarkan di tahun 2020:

1. Korean Garlic Cheese Bread 

Resep Korean Garlic Cheese Bread Yang Sedang Viral!
Sumber gambar: Femina

Setiap anda membuka sosial media, maka banyak bermunculan jajanan Korea dalam bentu bun bulat lezat ini. Korean garlic cheese bread ialah jenis roti isi yang dipadukan dengan cream cheese manis gurih dan saus bawang putih yang wangi. 

Roti isi ini sedang banyak digemari di Indonesia dan banyak yang menjualnya via online. Rasanya? Hmmm tak usah diragukan! 

Manis, asin, dan gurih dari perpaduan antara cream cheese dan melted butter yang dicampur dengan garlic, semua jadi satu kesatuan membentuk cita rasa yang menyenangkan bagi siapapun yang memakannya. Ukurannya cukup besar kurang lebih diameter 12 cm.

Di Indonesia sendiri, akhirnya banyak penjual yang menghadirkan Korean garlic cheese bread dengan tekstur roti yang bouncy, empuk, dan pas dengan rasa roti yang manis. Berbeda dengan tekstur garlic bread pada umumnya yang garing dan renyah. 

Nah berikut kami uraikan bahan-bahan dan cara membuat Korean garlic cheese bread!

Bahan – bahan Korean Garlic Cheese Bread:

Roti:

  • 250 ml susu cair hangat
  • 3 sdm parmesan bubuk
  • 30 g gula pasir
  • 8 g ragi instan
  • 400 g tepung terigu protein tinggi
  • 3 sdm susu bubuk
  • 2 butir telur ayam
  • ½ sdt garam
  • 100 g mentega tawar

Cream Cheese, Kocok Hingga Lembut:

  • 400 g cream cheese
  • 100 ml whipping cream
  • 60 g gula bubuk

Garlic Butter, Aduk Rata:

  • 400 g mentega asin, lelehkan
  • 8 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 2 sdt oregano bubuk

Cara Membuat Korean Garlic Cheese Bread:

  1. Roti: Pertama, aduk rata susu cair, gula pasir, dan ragi. Lalu diamkan hingga berbuih.
  2. Masukkan tepung terigu, susu bubuk, telur, garam, dan susu cair ke dalam mixing bowl, aduk hingga rata. Tambahkan mentega, uleni hingga kalis dan lembut.
  3. Tutup adonan dengan plastik wrap, diamkan hingga mengembang dua kali lipat (kurang lebih 45 – 60 menit).
  4. Kempiskan adoann, bagi adonan menjadi 8 bagian sama rata, lalu bulatkan.
  5. Susun adonan di atas loyang datar beralas baking paper, beri jarak 5 cm. Tutup dengan plastic wrap, diamkan kembali hingga mengembang dua kali lipat (30 menit) 
  6. Panggang dalam oven panas suhu 180 C hingga matang (15 – 20 menit). Keluarkan, biarkan dingin. Potong tidak sampai putus setiap roti menjadi 8 bagian.
  7. Cream cheese: Kocok semua bahan hingga lembut. Masukkan ke dalam plastik segitiga. Sisihkan.
  8. Garlic butter: Lelehkan mentega, diamkan hingga tidak panas. Tambahkan bawang putih, telur, dan oregano bubuk, aduk rata. Sisihkan.
  9. Ambil 1 buah roti, semprotkan cream cheese ke setiap sela-sela roti.
  10. Celupkan roti secara cepat ke dalam larutan garlic butter.
  11. Susun roti di atas loyang datar. Berikan taburan keju parmesan bubuk di atasnya. Panggang dalam oven panas suhu 180 C hingga kecokelatan (20 – 25 menit). Keluarkan, 
  12. Korean garlic cheese bread siap disajikan segera.

2. Cinnamon Roll Cream Cheese

Sumber gambar: martha stewart

Pernah mendengar Cinnamon roll ?

Mendengar namanya saja sudah terbayang betapa lezat dan lembutnya perpaduan roti dengan kayu manis yang lumer di lidah.

Cinnamon roll ialah roti gulung kayu manis berbentuk melingkar dengan taburan kayu manis bubuk di antara lingkarannya. Namun saat ini, cinnamon roll memiliki banyak variasi yang lezat dengan memadu padankan dengan cream cheese yang makin lumer di mulut. 

Tahukah anda? Nyatanya kudapan ini berasal dari Swedia. Di Swedia sendiri, cinnamon roll ada sejak perang dunia I tahun 1920-an. Uniknya, roti berbentuk gulungan ini dijadikan sebuah perayaan bertajuk National Cinnamon Bun Day yang  diselenggarakan setiap tanggal 4 oktober setiap tahunnya.

Kira- kira apa alasannya ya?

Ternyata karena banyak sekali yang menyukai kudapan manis ini baik saat kumpul dengan keluarga, kumpul dengan teman, maupun saat berbisnis, kudapan ini selalu hadir. Orang-orang Swedia merayakan perayaan pada tanggal 4 Oktober ini dengan menyebut hari itu adalah sebagai kanelbullens dag (hari cinnamon roll).

Bagaimana dengan rasanya? Bukankah di Indonesia umumnya kayu manis digunakan sebagai bumbu dalam sebuah hidangan?

Eits, jangan salah. Cinnamon roll memiliki cita rasa yang lezat dimana disetiap gulungannya terdapat kayu manis yang telah meleleh setelah matang. Makanan berbahan dasar tepung terigu, mentega, gula dan kayu manis ini memiliki rasa manis dengan aroma yang khas.

Nah selanjutnya, berikut kami uraikan bahan-bahan dan cara membuat cinnamon roll cream cheese yang enak dan laris untuk dipasarkan.

Bahan Adonan Roti:

  • 7 gr ragi instan
  • 200 ml susu cair
  • 60 gr gula pasir
  • 70 ml air hangat
  • 1/4 sdt ekstrak vanila
  • 1 butir telur ayam
  • 1 sdt garam
  • 50 gr unsalted butter
  • 600 gr tepung terigu
  • 50 gr melted butter (unsalted) untuk olesan
  • 200 gr kismis

Bahan Isi:

  • 70 gr unsalted butter
  • 120 gr brown sugar
  • 40 gr gula pasir
  • 1 1/2 sdt bubuk kayu manis

Bahan untuk Glaze:

  • 50 gr cream cheese
  • 1 sdm unsalted butter
  • 180 gr gula halus
  • 1/2 sdt ekstrak vanila
  • 4 sdm susu cair

Cara Membuat Cinnamon Roll Cream Cheese:

  1. Siapkan adonan basah: campur susu, butter, ekstrak vanila, air hangat, dan gula pasir. Panaskan di microwave selama 3 menit. Diamkan hingga hangat. Masukkan kocokan telur. Aduk rata.
  2. Siapkan adonan kering: campur tepung terigu dengan ragi, lalu tambahkan garam. Aduk rata.
  3. Campur adonan basah ke adonan kering. Aduk rata dengan spatula.
  4. Tutup adonan dengan kain lembab. Diamkan selama dua jam sampai mengembang dua kali lipat dan muncul gelembung udara di adonan.
  5. Campur semua bahan isi. Aduk rata.
  6. Adonan roti yang sudah mengembang, dipipihkan. Taburkan terigu di alas supaya tidak lengket. Pipihkan dengan ukuran sekitar 50 cm x 30 cm.
  7. Olesi permukaan adonan roti dengan butter. Taburi dengan campuran isi.
  8. Gulung adonan roti dengan ketat. Potong ujung gulungan supaya rapi. Lalu, potong menjadi sekitar 14 bagian.
  9. Susun di loyang. Tutup dengan kain lembab. Biarkan hingga ukurannya mengembang sekitar dua kali lipat.
  10. Panaskan oven. Olesi permukaan roti dengan melted butter. Panggang roti sekitar 25 menit.
  11. Campur semua bahan untuk glaze. Aduk rata.
  12. Roti yang sudah matang diolesi glaze di atasnya. Sajikan
  13. Cinnamon Roll Cream Cheese anda siap dikemas dan dipasarkan kepada konsumen anda!

3. Puding Susu Ala Gyu-Kaku Restoran BBQ Jepang Lezat Anti Gagal

Resep Puding Gyukaku | Panna Cotta | Puding Susu Lumer - YouTube
Sumber gambar: dapur kecil mungil youtube

Meski restoran BBQ ala Jepang ini fokus utamanya adalah pada menu grill dagingnya, namun ada salah satu hidangan makanan penutup yang sangat menggugah selera yang terkenal, yakni puding susu. 

Puding ala Gyu-Kaku sejenis dengan custard pudding Jepang yang disebut purein oleh masyarakat di Negeri Sakura.Teksturnya yang lembut dan rasanya yang milky terasa begitu lumer dan pas di mulut. Siapapun yang mencobanya pasti akan suka dan tak cukup untuk makan sekali saja.

Menariknya, teksturnya bukan seperti puding ala Amerika, purin lebih lembut. Menariknya Kudapan ini juga dilengkapi dengan saus karamel di atasnya. Cita rasa manis dan tekstur creamy membuat sajian ini menjadi dessert yang digemari di Jepang.

Nah selanjutnya, berikut kami uraikan bahan-bahan dan cara membuat puding susu ala Gyu-Kaku yang bisa anda coba dan pasarkan.

Bahan-Bahan:

  • 250 ml susu uht full cream
  • 250 ml whipped cream anchor
  • 4 sdm gula
  • 10 gram gelatin powder
  • 5 sdm air putih

Bahan Saus:

  • 10 sdm air putih
  • 10 sdm gula merah/ brown sugar

Langkah-langkah:

  1. Masukkan gelatin powder di air, masukinnya disebar-sebar di airnya biar ga gumpal, tunggu sampai mengembang kayak gel.
  2. Masukkan susu, whipped cream, dan gula di api sedang, aduk terus sampai gula larut. tidak usah tunggu mendidih ya. kalo udah larut matikan api lalu masukkan gelatin. aduk hingga larut.
  3. Saring larutan puding dengan saringan yang halus jaringannya biar ga ada sisa gelatin yang menggumpal.
  4. Masukkan di cetakan, tunggu sampai dingin baru masukin kulkas.
  5. Buat saus dengan didihkan air dan masukkan gula merah. aduk terus sampai larut sedikit lama tapi jangan sampai agak kental. matikan.
  6. Sajikan puding yang sudah dingin dengan saus gulanya. Puding susu anda siap dijual dan dipasarkan!

4. Custard Cream Bun

Caramelized Creme Brulee Buns | Tastemade
Sumber gambar: tastemade

Menyukai kudapan manis dan lembut? Mungkin custard cream bun solusi untuk lidah anda. Custard cream bun memiliki banyak penggemar di Indonesia, sehingga anda bisa menjadikan custard cream bun menjadi bisnis kuliner anda.

Nah selanjutnya, berikut kami uraikan bahan-bahan dan cara membuat custard cream bun yang bisa anda coba dan pasarkan.

Bahan krim custard sebagai vla isian:

  • 250 ml susu cair
  • 3 butir kuning telur
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdm mentega
  • 1 sdm tepung maizena

Bahan roti:

  • 300 gr tepung terigu
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt ragi instan
  • 1 sdm margarin
  • 100 ml susu
  • sejumput garam air hangat secukupnya

Cara Membuat:

Membuat krim vla

  1. Hangatkan susu, masukkan butter, aduk rata hingga meleleh. Angkat.
  2. Kocok kuning telur dan gula hingga larut. Masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu dan aduk rata. Tuang sedikit susu hangat agar telur tidak matang dan menggumpal, aduk rata. Tuang sisa susu yang ada, aduk rata.
  3. Saring adonan krim ke dalam panci. Panaskan sambil diaduk-aduk hingga mengental. Jika sudah mengental seperti vla, angkat. Tuang ke dalam wadah, dinginkan dan tutup wadah agar permukaan vla tidak mengeras.

Membuat roti bun 

  1. Larutkan ragi dan gula pasir dengan air hangat. Biarkan mengembang selama 10 menit. Tuang air ragi ke dalam tepung terigu yang sudah ditambah sejumput garam. Masukkan juga susu dan margarin. Aduk rata, uleni selama 5 menit. Tutup adonan agar mengembang selama 1 jam.
  2. Uleni lagi adonan yang sudah mengembang, bagi-bagi adonan dan isi dengan krim custard.
  3. Siapkan teflon, panaskan. Alasi kompor dengan loyang bekas agar panasnya tidak langsung menyentuh teflon. Panggang dengan api sangat kecil agar tidak gosong. Tutup teflon agar roti bisa mengembang. Jika sudah cukup mengembang, balik roti agar sisi satunya matang. Angkat.
  4. Custard cream bun tanpa oven siap dinikmati. Sangat cocok untuk bisnis kuliner anda.

5. Ayam Africa Ala Restoran Perancis

Malibu African Food - Picture of Malibu African Food, Paris ...
Sumber gambar: trip advisor

Orang-orang yang telah mampir atau tinggal di Paris, Perancis baru-baru ini sering sekali membahas di media sosial dan berbagi unggahan yang menyatakan bahwa mereka rindu dengan menu favorite di Restoran Malibu Perancis.

Akhirnya banyak masyarakat yang penasaran seperti apa Ayam Africa tersebut, sehingga anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk bisa membuat Ayam Africa Ala Restoran Perancis tersebut.

Langsung saja, berikut kami uraikan bahan-bahan dan cara membuat Ayam Afrika yang bisa anda coba buat dan pasarkan.

Bahan-bahan:

  • 1/2 kg paha atas bawah ayam
  • Marinase:
  • 1 sdm Garam, bawang putih, oregano, butter masing2
  • Soup jamur(saya beli cream soup instan merk sesuai selera)
  • Pisang tanduk, butter
  • Peruvian aji verde
  • Daun ketumbar kira2 5 batang dibuang batangnya diambil daunnya
  • 75 ml Mayonaise putih
  • 1 sdm jeruk lemon peras
  • 1 sdt himsalt
  • 2 jalapeno (paprika hijau boleh, cabai rawit hijau boleh)
  • Sambal bawang
  • 1 siung bawang putih
  • 10 cabai rawit merah
  • secukupnya Garam
  • Selada untuk lalap

Langkah-langkah:

  1. Marinasi ayam yang telah dicuci dengan bumbu marinase selama 15 menit. Masukkan oven panggang api atas 210′ selama 30 menit
  2. Campur cream soup bubuk dengan 500 ml air. Masak sampai mendidih angkat
  3. Karamelkan pisang tanduk dipotong sesuai selera dengan butter. Kemudian oven sampai matang atau goreng sampai matang
  4. Tumbuk/blender bahan sambal bawang dikasih sedikit air sisihkan
  5. Peruvian aji verde /sauce hijau
  6. Campur semua bahan blender atau gunakan food processor, sisihkan
  7. Tata semua dalam satu piring. 
  8. Ayam Africa pun siap dihidangkan. Ayam Africa siap dikemas dan dipasarkan.

Nah setelah mengetahui apa itu pemasaran dan berhasil membuat kudapan-kudapan lezat yang potensial untuk dijadikan bisnis, selanjutnya bagaimana cara mempromosikan bisnis kuliner ini?

Tenang, ada banyak strategi berbeda yang dapat menjadi bagian dari proses ini. Semua strategi ini dirancang untuk meningkatkan kesadaran brand dan secara konsisten mengembangkan bisnis Anda dari waktu ke waktu.

Ada beragam akses untuk para calon konsumen agar dapat melihat penawaran Anda, seperti Website, Blog, Media sosial (Instagram, Whatsapp, Line, dan lain sebagainya). Dari beberapa akses itulah calon konsumen ini akan mampu berkomunikasi kepada Anda.

APA ITU PEMASARAN
Sumber gambar: freepik

Lalu, apa sebenarnya ciri bahwa anda memang merupakan pebisnis yang handal yang sekaligus bisa menjadi digital marketers?

Digital marketers atau pemasar digital terbaik ialah pemasar yang memiliki gambaran yang jelas akan setiap kampanye digital marketing yang dia miliki mendukung tujuan penawarannya. 

Dengan bergantung pada tujuan strategi pemasaran mereka, digital marketer ini mampu membuat kampanye yang lebih besar melalui media gratis maupun berbayar yang dia miliki.

Lalu tahukan anda?

Sebagai pebisnis yang juga merangkap sebagai digital marketer, maka harus bertanggung jawab untuk meningkatkan brand (brand awareness) agar lebih diketahui calon pembeli dan mengumpulkan data customer (lead generation) melalui semua media gratis dan berbayar yang digunakan. 

Apa saja media yang bisa digunakan? Media ini termasuk media sosial, situs web Anda, Google, email, iklan, dan lain sebagainya.

APA ITU PEMASARAN
Sumber gambar: freepik

Kemudian kerap muncul sebuah pertanyaan, 

’’kira-kira, strategi apa saja yang cocok untuk digunakan dalam bisnis usaha kuliner secara online?’’

Simak dengan saksama, berikut kami berikan kumpulan ide dan strategi pemasaran bisnis kuliner yang paling laku di pasaran di tahun 2020 yang dapat Anda lakukan untuk menyusun rencana pemasaran yang efektif!

Ide dan Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner yang Paling Laku di Pasaran 2020

1. Lakukan Pemasaran di Media Sosial

Bukan rahasia lagi memang, generasi milenial memiliki lebih dari satu akun media sosial..Bahkan tak sedikit para milenial memiliki lebih dari satu akun instagram. Mereka menyebut akun ini sebagai second account untuk menunjukkan kehidupan asli mereka yang tidak ditunjukkan dalam first account dalam waktu yang bersamaan.

Para muda – mudi pengguna internet ini juga bisa membuka semua akun media sosial mereka secara bersamaan seperti, Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, Snapchat, dan lain sebagainya.

Bahkan dilansir dari Survei Firma konsultan Kantar, survei ini menyatakan pengguna WhatsApp terus tumbuh dari hari ke hari. Pada hari-hari awal pandemi,  penggunaan aplikasi tersebut secara global melonjak sampai 27% kemudian melonjak hingga 40%. 

Tak berhenti disitu, lonjakan ini juga dialami media sosial milik Facebook lainnya yakni Instagram. Dituturkan katadata dalam demografi yang sama, penggunaan Instagram juga melonjak lebih dari 40%. 

Menurut data yang dikeluarkan oleh Facebook, total pesan pada platform baik Instagram, Messenger, maupun WhatsApp naik lebih dari 50% pada Maret dibandingkan bulan lalu. 

Adapula Facebook juga menuturkan panggilan grup yang mencakup tiga atau lebih peserta naik lebih dari 1.000% sejak bulan Februari 2020.

Beautiful asian woman beauty vlogger recording makeup tutorial ...
Sumber gambar: freepik

Sosial media sekarang telah memiliki peran penting dalam strategi pemasaran bagi bisnis kecil maupun besar. Kini berbagi informasi kepada pengunjung atau follower bukan satu-satunya keuntungan menggunakan sosial media bagi sebuah bisnis.

Melihat data ini tentu bisa anda manfaatkan untuk memasarkan produk bisnis anda pada sosial media. Bahkan telah banyak UKM di seluruh dunia telah menemukan cara bagaimana sosial media dapat memberikan kontribusi kesuksesan dan perkembangan pada segala aspek.

Berikut manfaat yang bisa anda dapatkan saat melakukan pemasaran dan promosi bisnis dan produk anda di media sosial:

  •  Sebagai Media yang Mudah untuk Mencari Tahu Lebih Banyak Mengenai Pelanggan Anda

Mengenali seperti apa pelanggan anda adalah sesuatu yang sangat penting untuk anda lakukan. Hal ini karena merupakan salah satu kunci sukses bagi bisnis yakni dengan mengenal pelanggannya secara lebih dekat. 

Hebatnya, dewasa ini dengan banyaknya angka pengguna sosial media membuat proses untuk melakukan pengenalan menjadi lebih mudah dibandingkan dengan sebelumnya.

Professional beauty vlogger doing live broadcasting makeup ...
Sumber gambar: freepik

Bahkan semua sosial media kini memiliki sistem algoritma yang menyesuaikan dengan preferensi seseorang, sehingga produk yang anda pasarkan akan mengikuti algoritma tersebut yang secara otomatis akan disesuaikan dengan calon konsumen yang kemudian diarahkan kepada produk anda.

Bahkan hebatnya dengan sistem algoritma ini, kini Anda bisa mengetahui dengan terperinci mengenai siapa saja konsumen Anda, bahasa yang mereka gunakan, rentang usia, bahkan jenis kelamin dari sosial media.

Di era ini, informasi mengenai data pribadi. Itu mahal harganya, sehingga tentu saja informasi ini dapat membantu proses branding dan promosi kepada target konsumen yang tepat.

Anda bisa juga untuk memanfaatkan trend usia pengguna pada masing-masing sosial media, sebagai acuan Anda dalam memilih channel promosi. Dengan target konsumen yang tepat diharapkan memberikan keuntungan lebih dari investasi yang telah Anda lakukan.

  • Membantu Pencarian Target Konsumen Supaya Lebih Efektif

Pernah mendengar Geotargeting?

Sumber gambar: freepik

Geotargeting adalah layanan yang memungkinkan pengiklan dan pemasar menargetkan pengguna menurut lokasi secara berurutan untuk menyampaikan lebih banyak konten atau iklan yang relevan.

Tentu saja, geotargetting  merupakan langkah yang efektif bila Anda ingin mengirimkan pesan kepada target konsumen secara spesifik berdasarkan lokasi mereka.

Sebut saja sosial media seperti Facebook dan Twitter, platform-platform ini memiliki perangkat pendukung yang dapat membantu Anda untuk menyajikan informasi yang sesuai bagi konsumen dengan lebih mudah.

Is China Finally Coming Around to Chinese Supermodels? | Jing Daily
Sumber gambar: jing daily

Sebagai contoh jika misalkan anda memiliki bisnis online shop jual pakaian wanita dan ingin melakukan promosi melalui facebook, twitter, atau instagram, maka pada bagian caption, postingan foto Anda bisa dilengkapi dengan fitur location atau #hashtag. Misal contohnya seperti:

#OOTD #BajuCasualBandung #KulinerBandung

Saat memanfaatkan fitur location dan #hashtag untuk memasarkan bisnis Anda, maka bisnis anda akan dengan lebih mudah ditemukan dan lebih tertarget. Dengan demikian, audiens yang ingin membeli produk tersebut bisa tertarik dan memiliki kemungkinan untuk menjadi konsumen anda kelak.

  • Dapat Membantu Anda untuk Menemukan Calon Konsumen Baru serta Memperluas Target Pasar

Tak dipungkiri, nyatanya kiprah sosial media seperti Instagram telah membantu jutaan bisnis kecil di dunia untuk membentuk target pasar serta mampu menemukan konsumen dan mencari konsumen yang potensial yang diharapkan di masa depan akan terjadi pembelian dan retensi pembelian.

Work Images | Free Vectors, Photos & PSD
Sumber gambar: freepik

Target pasar sendiri adalah suatu kelompok konsumen yang menjadi sasaran pendekatan perusahaan untuk membeli produk yang dijual. Singkatnya target pasar adalah kelompok yang akan dilayani sebagai konsumen. 

Tahukah anda?

Jika mungkin Anda ingin mencari konsumen dengan lokasi yang berdekatan dengan Anda, pencarian berdasarkan lokasi terdekat bisa dilakukan dengan Instagram. Selanjutnya Anda akan menemukan calon konsumen yang bisa dihubungi sehubungan dengan promosi bisnis Anda.

Anda bisa memakai fitur location supaya mudah ditemukan oleh calon konsumen anda yang mungkin berlokasi dekat dengan lokasi bisnis Anda.

Lalu untuk mencari konsumen, seperti sebelumnya Anda bisa memanfaatkan #hashtags yang terkait dengan bisnis anda, kemudian gunakan untuk menemukan calon konsumen yang sesuai.

Follow, like, atau comment postingan mereka agar mereka bisa tahu mengenai produk atau brand Anda. Sehingga, dimanapun Anda berada, baik di dalam negeri atau di luar negeri, yang terpenting selama Anda dan calon konsumen memanfaatkan sosial media yang sama, maka kedua pihak dapat tetap bertemu dan melakukan transaksi.

  •  Memudahkan dalam Memberikan Masukan Secara Langsung dari Konsumen Langsung Kepada Anda

Tentu saja, sosial media yang digunakan dalam bisnis memberikan akses langsung kepada anda. Baik itu masukan atau feedback positif maupun yang negatif dari konsumen, yang merupakan informasi berharga dari sudut pandang konsumen.

Review Images | Free Vectors, Photos & PSD
Sumber gambar: freepik

Bahkan jika suatu sosial media telah diatur untuk menjadi akun bisnis, maka anda dapat melihat impression akun anda, berapa orang yang tertarik dengan produk anda, navigasi, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, jika Anda mengeluarkan sebuah produk baru dan anda bagikan melalui sosial media, maka secara instan Anda bisa langsung mengetahui pendapat konsumen.

Cara lain untuk mengetahui perspektif konsumen adalah dengan mempelajari bagaimana cara mereka menggunakan produk Anda. 

Dengan adanya Fanpage pada Facebook misalnya, konsumen anda bisa secara langsung memberikan saran, kritik, maupun pertanyaan pada kolom komentar yang tersedia atau mengirim pesan mengenai produk atau layanan yang Anda tawarkan.

  •  Memperluas Target Pasar dan Menjadi Lebih Maju dari Kompetitor Lainnya

Ini salah satu manfaat lainnya dari menggunakan sosial media dalam berbisnis. Melalui sosial media, Anda bisa mendapatkan informasi penting dari kompetitor, yang kemudian dapat meningkatkan strategi pemasaran Anda.

Sumber gambar: freepik

Sehingga untuk melihat apa yang dilakukan oleh kompetitor bisnis, kini menjadi lebih mudah dan dapat dilakukan dengan cepat melalui media sosial. Anda cukup perlu menilik sejenak ke akun media sosial kompetitor (stalking), kemudian anda akan mendapatkan informasi mengenai cara promosi, penawaran, serta inovasi baru yang dilakukan. 

Asian online seller works at home talking to customer on the phone ...
Sumber gambar: freepik

Maka, adanya akses yang memudahkan ini justru akan melatih Anda untuk semakin jeli dalam membuka peluang dengan menghadirkan inovasi yang tidak kalah dengan kompetitor Anda. Salah satunya adalah dengan kecepatan penyediaan barang.

Dengan cara ini, Anda bisa menganalisa teknik apa saja yang digunakan oleh kompetitor dan melakukan hal yang lebih baik dari yang mereka lakukan. Anda juga bisa melakukan analisis SWOT dari akun kompetitor anda.

Anda bisa melihat kelebihan juga kekurangan kompetitor. 

Bagaimana caranya?

Pertama anda harus mencari kompetitor head to head dalam industri bisnis Anda, kemudian perhatikan teknik apa saja yang mereka gunakan. Anda juga bisa melihat siapa saja follower kompetitor Anda, perhatikan apa yang mereka posting dan apa yang mereka sukai.

Dengan demikian Anda bisa memulai untuk mengembangkan konten yang relevan dengan target audiens Anda.

  •  Membantu Meningkatkan Traffic dari Kunjungan ke Website serta Ranking Search Engine

Salah satu keuntungan terbesar dari penggunaan sosial media bagi bisnis yakni meningkatkan jumlah pengunjung website. 

Namun tidak hanya kunjungan yang bisa Anda dapatkan. Jika informasi yang mereka temukan pada website Anda bermanfaat, mereka akan melakukan ‘share’ atau tindakan persuasif di sosial media.

Atau anda bisa menggunakan Search Engine Optimization atau SEO yang merupakan upaya untuk mengoptimasi website guna mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian.

  • Dengan Sosial Media Anda Bisa Memberikan Informasi Lebih Cepat dengan Cepat dan Selalu Up To Date

Di era ini dengan adanya kekuatan sosial media, segala bentuk penyampaian informasi kepada konsumen menjadi lebih mudah dan cepat.

Saat Anda menggunakan sosial media untuk bisnis, khususnya untuk memberikan informasi mengenai bisnis Anda, anda cukup mempromosikannya lewat story di instagram, atau melalui posting produk di facebook, atau membuat thread melalui sebuah tweet di twitter.

Adapun anda juga cukup klik tombol ‘share’ pada setiap sosial media yang digunakan, maka produk bisnis anda bahkan bisa saling di share di berbagai platform media sosial.

APA ITU PEMASARAN
\Sumber gambar: techora

Ingat, pastikan bahwa informasi yang Anda bagikan sesuai dengan minat target konsumen Anda.

Intinya segala apapun yang Anda unggah dan posting di sosial media maka akan langsung muncul di timeline follower Anda, sehingga bisa langsung menghasilkan traffic ke website bahkan penjualan anda.

Hal ini tentunya akan semakin efektif jika akun sosial media Anda memiliki follower yang cukup banyak. Jira dirasa masih baru, Anda bisa mempertimbangkan untuk mencoba menggunakan jasa influencer.

  • Membantu Konsumen Untuk Menjangkau Bisnis Anda

Tak dipungkiri, sosial media merupakan jaringan sosial tanpa batas, sehingga dengan sosial media bisnis anda mampu menjangkau siapapun melewati batas-batas wilayah dan negara sekalipun. 

Kini pengguna smartphone semakin meningkat bersamaan juga dengan akses ke sosial media, alasannya sederhana yakni karena lebih praktis. Begitu pula dengan pencarian produk atau brand, kini konsumen selalu berusaha mencari informasi sebuah brand di sosial media.

Hal ini biasanya dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli atau menggunakan suatu produk.

Tindakan konsumen saat melakukan hal ini guna untuk mencari tahu reputasi brand Anda di sosial media, seperti berapa banyak follower, seperti apa komentar konsumen lain terkait testimoni produk yang anda tawarkan, informasi produk terbaru dan hal – hal lainnya.

Endorse Melalui Selebgram dan Influencer Sangat Efektif
Sumber gambar: freepik

Selain untuk melihat reputasi, konsumen juga menggunakan sosial media untuk mengukur seberapa terpercayanya brand Anda.

  •  Meningkatkan Brand Awareness serta Promosi dengan Biaya yang Minim Hingga 0 Rupiah

Pemasaran menggunakan sosial media seperti yang sudah dibahas sebelumnya tentu dapat membantu bisnis Anda untuk meningkatkan brand awareness dengan biaya yang bisa dibilang hampir tidak ada. Biaya yang sangat diperlukan untuk hal ini adalah waktu.

Nyatanya dengan membangun brand dengan sosial media setidaknya membutuhkan tenaga, proses dan waktu yang tidak singkat.

Namun, meskipun tanpa biaya hingga 0 Rupiah, yang dimaksud disini ialah ketika Anda benar-benar melakukan promosi di sosial media tanpa menggunakan paid advertising.

Hal ini nyatanya sangat mungkin untuk dicoba dan dilakukan. 

Hasilnya?

Jangan salah, nyatanya output yang dihasilkan bisa jauh lebih baik daripada mengandalkan paid advertising!

Namun perlu dicatat dan diingat, untuk menjadikan akun Anda menarik, anda membutuhkan konten yang menarik dan berkualitas pula. Artinya jika Anda memposting foto, Anda membutuhkan foto dengan kualitas baik untuk bisa menarik perhatian calon konsumen. Jika perlu anda menyusun feed agar rapih dan nyaman dipandang mata.

APA ITU PEMASARAN
Sumber gambar: freepik

Nyatanya Menurut studi di Expert Market,  sebesar 71% konsumen mengatakan mengikuti sosial media untuk info promo/diskon dan 66% lainnya mengaku untuk mendapatkan update produk terbaru.

Selanjutnya nyatanya online review yang bisa dijumpai contohnya dari review konsumen masih memegang peran penting dalam penjualan. Dengan 61% konsumen yang mengaku bahwa review atau testimoni di sebuah website sangat mempengaruhi keputusan berbelanja mereka.

Meskipun promosi bisnis melalui sosial media membutuhkan waktu dan proses yang tidak bisa dibilang cepat dan mudah, tapi yakinlah kalau hal ini dilakukan dengan tepat hasil yang didapat akan sesuai bahkan bisa lebih dari harapan anda.

Lalu bagaimana cara agar promosi yang dilakukan di media sosial bisa optimal?

Berikut cara-caranya! Jangan lupa dicatat ya!

  • Mengidentifikasi Jenis Konten yang Paling Menarik Perhatian Pengguna Instagram. 
  • Menemukan Influencer yang Tepat untuk Produk dan Layanan Jasa Kita. 
  • Memilih Ruang Lingkup yang Tepat. 
  • Menggunakan Hashtag yang Tepat dan Menarik.
  • Mendengarkan, Menganalisis dan Mengoptimalkan!

2. Cobalah Daftarkan Usaha Kuliner Anda pada Platform Layanan Pencarian Restoran

Dewasa ini menggunakan aplikasi layanan antar seperti Gofood atau Grabfood terbukti mampu menjadi katalog bagi banyak usaha bisnis kuliner di Indonesia dan bisa dipesan dan diantarkan langsung saat itu juga.

FAQ | Gojek Indonesia
Sumber gambar: gojek

Atau anda juga bisa memanfaatkan situs serta aplikasi pencarian dan penemuan restoran dan portal ulasan online seperti Zomato yang digunakan secara luas oleh para penikmat kuliner untuk mencari dan menemukan restoran-restoran dengan review dan bintang di dalamnya. 

Selain layanan pencarian atau direktori restoran, ternyata ada juga platform – platform yang berfokus pada layanan pemesanan restoran serta platform yang mengumpulkan ulasan – ulasan online dari para penikmat kuliner.

Sehingga, dengan anda mendaftarkan usaha Anda pada aplikasi – aplikasi tersebut, usaha bisnis kuliner Anda akan muncul pada daftar pencarian dan dapat menjadi lebih dikenal masyarakat yang tadinya tidak mengetahui brand Anda sebelumnya.

Tidak hanya itu, pelanggan Anda juga dapat membayar biaya pengantaran yang lebih murah menggunakan promo-promo dari Grabfood Gofood. Anda juga bisa ikut memberikan promo-promo bagi pelanggan usaha bisnis Anda.

3. Manfaatkan SEO untuk Menjangkau Pelanggan

SEO yakni Search Engine Optimization merupakan sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat visibilitas sebuah situs atau halaman web dari hasil pencarian tak berbayar atau organik dari sebuah search engine. 

Why You Shouldn't Worry About Wearing Hijab to Job Interviews | Mvslim
Sumber gambar: mvslim

Dengan kata lain, SEO ini melakukan tugasnya berupa memproses aktivitas tertentu terhadap situs web atau halaman web agar ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web atau halaman web Anda.

Maka secara otomatis, situs web atau halaman bisnis Anda tersebut akan tampil di halaman awal dari daftar hasil pencarian keyword tersebut.

Tak diragukan lagi, SEO jelas menjadi salah satu strategi pemasaran yang layak dipertimbangkan untuk bisnis Anda. 

Bakery | Free Vectors, Stock Photos & PSD
Sumber gambar: freepik

Kata kunci atau keyword seperti ‘cake near me’ memiliki jutaan jumlah penelusuran bulanan di Google. Namun Anda bisa menanamkan SEO keyword tersebut di situs Anda dan dapat muncul pada halaman-halaman awal. Akan ada banyak sekali orang yang menjadi mengenali usaha Anda.

Pastikan juga menu bisnis kuliner Anda tertera pada halaman khusus jelas pada laman website. Pada halaman tersebut, Anda dapat mendeskripsikan menu tersebut, bahan-bahannya, dan lainnya.

Tak sampai di situ, ada banyak hal lainnya yang dapat Anda lakukan untuk menaikkan SEO untuk situs Anda seperti dengan menulis konten secara teratur dan menerbitkan konten yang menarik dan memasukkannya pada situs Anda.

 4. Bangun Feedback Atau Review yang Baik dan Jangan Hindari Review Buruk

Menerima Feedback buruk?

Tak perlu down atau menghapusnya. Tak apa-apa. Hal ini bisa menjadi pelajaran bagi usaha anda untuk lebih baik kedepannya.

Ya, tak jarang memang, bagi pelanggan untuk mengutarakan pengalaman buruk mereka akan sebuah kuliner. Namun, jangan biarkan beberapa ulasan buruk melemahkan reputasi usaha Anda.

APA ITU PEMASARAN
Sumber gambar: freepik

Sebaliknya, ulasan – ulasan atau review serta penilaian buruk ini justru membutuhkan respons publik yang sopan dan cepat. 

Anda bisa mencoba untuk mengatakan terima kasih pada pelanggan tersebut karena telah mengunjungi restoran Anda, sampaikan bahwa Anda akan memperbaiki layanan Anda, dan jika ada masalah yang cukup besar, tawarkanlah kupon gratis atau potongan harga bagi pelanggan tersebut.

 5. Pasang Iklan di Facebook dan Google

Ya, salah satu media yang dapat dijadikan sebagai media beriklan bisnis kamu adalah facebook ads juga Google ads. Platform ini memberikan fasilitas menarik dibandingkan media lainnya dalam periklanan online. 

Mengapa? Sebab dalam platform ads ini akan banyak orang yang dapat menemui iklan anda. Ditambah lagi, selain itu platform ads ini merupakan salah satu platform yang sudah lama digunakan dan dapat dijangkau oleh orang – orang di seluruh dunia. 

Iklankan usaha bisnis Anda secara online karena dapat memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens yang sangat spesifik menggunakan Facebook dan Google Ads. Bahkan, anda dapat menyaring (filter) audiens Anda secara fokus berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, dan lainnya.

Terlebih lagi, dengan pemasangan iklan menggunakan Google, Anda bahkan dapat menentukan peringkat untuk kata kunci yang mengandung nama pesaing Anda.

Menggunakan platform ads untuk beriklan ini memang membutuhkan biaya, tetapi jika dilakukan dengan benar maka bisa menjadi salah satu strategi pemasaran yang cukup efektif karena bisa menggaet jutaan calon konsumen tak hanya di Indonesia namun juga mancanegara.

6. Kirimkan E-mail Newsletter

Selanjutnya, anda bisa mencoba untuk mengirimkan e-mail kepada pelanggan Anda sebagai bentuk dari rutinitas promosi restoran reguler Anda. 

Dapatkanlah alamat e-mail dari pelanggan-pelanggan Anda melalui reservasi atau melalui cara lainnya dan kirimkan e-mail newsletter secara rutin terkait promo-promo yang akan anda berikan.

Namun perlu digaris bawahi, jangan terlalu sering sebab hal ini akan mengganggu pelanggan anda. 

Sekian penjelasan lengkap mengenai apa itu pemasaran lengkap dengan inspirasi ide menu yang paling laris dipasarkan di tahun 2020. 

Selamat mencoba dan salam sukses!

Related Posts

Serial Patehan – Jurus 6: Jaga Teras, Ruang Tunggu, dan Dapur

DARI REDAKSI Halo sobat Aksoro! Kali ini Aksoro kembali menyapa Anda lewat serial bonus eksklusif bagi pemilik buku “Kami Siap Tempur”. Ebook yang Anda baca merupakan lanjutan ebook series “24 Resep Bikin Hati Customer Lumer”. Kali ini, kami hadir dengan format...

5 Strategi Jitu Digital Marketing Indonesia

Digital marketing di Indonesia memiliki potensi yang sangat cerah. Hal ini seiring dengan terus tumbuhnya pengguna internet.  Per Januari 2020, populasi pengguna internet di Indonesia menurut We Are Social mencapai angka 175,4 juta orang. Angka ini meningkat 17%...

Menerapkan Content Marketing sebagai Digital Marketing Strategy

Sekarang ini, digital marketing sudah bukan lagi barang baru. Hampir semua brand dan perusahaan melakukannya. Oleh karena itu, penting untuk memiliki digital marketing strategy yang tepat untuk bisnis Anda.  Digital marketing adalah salah satu bagian dari...

General Info

Alamat

Jl. Pasir No.35, Patuk, Banyuraden, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55294

Whatsapp

+6285721004073

EMAIL

halo@aksoro.co.id

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *