Terlengkap! Puluhan Cara Promosi Produk, Dijamin Ampuh Untuk Meningkatkan Omzet Anda

By
August 08, 2020

Berbisnis merupakan peluang terbesar untuk mendapat keuntungan atau ‘cuan’ yang berlimpah. Tak dipungkiri memang, banyak sekali orang yang memiliki harapan untuk memiliki bisnisnya sendiri.

Dalam menjalankan bisnis, selain penting untuk mengetahui jenis produk apa yang hendak Anda pasarkan, penting adanya bagi Anda untuk melakukan promosi untuk membantu bisnis Anda.

Promosi sendiri merupakan sebuah usaha untuk menginformasikan dan mempengaruhi target konsumen agar nantinya tertarik untuk melakukan pembelian.  

Lalu bagaimana cara promosi produk yang efektif dan tepat sasaran? Ya, seperti kita ketahui, untuk menghasilkan penjualan yang besar maka promosi yang dilakukan harus efektif dan tepat sasaran.

Efektif artinya kita memilih cara promosi yang baik, sedangkan tepat sasaran adalah mempromosikan kepada target market yang tepat. Mengapa kedua ini penting, karena seringkali kita salah dalam melakukannya. Misalnya kita memilih cara promosi produk yang efektif, tapi salah memilih target market sehingga hasilnya tidak maksimal.

cara promosi produk
Sumber gambar: Freepik

Untuk mendapatkan promosi yang efektif yang mendatangkan penjualan, maka ada syarat – syarat yang harus Anda perhatikan dan penuhi.

Setidaknya ada 3 syarat yang perlu dipenuhi jika Anda ingin cara promosi produk ini efektif mendatangkan penjualan.

Tiga Promosi Produk yang Efektif Mendatangkan Penjualan Antara Lain: 

  • Menjangkau sasaran yang tepat
  • Penawaran harus menarik
  • Kemudahan dalam bertransaksi.

1. Menjangkau Sasaran yang Tepat

Agar promosi produk Anda efektif  dan tepat sasaran, mendatangkan penjualan, maka syarat pertama yang harus Anda penuhi adalah pastikan Anda menjangkau sasaran yang tepat. Anda bisa melakukan analisis target pasar agar sasaran pasar Anda tepat.

cara promosi produk
Sumber gambar: Freepik

2. Penawaran Harus Menarik

Agar bisa penawaran dan promosi Anda efektif mendatangkan penjualan, promosi produk ke sasaran yang tepat saja tidak cukup. Anda juga harus memberikan penawaran yang menarik untuk target market Anda. Penawaran yang tidak hanya menarik tapi juga tidak bisa mereka tolak. 

‘’Pokok yang Paling Penting dalam Bisnis Bukan Kantor, Bukan Mr. Hi Tech, Bahkan Bukan Produk atau Jasa, Melainkan PENAWARAN. Bisnis belum ada sebelum ada PENAWARAN.’’

– Mark Joyner

3. Kemudahan dalam Bertransaksi

Sumber gambar: Freepik

Cara terakhir supaya efektif mendatangkan penjualan adalah dengan memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Anda sebaiknya memiliki berbagai cara transaksi.

Contoh yang paling sering terjadi adalah tentang masalah rekening bank. Anda sebagai penjual jika hanya punya 1 rekening bank. Sedangkan calon pembeli Anda bank-nya berbeda dengan bank yang Anda pakai. Biarpun kalau transfer hanya akan memotong saldo sekitar Rp6.500 banyak yang tidak mau melakukannya. Sehingga transaksinya batal gara-gara beda bank. 

Maka anda harus memberikan sarana kemudahan transaksi, misalkan bayar di minimarket bisa. Lewat kartu kredit bisa bahkan lewat dompet digital (eWallet) juga bisa. Kemudahan bertransaksi seperti ini akan meningkatkan peluang terjadinya penjualan dari promosi yang Anda lakukan.

Itulah 3 syarat yang harus dipenuhi kalau Anda ingin cara promosi produk Anda efektif mendatangkan penjualan. 

Cara Membuat Penawaran yang Menarik

Lalu bagaimanakah supaya penawaran dari promosi produk yang Anda jual bisa menarik? Nyatanya ada banyak sekali cara untuk membuat penawaran yang menarik.  Berikut ulasan dan penjelasannya.

cara promosi produk
Sumber gambar: Freepik

1. Memberikan Diskon atau Potongan Harga

Harga masih menjadi faktor utama bagi konsumen ketika melakukan transaksi pembelian. Oleh karena itu, cara promosi produk dengan potongan harga selalu ditunggu.

Diskon atau dahulu dikenal sebagai rabat yang artinya adalah potongan harga. Seorang konsumen dapat membeli suatu produk barang atau jasa dengan harga yang lebih murah dari harga yang sebenarnya karena harganya sudah dipotong.

Beautiful asian woman holding colored shopping bags | Free Photo
Sumber gambar: Freepik

Nah, jika Anda  memiliki toko online Anda sendiri, tentu Anda bisa menyelenggarakan promo potongan harga atau diskon ini kapan saja. Jenis diskon juga tak hanya satu, melainkan sangat bermacam – macam. Berikut ulasan mengenai jenis – jenis diskon yang bisa Anda coba terapkan.

  • Diskon / Potongan Harga / Price Markdown

Ya, ini adalah salah satu jenis promosi yang paling sering digunakan oleh para pelaku bisnis.

Saking banyaknya pebisnis yang melakukan diskon, sampai-sampai menjatuhkan ‘nilai’ dari diskon tersebut.

Namun dalam melakukan promosi ini yang perlu diingat dan digaris bawahi,  adalah Anda harus mampu menyiasati agar promosi potongan harga ini memberikan efek ‘WAH’ bagi target pasar, namun tidak memotong profit terlalu besar.

Beberapa caranya antara lain:

a. Harga -1 (minus satu)

Pernah liat harga suatu produk itu terkesan ‘nanggung’ seperti Rp 49,999,-? Ya ini merupakan trik psikologi dalam beriklan.

Menurut Manoj Thomas dan Vicki Morwitz, ketika ada harga seperti “$ 2.99”, maka otak kita melihat harga tersebut sebagai “$ 2”, bukan “$ 3”.

Beautiful excited woman looking at camera against colored surface ...
Sumber gambar: Freepik

Psychological pricing pertama ini bisa Anda gabungkan dengan promosi diskon.

Sebagai contoh:

Harga awal Rp 100,000,- Harga DISKON Rp 89,999,-


apa guna cara promosi dengan cara ini?

Nyatanya selain terlihat lebih murah, hal ini dapat mengurangi rasa “Sakitnya Membayar”

Ada tipe orang yang membeli barang mahal yang diinginkan merasa puas dan menganggap tidak masalah mengeluarkan uang sekaligus untuk membayar barang tersebut, lalu ada tipe orang yang merasa sangat ‘kesakitan’ setelah membeli barang mahal.

Tahukah Anda, rasa sakit itu muncul dari dua faktor:

  • Proses pembayaran (misalnya, kita merasa lebih sakit jika kita melihat uang meninggalkan tangan kita)
  • Waktu pembayaran (misalnya, kita merasa lebih sakit jika kita membayar setelah kita konsumsi)

b. Harga Pembulatan

Cara promosi produk selanjutnya adalah melakukan harga pembulatan. Sekarang, apakah Anda pernah melihat harga yang terkesan ‘berantakan’ seperti Rp 1,633,367,-?

Yang dibuat menjadi diskon Rp 1,600,000,-?

Masih berbicara seputar psychological pricing, cuma kali ini agak berbeda dari sebelumnya.

Menurut Monica Wadhwa dan Kuangjie Zhang, menggunakan angka pembulatan pada produk yang Anda jual itu bersifat emosional.

cara promosi produk
Sumber gambar: Freepik

c. Diskon di Waktu Atau Occasion yang Benar – Benar Spesial

Agar nilai diskon itu tak jatuh, khususnya untuk bisnis Anda, maka adakan diskon hanya pada waktu yang benar-benar spesial (baca: benar – benar spesial).

Tips: Berikan diskon dalam waktu yang relatif jarang, tapi bernilai besar.

Misal diskon 70% saat Hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus.

d. Diskon Untuk Target Pasar Tertentu

Sebut aja seperti diskon khusus pelajar termasuk mahasiswa. Atau bagi pemegang kartu ATM tertentu.

Diskon ini disesuaikan dengan produk yang ditawarkan atau kolaborasi dengan pebisnis lain.

Contoh: Khusus hari ini!!! Ada diskon spesial 50 % untuk pelajar dan mahasiswa!

Spesial Idul Adha, ada diskon besar untuk pelajar grill 50% all you can eat di Bongi Grill!

Examining | Free Vectors, Stock Photos & PSD
Sumber gambar: Freepik

Pelajar dan Mahasiswa yang masih ngekos akan sangat senang dan merasa diuntungkan dengan adanya diskon makanan. 

Karena mereka ini belum memiliki penghasilan tetap sehingga mereka cenderung mencari makanan yang harganya pas dikantongnya. 

Ada lagi contoh kalimat promosi yang bisa anda coba, seperti:

  • Makan ramai ramai bayar pake Link aja minimum 30.000, Gratis 2 porsi ayam
  • Rame rame pesan 5 porsi bakso dengan order online Gratis 10 pangsit
  • Student special promo, gratis 1 regal latte dengan menunjukkan kartu pelajar kamu!
  • Khusus pelajar buktikan identitas diri dan dapatkan dimsum dan sushi gratis 2 porsi selama bulan Mei!
  • Happy Hour, Student promo Senin sampai Jumat! Burger Queen bisa kamu dapatkan dengan harga 10.000/piece
  • Dapatkan free 1 porsi makan ayam geprek setelah membeli 2 porsi ayam geprek
  • Setiap Hari minggu dapatkan Diskon Donut 50% untuk 10 pemesanan pertama
  • Tunjukan kartu pelajar jam selama happy hour,  Makan minum di yamie cukup bayar 15.000 saja!
  • Now open! Diskon 40% untuk pembelian pertama!

 2. Press Release

Writing Images | Free Vectors, Stock Photos & PSD
Sumber gambar: Freepik

Cara promosi produk yang pertama adalah dengan press release. 

Cara ini sudah terbukti dan banyak sekali dilakukan oleh banyak pihak untuk memperkenalkan produk atau pelayanannya kepada masyarakat oleh melalui media. Media mendapatkan konten berita yang layak dibaca, sedangkan perusahaan mendapatkan pemberitaan secara gratis. Jadi antara perusahaan dan media sama-sama untung. 

Lalu bagaimana agar press release kemungkinan besar diterima?

Agar press release Anda bisa memiliki chance yang besar untuk diterima oleh media massa. Lakukan cara berikut ini step by step karena ini sudah pasti bisa Anda praktekkan. Caranya adalah sebagai berikut: 

a. Buat Press Release yang Layak Naik Konten

Nah sebelum Anda mengirim press release ke media massa, pastikan bahwa konten Anda layak untuk menjadi sebuah berita. 

Tulislah konten Anda layaknya seperti jurnalis, bukan seperti iklan. Kalau Anda tidak bisa membuatnya, Anda bisa menyewa jasa pembuatan press release.

b. Kirim Kepada Lebih dari 1 Media Massa Atau Media Online

Sumber gambar: AGS

Kira – kira apa tujuannya?

Ya,  tujuannya adalah jika 1 menolak, maka masih ada yang lain. Untuk mengirim press release ini Anda bisa menggunakan email. Anda bisa mencari alamat email redaksi dari setiap media massa. Beberapa diantaranya yang bisa Anda kirimi email antara lain: 

  • redaksi@tribunnews.com
  • hotline@kompas.id
  • redaksi@detik.com
  • redaksi.micom@mediaindonesia.com
  • redaksi@marketeers.com
  • redaksi.sindonews@mncgroup.com
  • dan lain sebagainya.

c. Coba Tawarkan Eksklusivitas

Pada email yang Anda kirimkan, perlu Anda lakukan juga untuk menuliskan pula redaksi media online yang Anda kirimi email ini. Kemudian sebutkan hanya 1 media online yang paling cepat merespon yang boleh memuat press release Anda. Dengan demikian mereka akan berebut menghubungi Anda secepatnya. 

d. Jangan Lupa Lakukan Follow Up

Sumber gambar: Freepik

Nah, setelah Anda mengirimkan press release ke media online, tunggu sekitar 5 hari kerja. Setelah 5 hari jika tidak ada kabar lakukan follow up melalui telepon untuk mengetahui media mana yang akan mempublish press release Anda. 

 3. Publisitas

Baik, tidak jauh dari press release dan masih berhubungan dengan media massa. Cara mempromosikan produk Anda selanjutnya Anda bisa menggunakan publisitas.

Lalu apa bedanya dengan  press release?

Bedanya dengan press release ialah wartawan atau blogger atau influencer yang mendatangi Anda dan melakukan liputan terhadap produk atau layanan yang Anda miliki. 

Efek positif dari publisitas ini adalah viral. Dengan viral banyak orang yang akan mengetahui produk dan layanan Anda tanpa perlu beriklan dengan biaya yang fantastis. 

Cara ini juga sudah digunakan oleh banyak perusahaan dan hasilnya penjualan mereka naik dengan signifikan tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk promosi. 

Sumber gambar: Freepik

Bagaimana cara mempromosikan produk dengan publisitas? Apakah sulit?

Untuk melakukan promosi produk dengan publisitas ternyata mudah, inilah cara yang bisa Anda lakukan: 

  • Hubungi pengelola atau admin sosial media lokal atau yang sesuai dengan niche Anda. Biasanya yang sering ada adminnya adalah akun Twitter atau Instagram. Menghubunginya bisa dengan DM atau mention.
  • Jangan lupa minta untuk dimension. Setelah itu informasikan kepada mereka kalau Anda punya produk yang bagus dan layak jadi berita. Meminta mereka untuk memposting atau regram dan mention akun Anda di posting mereka. Mungkin proses ini akan membutuhkan biaya. Namun bisa juga gratis dengan barter produk, layanan atau mungkin undian. 
  • Jika cara 1 dan 2 sudah Anda lakukan, berikutnya lakukan test dan ukur. Misalnya dari akun explorejogja Anda mendapatkan peningkatan penjualan sebesar sekian persen. 

Dari akun jogjakakilima Anda mendapatkan penjualan sekian persen. Dari sini Anda bisa menentukan mana yang bisa Anda teruskan kerjasamanya dan mana yang tidak. Lalu Anda juga bisa mengukur seberapa viral produk Anda dengan publisitas ini.

 4. Referral

Asian woman working,counting money with happy in office, home ...
Sumber gambar: Freepik

Cara promosi produk yang ketiga adalah menggunakan refferal. 

Apa itu referral itu?

Inti dari refferal ini ialah cara promosi produk yang dilakukan bukan oleh Anda melainkan orang lain. Jika Anda pernah mendengar istilah affiliate marketing, ini adalah salah satu bentuk dari refferal. 

Untuk menjalankan refferal ini Anda tidak perlu pusing. Ada banyak cara sederhana dalam menjalankan program refferal ini. 

Anda hanya perlu meminta calon pembeli atau pelanggan Anda untuk mengajak teman-teman mereka membeli produk Anda. Tawarkan harga diskon. Misalkan kalau datang sendiri harga dari produk A adalah Rp500.000. 

Lalu, jika calon pelanggan Anda datang membawa minimal 2 teman saja, maka dia akan mendapatkan diskon sebesar 25%. Sehingga dalam 1 waktu Anda bisa mendapatkan 4 pembeli sekaligus hanya dengan berkorban diskon 25% dari 1 penjualan saja. 

Sangat mudah dan cukup efektif bukan?

5. Kode Promo / Kode Voucher

cara promosi produk
Sumber gambar: Freepik

Biasanya promosi ini digunakan oleh para pelaku bisnis e-commerce atau berbasis website, di mana punya sistem yang terintegrasi untuk masukin kode tertentu biar pelanggan bisa mendapatkan keuntungan lebih.

Anda bisa memberikan kode voucher secara cuma-cuma, atau dengan syarat seperti masukin email, atau mungkin share dan sebagainya.

Cara ini bisa digabungkan dengan promosi lainnya, misalnya seperti “Diskon Idul Adha! Ayo gunakan kode voucher: Ied2020”

6. Membagikan Voucher atau Kupon Promo yang Menarik

Cara promosi produk selanjutnya adalah dengan membagikan voucher bisa menjadi senjata untuk menarik minat konsumen. 

Anda mungkin pernah mendapatkan voucher makan ketika membeli majalah tertentu.

Di era digital ini, penggunaan e-voucher mulai menggantikan voucher fisik. Banyak pemilik bisnis yang membagikan promo voucher melalui email, bahkan langsung di dalam aplikasi yang digunakan konsumen (in-app).

7. Lakukan Iklan (Advertising)

Young smiling asian woman tourist holding camera and looking to ...
Sumber gambar: Freepik

Saat sedang membahas cara promosi rasanya kurang lengkap memang kalau tak menyebutkan iklan sebagai salah satu caranya. Ada banyak jenis iklan yang bisa Anda gunakan. Namun untuk konteks bisnis online, setidaknya ada 3 iklan yang bisa Anda gunakan, diantaranya: 

  1. Iklan di social media seperti Facebook dan Instagram
  2. Iklan di Google Ads (Search dan Display)
  3. Iklan di Forum dan Marketplace. 

Anda bisa pilih salah satu atau ketiganya juga boleh. Nah yang paling penting yang harus Anda perhatikan, dimana target market Anda berada. Kalau mereka ada banyak di forum maka Anda bisa beriklan di forum. Saat mereka aktif di Instagram maka Anda bisa beriklan di Instagram. 

Ya, tak bisa dipungkiri, salah satu keunggulan bisnis online adalah luasnya cakupan pasar untuk menjual produk. Jika didukung dengan cara promosi yang tepat, bisnis Anda akan mampu mendatangkan hasil yang lebih menjanjikan.

8. Upsell & Cross Selling

Smiling asian cashier working in cafe and looking at camera ...
Sumber gambar: Freepik

Upselling adalah ketika Anda sedang membeli suatu di indomaret misalnya, lalu karyawan kasir menawarkan produk lainnya atau gratis voucher isi pulsa karena harganya yang murah.

Sedangkan Cross Selling adalah ketika Anda ke A&W untuk pesan burger, lalu pelayannya menawarkan kentang goreng dan rootbeer beserta topping ice creamnya.

Kedua cara ini merupakan sales promotion yang gak cuma menguntungkan pebisnis, tapi juga bisa membangun hubungan baik dengan pelanggan.

Menurut Jeffrey Gitomer, upselling artinya membantu pelanggan untuk mendapatkan untung yang besar.

Sehingga, saat Anda menawarkan produk yang lebih mahal, pastikan di pikiran pelanggan itu bukan tentang ‘mahalnya’, tapi seberapa besar keuntungan yang mereka dapat.

Sebagai contoh, anggap Anda adalah seorang penjual tas kulit buaya eksklusif.

Ketika ada pelanggan yang ingin membeli tas, Anda bisa melakukan cross selling dengan menawarkan produk perawatannya (semir atau sikat), dengan harga lebih murah dari harga normal.

9. Membebaskan Biaya Kirim Barang (Free Ongkir)

Medium shot delivery man with pos | Free Photo
Sumber gambar: Freepik

Bebas Ongkir adalah fitur bebas biaya pengiriman yang diberikan oleh Tokopedia kepada Pembeli yang melakukan transaksi pada Aplikasi dengan menggunakan layanan pengiriman yang disediakan oleh Mitra.

Ya, meningkatnya traffic transaksi ecommerce salah satunya didukung oleh kemudahan pengiriman barang. Saat ini, tanpa perlu menunggu lama, barang akan sampai kepada penerima. 

Sudah banyak bisnis ekspedisi yang memberikan pelayanan terbaik. Hanya saja, tarif pengiriman barang untuk beberapa wilayah masih cukup tinggi. 

Sehingga tak heran memang,  jika Anda memanfaatkan fitur free ongkir, konsumen akan tertarik. Alasannya, konsumen tidak hanya mendapatkan kemudahan, tapi juga value lebih saat berbelanja produk yang Anda tawarkan. Dengan pendekatan bebas ongkos kirim (free ongkir), penjualan produk bisnis Anda bisa lebih ditingkatkan. 

10. Berikan Cashback

Cashback merupakan penawaran yang diberikan kepada konsumen dalam bentuk persentase pengembalian uang tunai atau uang virtual atau berupa suatu produk dengan persyaratan memenuhi minimal pembelian yang ditentukan.

Delivery guy with pos machine | Free Photo
Sumber gambar: Freepik

Atau bisa pula diartikan bahwasannya Cashback adalah pengembalian sejumlah uang setelah konsumen melakukan pembelian. Cashback berlaku jika pembelian yang dilakukan mengikuti syarat yang ditentukan oleh penjual. Biasanya berupa pembelian sejumlah nominal tertentu.

Ada syarat dan ketentuan memang yang diberlakukan dalam cara promosi produk ini, namun cashback tetap merupakan promo yang menarik bagi konsumen. Anda bisa mengunjungi beberapa marketplace besar dan akan menjumpai cashback di berbagai event promo mereka. 

Perlu digaris bawahi bahwa cashback bukan hanya milik marketplace saja. Pemilik toko online pun bisa menerapkan promo ini untuk menjual berbagai barang, mulai produk elektronik hingga fashion. 

11. Pengumpulan Koin Rewards

Koin rewards adalah salah satu contoh promosi yang termasuk dalam customer loyalty program. Artinya, konsumen yang loyal menggunakan produk Anda berhak mendapatkan penawaran khusus. 

Anda bisa membagikan catatan atau member card loyalty promo khusus. Setiap kali pelanggan membeli produk Anda ada koin stiker yang akan mereka terima. Setelah lima kali pembelian, Anda bisa memberikan satu kali produk gratis misalnya.

Dengan adanya promosi ini, tentu konsumen Anda akan senang dengan promo poin rewards semacam ini. 

12. Mengadakan Flash Sale

Flash sale adalah metode penjualan dalam waktu singkat, dengan jumlah terbatas dan dibandrol dengan harga murah. 

Harga barang di Flash Sale selalu terdapat potongan (Diskon) yang lumayan. Biasanya paling kecil sekitar 10 – 20% dari harga barang normal.

Coba bayangkan saja kalau barang yang ingin dibeli seharga ratusan ribu atau jutaan rupiah. Bisa hemat puluhan hingga ratusan ribu dalam sekali belanja.

Jenis promosi tersebut terbukti cukup efektif. Karena Flash sale menggunakan strategi ketersediaan barang yang terbatas, banyak calon konsumen tak ingin melewatkan kesempatan tersebut. Hasilnya, Flash sale terbukti efektif untuk menggebrak pasar. Produk yang dijual melalui Flash sale selalu laris manis tanpa ampun.

Bukan hanya itu saja, bahkan ada juga acara Flash Sale unik yang menjual barang mahal senilai jutaan rupiah hanya dengan harga beberapa ribu rupiah saja. Belajar dari kondisi tersebut, banyak pelaku bisnis yang menerapkan langkah promosi yang sama.

13. Mengadakan Kontes

Kontes media sosial adalah strategi yang telah terbukti untuk tumbuh keterlibatan pada dimiliki saluran sosial bisnis Anda. Dengan mengadakan kontes, Anda tidak hanya menarik perhatian target audiens, tapi juga menarik manfaat lainnya.

Sebut aja seperti brand awareness, meningkatkan engagement, atau membuat brand Anda semakin dikenal oleh masyarakat.

Ada beberapa jenis kontes yang bisa anda selenggarakan, diantaranya adalah:

a. Sweepstakes

Beberapa sumber mengatakan sweepstakes hampir sama dengan cash giveaway. Hanya saja dibedakan oleh hadiah yang diberikan. Pemenang sweepstakes mendapatkan hadiah berupa barang dari penyelenggara kontes. 

Jika yang menyelenggarakan sweepstakes penjual barang-barang fashion, maka hadiahnya bisa berupa baju, sepatu, atau tas. Sedangkan bagi pemenang cash giveaway akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai.

Apa itu sweepstakesSweepstakes ialah salah satu bentuk kontes berhadiah yang mengharuskan peserta menghasilkan konten promosi sederhana yang dipublikasikan lewat tweet sharing maupun komentar di salah satu thread.

Seleksi hasil pemenang kontes biasanya berdasarkan jumlah tweet atau post yang dihasilkan atau kualitas konten promosi si peserta

b. Kompetisi Esai

cara promosi produk
Sumber gambar: Freepik

Kompetisi ini biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan sweepstakes. Keuntungan yang diperoleh adalah melalui kontes ini, maka akan menambah kualitas konten.

c. Kompetisi Foto

Sebagian besar pengguna instagram dan berbagai media sosial lainnya lebih tertarik terhadap visual, yaitu gambar dan foto. Kompetisi ini juga dapat meningkatkan kualitas konten. 

Kompetisi Foto merupakan kompetisi yang paling mudah dan tidak ribet. Peserta kompetisi hanya menyiapkan kamera sebagai alat pendukung. Siapa pun bisa menggunakan kamera dan juga tidak perlu kamera yang mahal karena hampir semua handphone sudah memiliki fitur kamera.

d. Kompetisi Video

Kompetisi video juga tidak kalah menarik dengan kompetisi foto. Kompetisi ini menuntut kreativitas peserta kompetisi.  Konten bisnis online Anda akan lebih menarik dengan adanya “gambar-gambar bergerak”. 

Lalu bagaimana cara melakukan kontes? Berikut beberapa pertanyaan yang bisa menjadi arahan dan panduan singkat:

  • Apa yang mau Anda capai dengan mengadakan kontes?
  • Apakah itu bisa transaksi terjadinya pembelian, meningkatkan brand awareness, atau objektif lainnya?
  • Kontes apa yang mau Anda buat?
    Bagaimana target audiens biar bisa ikutan kontes Anda tersebut? Apakah dengan like & share? Foto kontes? Buat video? Isi kuis? Story telling? Atau kontes kreatif lainnya?
  •  Berapa lama Anda akan mengadakan kontes tersebut?
  • Apa hadiah dari kontes tersebut?
    Ini adalah salah satu elemen penentu berhasil atau tidaknya kontes yang akan Anda adakan. Buatlah hadiah semenarik mungkin, sehingga gak ada alasan buat audiens untuk tidak berpartisipasi.
  • Media apa yang mau digunakan?
    Apakah itu Facebook? Twitter? Atau social media lainnya? Pastikan bahwa target audiens menggunakan media tersebut.
  • Mulai kontes dan promosi

14. Memberikan Uji Coba / Free Trial

Cara promosi produk ini identik dengan produk yang tentunya bisa Anda berikan sampel atau free trial kepada target audiens.

Misalnya cemilan, minuman ringan. Namun pastikan jika penawaran yang Anda berikan itu benar – benar menarik bagi target pasar Anda, sehingga mereka mau meluangkan waktunya untuk mencoba sampel yang Anda berikan.

Dengan memberikan promosi seperti ini, maka audiens akan mampu merasakan langsung keunggulan dari produk yang ditawarkan.Adapun keuntungan untuk pemilik bisnis seperti Anda antara lain seperti testing market, mengumpulkan feedback, dan tentunya akan meningkatkan penjualan.

15. Beli 1 Gratis 1

Jenis promo makin beragam, salah satunya buy 1 get 1 ini. Promo atau diskon selalu bertebaran, membayangi langkah konsumen saat berbelanja. Hal ini bisa Anda manfaatkan. Mempromosikan produk dengan memberikan tambahan produk lain secara gratis sudah umum digunakan. 

Menariknya, Anda bisa memanfaatkan promosi ini mulai dari produk keperluan rumah tangga hingga makanan. Cara promosi produk ini terbukti masih sangat efektif.

Bagaimana tidak?

Bagi konsumen, mereka akan senang karena mendapatkan value tambahan. Sedangkan, bagi pemilik bisnis, Beli 1 Gratis 1 sering digunakan terutama untuk mengenalkan produk baru sambil tetap mendapatkan profit yang baik.

cara promosi produk
Sumber gambar: Freepik

Alasannya, ketika melakukan kampanye Beli 1 Gratis 1,  produsen justru mampu menjual produk lebih banyak karena konsumen sebenarnya membeli dua produk sekaligus. 

Bisa dibilang cara ini cukup menarik pelanggan yang selanjutnya bisa membuat pelanggan melakukan pembelian dan melakukan retensi pembelian. Nah, selain itu promo ini akan menguntungkan Anda sebagai penjual karena pada dasarnya mereka membeli 2 produk.

Ketimbang memberikan diskon 50% dimana pelanggan bisa membeli hanya 1 produk.

Cara ini juga bisa dikreasikan sesuai kemampuan Anda, misalnya seperti Buy 4 Get 2 dan seterusnya.

16. Memberikan Gift

Promosi dengan memberikan gift sering menggandeng produk yang berbeda sebagai hadiah. Bisa produk Anda sendiri, atau produk pihak lain. Gift ini macam – macam jenisnya bisa disesuaikan pula dengan budget Anda.

Sebenarnya, banyak sekali contoh gift yang bisa menjadi ide Anda untuk memberikan poin plus di mata konsumen. Misalnya, saat Anda mendapatkan softcase dan pelindung layar ketika melakukan pembelian ponsel. Sebagai pemilik bisnis, Anda juga bisa meniru tips jitu promosi ini pada produk Anda. 

17. Memberikan Garansi

Smile happily asian woman holding smartphone and credit card ...
Sumber gambar: Freepik

Garansi ini merupakan sebuah jaminan saat membeli suatu produk. Jadi Anda memberikan guarantee atau jaminan kepada calon pembeli ketika nanti terjadi sesuatu dengan produk yang Anda jual yang nyatanya tak sesuai dengan apa yang sudah dijanjikan. Konsumen akan lebih nyaman ketika membeli produk yang memiliki jaminan garansi. 

Konsumen akan merasakan untung karena tidak mengeluarkan biaya lagi ketika ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada produk yang dia beli.

Dengan menggunakan contoh kalimat promosi makanan di sosmed berikut, maka akan membuat orang merasa aman dan tidak akan pikir panjang lagi untuk membeli produk yang Anda jual.

Berikut ini contoh kalimat promosi makanan di sosmed menggunakan kata garansi:

  • Bakso Ikan Super Pedas! Dijamin expired lama, jika barang yang dikirim sudah 10 mendekati masa expired, garansi uang kembali!
  • Sedia masker korea beras cerah original! Dijamin expired lama, jika barang yang dikirim palsu, garansi uang kembali 100 kali lipat!
  • Daging kornet dijamin Halal! Jika barang rusak garansi diganti yang baru!
  • Dijamin termurah se marketplace raya, dapatkan spaghetti ini dengan harga 10 ribu saja!
  • Frozen food dijamin Halal! Jika barang rusak garansi diganti yang baru!
  • Risoles frozen jika tidak frozen garansi tukar yang baru, dan lain sebagainya.

Jenis garansi yang ditawarkan bisa beragam, mulai keaslian barang, kualitas barang, hingga harga yang bersaing. Hal ini tentu tergantung jenis produk yang ditawarkan.

Pada jenis bisnis yang menawarkan produk yang hampir sama, persaingan dengan kompetitor adalah pada faktor harga. Tak jarang konsumen Anda mendengar promosi dengan kalimat: 

“Jika kompetitor memiliki harga lebih murah, kami bayar selisih harganya.” 

Sedangkan, pada jenis bisnis yang menekankan kualitas barang, tagline promosi yang digunakan antara lain “Dijamin Ori!” atau “Produk Terbaik Hanya di lapak kami!”

 18. Memberikan Tester Atau Sample Produk Pada Calon Konsumen

Cara promosi produk selanjutnya adalah dengan menawarkan konsumen mencicipi produk (tester) banyak digunakan untuk mengetahui reaksi konsumen.  Pada prakteknya, promosi sample atau tester bisa diterapkan pada setiap bisnis, termasuk bisnis online.

Ya promosi ini memiliki cara kerja di mana Anda bisa meminta calon pelanggan anda untuk mencicipi suatu produk makanan. 

Pada setiap pembelian yang dilakukan konsumen, Anda bisa menyertakan produk baru Anda dalam kemasan kecil agar konsumen bisa menjajal produk tersebut. Nah, saat respon konsumen cukup baik, Anda bisa melanjutkan dengan cara promosi lain untuk menggebrak pasar. 

 19. Menawarkan Harga Khusus Untuk Pembelian Grosir

Harga grosir biasa digunakan dalam kegiatan jual beli grosir. Pada aktivitas ini biasanya dalam jumlah yang relatif lebih besar, dan berhubungan dengan produsen. 

Sehingga, harga grosir merupakan harga khusus yang diberikan jika konsumen membeli barang dengan jumlah besar. Promosi harga grosir menguntungkan baik bagi konsumen maupun Anda sebagai pebisnis. 

Jika Anda ingin membuat produk Anda terjual lebih cepat, mencoba promosi harga grosir layak dicoba. 

20. Membagikan Giveaway

Giveaway  adalah salah satu cara untuk memancing interaksi dengan follower. Melalui cara tersebut postingan Anda akan suatu produk akan memiliki engagement yang lebih besar. Nah engagement inilah yang memantik konsumen untuk melakukan pembelian.

Nah, tak jauh dari gift, layaknya promosi gift, produk yang dibagikan dalam event giveaway bisa produk Anda sendiri atau produk lain. Perbedaannya, event giveaway mengharuskan konsumen melakukan sejumlah ketentuan mengikuti acara.

cara promosi produk
Sumber gambar: Freepik

Dalam event tersebut, peserta diharuskan memposting video atau foto tutorial make up misalnya sesuai ketentuan. Dengan cara ini, selain produk bisnis Anda mendapatkan perhatian, Anda juga bisa menjangkau lebih banyak orang.

Alhasil, event giveaway selalu ramai karena dalam fitur promosi ini mengharuskan adanya tag ke beberapa follower dari peserta event sehingga semakin banyak orang yang mendapatkan informasi.

Lalu setelah kita memahami tentang bagaimana cara promosi produk yang efektif lengkap dengan cara – cara nya, berikut kami sampaikan beberapa contoh media promosi yang memiliki engagement yang besar yang berpotensi besar untuk menarik pelanggan.

Lalu, apakah media yang bisa kita gunakan untuk melakukan semua langkah promosi tersebut?

Berikut ini adalah media promosi online yang bisa Anda gunakan sesuai dengan produk Anda:

  • Media Sosial

Promosi melalui media sosial juga bisa Anda lakukan jika target pasar Anda adalah pengguna media sosial yang aktif. 

cara promosi produk
Sumber gambar: Freepik

Namun, ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu platform apa yang paling sering digunakan. Sebab, konten promosi untuk Instagram tentu akan berbeda dengan Twitter. 

Tidak hanya itu, jenis produk yang Anda tawarkan juga mempengaruhi platform manakah yang pas untuk digunakan. Jika Anda ingin banyak menampilkan foto produk sebagai keunggulan, seperti makanan, tentu menggunakan Instagram lebih tepat.

  • Website

Di era digital seperti sekarang tentu kata website bukan lagi hal yang asing di telinga kita.

Terlebih, banyak bisnis yang menuntut untuk membuat website tersebut. Ya, banyak memang yang berbicara mengenai jenis, pengembangan, dan manfaat website, serta iklan dan promosi mengenai jasa pembuatan website terbaik. 

Hal ini karena tak dipungkiri, website terbukti efektif sebagai media bisnis pada era ini. Selain murah juga mudah untuk dikelola dan jangkauannya luas serta dapat diakses kapanpun. Kerap akhirnya beredar jasa pembuatan website terbaik di internet dan media sosial.

Website (web, site, situs) merupakan tempat sentral dimana web pages atau halaman demi halaman disimpan. Halaman tersebut mengandung konten atau isi dari website.

Home page  atau biasa disebut laman adalah halaman utama dimana seluruh konten saling terhubung. URL (Uniform Resource Locator, www) adalah alamat website. Untuk mengakses alamat website, Anda butuh chrome, opera, firefox, dan lain sebagainya. Sudah tidak asing bukan?

Sumber gambar: Freepik

Pengklasifikasian website berdasarkan konten ini merupakan pengklasifikasian paling populer. Berikut adalah beberapa jenis website berdasarkan konten:

1. Pribadi

2. E-Commerce

3. Media

4. Hiburan

5. Organisasi

6. Komunitas

7. Perusahaan

Berbicara tentang website, tak jauh dari istilah Content Management System atau yang biasa disebut dengan singkatannya, CMS. 

CMS merupakan salah satu software atau program yang digunakan untuk memodifikasi, mengatur,membuat, serta mengembangkan sebuah website tanpa harus memiliki kemampuan spesifik mengenai coding.

Menarik bukan?

cara promosi produk
Sumber gambar: Freepik

CMS adalah software yang biasa digunakan oleh jasa pembuatan website terbaik untuk membantu untuk jumping melewati proses pembuatan kode program atau sistem yang berfungsi sebagai tempat dimana Anda menyimpan halaman dan konten lain pada hosting. 

CMS akan berfokus  langsung untuk menentukan desain, membuat konten,dan lain sebagainya.

Nah tak hanya sampai di sini, CMS memiliki dua bagian penting berupa CMS (Content Management Application) dan CDA (Content Delivery Application).

CMA adalah bagian yang membuat Anda dapat menambah dan melakukan manajemen konten. Sementara CDA adalah proses internal yang membuat konten tersebut dapat disimpan dengan baik dan pada akhirnya bisa dilihat oleh publik. 

Mockup merupakan desain atau rancangan website yang dibuat dengan menggunakan aplikasi desain. 

Selain aplikasi desain, ada juga aplikasi yang khusus digunakan untuk membuat mockup. Setelah mockup dibuat oleh seorang desainer, mockup tersebut akan dijadikan website dengan CMS atau secara manual.

Untuk memilih jasa pembuatan website terbaik, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan.  Ini akan membantu diri Anda untuk dapat menemukan jasa atau layanan terpercaya. 

Berikut ini 10 Tips Penting yang Harus Anda Simak untuk Memilih Jasa Pembuatan Website Terbaik dan Terpercaya!

Sumber gambar: Freepik

1. Lihat Profil dan Legalitas Perusahaan Penyedia Jasa Web

Pastikan penyedia jasa web ini memiliki legalitas, sehingga suatu saat layanan tersebut masih dapat dihubungi saat anda minta bantuan terkait web yang dibuatnya. 

Agak gawat jika jasa tidak mempunyai legalitas ini, maka akan menjadi masalah bagi anda pada saat anda akan melakukan perpanjangan di tahun depan.

Anda juga bisa membaca pada bagian profil perusahaan. Pastikan Anda hubungi dulu jasa tersebut, baik menggunakan telepon atau chat sebelum tercapai kata deal dengan pemesanan.

2. Lihat Hasil Pekerjaan Penyedia Jasa Berupa Portofolio Karya

Pastikan jasa yang hendak Anda pakai,  sudah memiliki portofolio atau kumpulan hasil karya  project website yang telah dikerjakan. Hal ini untuk menjadi preview, untuk mengetahui bagaimana kira – kira hasil website Anda nanti.

3. Lihat Fitur pada Website

Tak ketinggalan, Anda juga harus melihat fitur yang terdapat pada web dari jasa pembuatan web. Jika fitur yang ditawarkan memang  sudah pas dan sesuai dengan yang Anda inginkan dan Anda butuhkan, Anda bisa gunakan penyedia jasa tersebut. 

cara promosi produk
Sumber gambar: Fiverr

Jika Anda merasa ini terlalu membingungkan dan terlalu rumit,  Anda bisa meminta untuk diganti dengan fitur yang lebih mudah untuk digunakan.

4. Pilih yang menyediakan atau support SEO

Hal ini juga perlu Anda pastikan. Jaman sekarang SEO tentu sangat memudahkan dalam mencari berbagai hal dalam website. 

Apalagi jika website Anda digunakan untuk bisnis online. Hal ini supaya memudahkan Anda kedepannya saat digunakan menjadi toko online. 

5. Pilih yang Menyediakan Garansi

Garansi penting untuk dipertimbangkan saat hendak menggunakan jasa penyedia web. Jika terjadi error di kemudian hari, baik ada error code saat install plugin, penyedia seharusnya akan siap kapanpun menangani masalah seperti ini.

Pastikan garansi ini bersifat gratis. Biasanya garansi ini memiliki jangka atau batas waktu tertentu dalam masa pengaktifannya.

Karena tak terduga, gangguan teknis di website bisa terjadi kapanpun, dan garansi juga harus mencakup masalah seperti ini. Kapanpun selama masih dalam periode garansi. Sebagai konsumen, sah untuk bertanya dan meminta garansi. 

su paling santer di dunia online yaitu keamanan data. 

6. Keamanan Data

cara promosi produk
Sumber gambar: Taunton Dog Groomers

Tentu tidak ingin kan jika website yang kita miliki database yang berisi seluruh file website terekspos atau error karena tujuan jahat dari pihak tertentu? 

Pastikan penyedia jasa mampu menyediakan keamanan data dan mau membantu untuk mengatasi masalah seperti ini.

Ya,  jasa pembuatan website terbaik biasanya menyertakan demo juga hasil karya pada laman situsnya. Anda bisa menilai kinerja penyedia jasa saat menyaksikan Demo yang ditampilkan. 

7. Testimoni 

Testi atau review adalah hal penting yang harus Anda lihat saat mencari jasa pembuatan website terbaik. 

Testimoni konsumen lain ini penting untuk mencari tahu kualitas penyedia jasa website yang akan Anda gunakan. Lihat pada laman komentar klien lain juga rating yang diberikan oleh client sebelum Anda, hal ini sangat penting.

8.  Komunikatif dan Baik dalam Penyampaian

Happy Home Asian Images | Free Vectors, Photos & PSD
Sumber gambar: Freepik

Hal yang terakhir dan paling penting yang Anda harus perhatikan saat mencari jasa pembuatan website terbaik dan terpercaya adalah baik dalam penyampaian dan komunikatif. 

Apabila suatu saat jika ada masalah pada situs website Anda, pemilik jasa akan senang dan siap sedia untuk membantu dalam mengatasi semua persoalan atau sekedar memberikan solusi terbaik pada berbagai masalah website yang kamu miliki.

  • Blog

Blog nyatanya juga bisa digunakan sebagai media promosi online yang efektif. Alasannya, blog menunjukkan eksistensi bisnis online Anda. Selain itu, blog yang dikelola dengan baik dapat membangun branding bisnis Anda secara profesional. 

Tidak hanya itu, lebih dari 70 % konsumen mempelajari berbagai produk melalui blog. 

Jika Anda belum memiliki blog, tidak perlu khawatir. 

  • YouTube

Banyak orang ang membuktikan telah sukses membuktikan bahwa YouTube mampu membawa promosi mereka menjadi sangat lebih efektif.

cara promosi produk
Sumber gambar: Freepik

Bagaimana tidak?

Jika Anda menjual produk yang akan tampil lebih menarik dengan tampilan video, YouTube bisa menjadi media yang efektif.

Sebagai contoh, misalnya jika Anda menjual produk kecantikan, Anda bisa menunjukkan proses berdandan menggunakan produk tersebut. Teknik before-after (sebelum-sesudah) banyak digunakan untuk menunjukkan bagaimana tampil cantik dengan produk kosmetik yang ditawarkan.

Menggunakan YouTube memiliki dua keunggulan. Pertama, layanan tersebut gratis sehingga Anda bisa mengunggah video promosi kapan saja tanpa biaya. Kedua, Anda bisa menautkan penjelasan produk ke blog atau website toko online Anda. 

Nah setelah kita mengetahui berbagai cara promosi yang efektif lengkap dengan media yang efektif, berikut ini kami sampaikan beberapa manfaat promosi yang perlu Anda ketahui dalam melakukan promosi bagi bisnis Anda: 

  1. Customer Loyalty atau Menjaga Loyalitas Konsumen 

Promosi produk adalah cara yang bermanfaat untuk meningkatkan loyalitas konsumen agar nantinya tidak beralih ke produk kompetitor. Anda tentu menyadari bahwa kompetitor tentu akan berusaha untuk merebut hati pelanggan Anda. 

Namun, jika Anda rajin melakukan kegiatan promosi dengan berbagai penawaran menarik, konsumen akan tetap setia menggunakan produk Anda. Alasannya, manfaat yang mereka terima dari Anda lebih menjanjikan. 

Bagi Anda sebagai pemilik bisnis, menjual produk kepada konsumen setia tentu lebih mudah. Faktanya, kemungkinan keberhasilannya mencapai 60 % – 70 %.

  1. Media Komunikasi

Promosi akan dapat membantu sebuah perusahaan untuk menyampaikan informasi-informasi yang ingin disampaikan kepada para konsumen dan calon konsumennya. 

  1. Pertahanan

Promosi merupakan salah satu cara paling efektif untuk mempertahankan citra dari serangan-serangan agresif para kompetitor sebuah perusahaan. 

  1. Trial and Repeat Buying

 Dengan melakukan promosi, akan meningkatkan kemungkinan sebuah perusahaan untuk terus mendapatkan pembeli baru dan juga pembeli berulang. 

  1. Mampu Menarik Perhatian Pasar dengan Cepat

Dari manakah biasanya Anda mengetahui adanya produk baru dari salah satu brand? Benar, dari program promosi yang mereka lakukan. Walaupun jenis kegiatan promosi yang dijalankan bisa beragam,  promosi yang baik tak pernah luput dari perhatian masyarakat. 

  1. Membantu Meningkatkan Brand Awareness

Bagi bisnis yang beroperasi secara online, brand awareness menjadi sangat penting. Bukan tanpa alasan, brand awareness mampu menguatkan hubungan antara produk Anda dengan konsumen untuk jangka panjang. 

Sebagai contoh, jika ingin membeli air mineral, sebagian Anda menyebut Aqua. Atau jika ingin membeli pembalut anda menyebutkan softex. Padahal banyak merk air mineral lain dan pembalut yang secara kualitas tidak jauh berbeda. 

Hal inilah yang disebut sebagai brand awareness yang bisa menjadi melekat dalam top of mind pelanggan.  

Jika promosi yang Anda lakukan berhasil dan mampu membangun branding dengan kuat, produk Anda akan melekat di hati konsumen. Nah, dengan intensitas promosi yang terukur secara baik, otomatis brand awareness bisa dibangun dengan baik pula. 

  1.  Meningkatkan Potensi Penjualan Produk

Sebuah promosi yang dilakukan dengan baik akan mampu mendongkrak penjualan. Banyak yang sudah membuktikan pula manfaat ini. Banyak olshop yang kebanjiran order karena promosi yang ia lakukan, entah berupa memberikan diskon atau dipromosikan oleh influencer.

Nah, bagaimana sangat lengkap dan bermanfaat bukan?

Semoga Anda bisa menerapkannya dengan baik dan menjadi semakin sukses kelak.

Selamat mencoba, salam sukses! 

Related Posts

General Info

Alamat

Jl. Pasir No.35, Patuk, Banyuraden, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55294

Whatsapp

+6285721004073

EMAIL

halo@aksoro.co.id

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *