Cara Memulai Bisnis Lengkap Dengan Inspirasi Bisnis #DiRumahAja

Tak bisa dielakkan adanya krisis akibat virus COVID-19 atau korona telah menyulitkan berbagai sektor bisnis dan ekonomi dalam lapisan masyarakat. Banyak yang terlambat untuk mendapat gaji atau upah, bahkan tak sedikit pula yang harus kehilangan pekerjaan.

Namun, saat bencana pandemi korona ini, Anda bisa mencoba untuk menjadi entrepreneur yang bisa memanfaatkan peluang untuk dikembangkan selama #DiRumahAja.

Lalu apa itu entrepreneur?

Entrepreneur merupakan sosok orang yang melakukan aktivitas yang memiliki karakteristik yakni pandai atau berbakat mengenali peluang untuk mengembangkan produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Nah dalam melihat peluang ini, pastikan Anda harus kalkulasi secara tepat dalam memilih jenis usaha yang paling menguntungkan serta menjanjikan untuk Anda jalankan. 

Cara Memulai Bisnis
Sumber gambar: lokadata.id

Lalu apa saja manfaat dari menjadi entrepreneur yang membuka usaha sendiri?

Nah ada beberapa alasan, di antaranya :

  • Adanya freedom atau kebebasan serta keleluasaan. Bekerja sendiri pasti lebih bebas dan lebih leluasa dibandingkan bekerja dengan orang lain.
  • Penghasilan yang bisa Anda kontrol sendiri. Karena sudah pasti jika usaha sendiri maka seluruh penghasilan atau keuntungan usaha kita nikmati sendiri.
  • Inovasi bisa Anda jalankan secara out of the box sesuai kreativitas anda. Dengan cara memulai bisnis sendiri, Anda menjadi bos sendiri yang tidak terbatasi ide oleh orang lain.

Beberapa peluang usaha mulai dari kuliner hingga jasa patut Anda coba karena menguntungkan. 

Lalu Bagaimana Cara Memulai Bisnis dengan #DiRumahAja?

Simak ulasan berikut ini terkait cara memulai bisnis dengan #DiRumahAja!

1. Cara Memulai Bisnis: Bukan Klise, Namun Mendapat Doa Restu serta Dukungan Dari Keluarga, Kolega, dan Orang-Orang Terdekat Adalah Kunci

Sumber gambar: Freepik

Keberanian untuk memilih untuk menjadi pebisnis membutuhkan tekad yang kuat dalam kehidupan ini. Bagaimana tidak? Nyatanya tidak semua orang berani memilih untuk menjadi pebisnis dan membuka usaha.

Alasannya sederhana,  untuk menjadi pebisnis, tidak segampang kelihatannya dan tak mudah seperti halnya membalikkan telapak tangan. Ini adalah suatu kenyataan yang harus diterima dan harus sadar akan setiap pilihan yang sudah ditetapkan sendiri. 

Namun ada life hack cara memulai bisnis yang bisa Anda gunakan saat hendak menjalankan usaha bisnis, karena jujur saja menjadi pebisnis itu membutuhkan kontribusi dari berbagai pihak selain dari diri sendiri. Adanya rencana, motivasi, strategi yang tinggi sampai modal yang harus dikeluarkan untuk mencapai tujuan untuk menjadi pebisnis yang sukses tersebut. 

Nah, terlepas dari apa yang sudah dilakukan, baik dari dalam diri maupun luar diri sendiri, ada hal yang tak boleh terlewat untuk dilakukan. Apa itu?

Ya, dukungan dan doa restu dari orang tua, keluarga, dan orang-orang terdekat. Terdengar klise memang, namun inilah yang sering kali sangat berpengaruh terhadap diri seorang pebisnis. 

Orang-orang terdekat Anda inilah yang banyak berkontribusi pada hidup Anda hingga saat ini, sehingga doa dan dukungan mereka merupakan modal intangible bagi anda, yang mana wujudnya tak terlihat tetapi bisa Anda rasakan.

Orang -orang terdekat Anda  memiliki peran yang strategis bagi kehidupan anda. Dukungan dan doa restu serta harapan dari orang tua, keluarga, dan orang-orang terdekat ini mampu membuat moral setiap individu untuk menjadi pribadi yang lebih baik. 

2. Cara Memulai Bisnis: Memiliki Motivasi dan Mimpi Besar Berbisnis yang Kuat

Cara Memulai Bisnis
Sumber gambar: freepik

Di saat Anda memutuskan untuk membuka usaha sendiri, maka cara memulai bisnis Anda selanjutnya yakni sebaiknya Anda memiliki motivasi, mimpi atau cita-cita yang jelas dan spesifik yang menjadi alasan memulai bisnis sendiri.

Ya, Raison D’etre yang artinya adalah “alasan sebuah keberadaan”, sebuah alasan mengapa sesuatu bisa berkumpul dan bertemu. Begitu pula dalam berbisnis, adanya pertemuan antara motivasi dan bisnis ini diharapkan membawa hasil yang baik.

Nah motivasi serta mimpi tersebut baiknya merupakan sesuatu yang pantas dan worth to pursue atau berharga untuk dikejar dan diperjuangkan. Jika tidak, mimpi akan mudah dikalahkan atau dinomorduakan oleh tekanan dari kebutuhan dan tuntutan jangka pendek yang biasanya terlihat lebih urgen untuk dipenuhi.

Jika perlu mimpi tersebut baiknya ditulis secara spesifik dan jelas. Dituangkan dalam secarik kertas, kemudian diresapi dan diingat setiap waktu, ditempel agar selalu teringat atas apa yang menjadi trigger Anda memulai semua ini. Nah, dengan demikian, cita-cita itu terinternalisasi dalam diri secara kuat dan mengakar.

Lalu ada lagi manfaat lain dari motivasi dalam memulai bisnis, antara lain :

  1. Meningkatkan Produktivitas

Motivasi sebagai suatu proses mengarah pada peningkatan produktivitas bisnis. Dengan memiliki motivasi yang kuat akan menciptakan dorongan untuk bekerja sebaik mungkin dengan mengeluarkan seluruh kemampuannya. 

  1. Memastikan Efisiensi Kerja Bisnis

Motivasi memainkan peran vital dalam mengubah sikap pebisnis dalam menjalankan bisnisnya. Sikap acuh tak acuh dapat dipadamkan dengan efisien oleh motivasi. Kehadiran sikap yang menguntungkan tersebut memungkinkan perusahaan untuk berkembang dan menjadi sukses.

  1. Memfasilitasi Arah

Motivasi sebagaimana telah disebutkan adalah bagian vital. Nantinya ada proses yang melibatkan pengarahan  atau memulai tindakan sesuai dengan rencana yang dibuat mengharuskan pebisnis untuk bekerja dengan sepenuh hati dengan komitmen dan loyalitas. Proses pengarahan hanya mungkin dilakukan ketika pebisnis itu termotivasi.

3. Cara Memulai Bisnis: Bukalah Bisnis yang Sesuai Dengan Passion Anda

                                      Sumber gambar: Public policy Institue

Tak boleh ketinggalan, saat Anda memutuskan untuk membuka bisnis Anda sendiri, yang terpenting Anda harus mencintai dan benar-benar menyukai bisnis tersebut sesuai passion anda. Hal ini sangat penting, agar jualan online Anda dapat bertahan dan terus sustain serta berkembang dalam jangka waktu yang panjang.

Anda pun lebih giat dalam usaha Anda tanpa terasa, profit yang Anda dapatkan juga akan meningkat. 

Mengapa passion menjadi penting dalam bekerja?

Sumber gambar: freepik

Alasannya, karena dalam menjalani pekerjaan, passion atau semangat merupakan salah satu faktor yang memengaruhi hasil usaha anda. Banyak lho pebisnis yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan bisnis juga tanggung jawabnya sebab mereka tidak memiliki semangat yang mengalir dalam diri mereka dalam menjalankan usaha.

Akibatnya?

Bisnis bisa mengalami penurunan market share, penurunan pendapatan, yang mengarah pada kebangkrutan.

Sehingga, manfaat passion dalam berbisnis adalah:

  1. Menjadi Lebih Baik

Melakukan sesuatu yang dicintai akan membuat Anda merasa lebih baik. Karena tidak menyebabkan banyak stres dibandingkan dengan mengerjakan pekerjaan yang tidak disukai.

Tak dimungkiri, Anda juga akan jauh lebih optimistis dan positif ketika membuat keputusan. Setiap prestasi terasa seperti satu juta dolar. Anda kemudian tidur lebih nyenyak sehingga menjadi lebih bahagia.

  1. Lebih Tak Mudah Merasa Letih dan Mudah Meraih Kesuksesan

Anda memiliki kekuatan untuk membantu orang lain dan berbuat baik. Sebaliknya, jika tidak ada gairah yang terlibat makan akan menjadi jauh lebih sulit untuk menjadi sukses.

Sebagian orang sukses mengaitkan kesuksesan mereka karena mengikuti gairah mereka. Gairah adalah bahan bakar yang Anda butuhkan untuk mengatasi hambatan dan mencapai impian.

  1. Jadi Pekerja Keras

Anda akan bekerja lebih keras dan lebih memiliki tekad yang lebih dalam menyelesaikan tugas apapun. Bahkan, semangat Anda yang membangunkan Anda sewaktu pagi, bukan jam alarm anda.

  1. Cepat Berkembang

Passion akan membantu Anda dalam menciptakan kreasi dan ide. Passion bisa menjadi strategi baru menuju tujuan. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan dan membedah informasi berkaitan dengan tugas anda.

Akibatnya apa?

Anda menjadi pribadi yang lebih disiplin dengan target dan jadwal anda. Waktu tentu sangat menjadi prioritas dan menjadi berharga untuk meraih tujuan anda. Menyelesaikan pekerja pun penuh keyakinan sehingga menciptakan rasa percaya diri yang kuat.

4. Cara Memulai Bisnis: Belajar dari Seorang Mentor Atau Orang Sukses dalam Membuka Bisnis

Terlebih bagi Anda yang hendak belajar bisnis online dengan lebih serius, kami sarankan untuk mulai belajar dan mencari mentor. Ini adalah cara memulai bisnis yang paling harus dilakukan oleh setiap calon pebisnis.

Sumber gambar: Smart Tutoring

Mentor inilah yang akan mengajari dan membimbing Anda dalam masa-masa awal membangun bisnis, baik secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu banyaklah belajar dari orang-orang yang sudah berhasil, agar Anda mengetahui kiat-kiatnya.

Dari para mentor lah, kita akan paham bahwa jalan membangun dan mengembangkan usaha itu tidaklah mudah tetapi bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Ada proses berkelok, naik dan turun, terjal, yang mau tidak mau harus dilewati jika ingin berhasil.

Mentor ini bisa berwujud teman Anda, orang tua, saudara, guru, dosen, maupun pelaku bisnis yang Anda anggap sudah berhasil dalam bidang usaha yang digelutinya.

Mereka sudah melalui proses jatuh bangun dan manis pahit getir serta asam garam dalam membangun bisnis dan kehidupannya, sehingga Anda bisa belajar dari pengalaman prosesnya. 

5. Cara Memulai Bisnis: Menghadapi Persaingan Dengan Melakukan Riset Kompetitor

Tak jarang usaha yang baru saja dimulai dan berjalan mulus bagus serta bagus perkembangannya, namun tak lama kemudian ada yang membuka usaha serupa di sebelah usahamu.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Lalu bagaimana cara menyikapinya?

Sumber gambar: The Independent
  1. Pertama, yang harus Anda lakukan adalah dengan menerima kenyataan dan legawa bahwa persaingan itu bagian yang tidak terpisahkan dari suatu usaha atau bisnis. Bisnis yang maju pasti menarik persaingan.
  1. Adanya persaingan memberikan masukan ke dalam usaha kita soal apa yang masih menjadi kekurangan dan perlu diperbaiki.
  1. Adanya persaingan menunjukkan bahwa usaha yang kita lakukan memiliki potensi pasar yang bagus, sehingga pesaing berani masuk.

Maka penting bagi Anda untuk melakukan yang namanya riset pasar dan riset kompetitor. Apa manfaat dan tujuannya?

  1. Hal ini untuk mengetahui posisi pesaing Anda dalam industri, sehingga Anda dapat mengetahui langkah dan strategi apa yang bisa Anda pakai dalam berbisnis.
  1. Penting bagi Anda untuk juga mencari tahu apa yang mereka tawarkan. Rating dan review kompetitor bisa Anda lihat untuk mengetahui perkembangan bisnis kompetitor Anda.
  1. Anda dapat mengambil pelajaran untuk menawarkan produk dengan cara yang lebih baik.
  1. Anda juga bisa memahami bahwa harga juga menjadi pertimbangan  penting yang harus Anda pikirkan. Karena, menjual barang lebih murah dari lapak lain tak selamanya bakal mendatangkan banyak pembeli. 
  1. Pastikan produk yang Anda jual original, trusted, juga jujur, karena banyak pelanggan yang tak hanya mementingkan harga yang miring tetapi juga mementingkan kualitas. Intinya, Anda menjual dengan harga yang terbilang kompetitif. Itulah strategi terbaik yang bisa Anda tawarkan.
  1. Carilah keunggulan bisnis anda, carilah core competence anda. Hal ini yang menjadi kelemahan kompetitor. Misalnya respons administrator yang fast response, pengemasan baik dan cepat sampai, kualitas baik, dan lain sebagainya. Anda harus bisa memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik

6. Cara Memulai Bisnis: Jangan Lupa Untuk Memahami Cara Kerja Administrasi Dan Pembukuan Meski Secara Sederhana Mengenai Bisnis Anda

Cara Memulai Bisnis
Sumber gambar: freepik

Ya, cara memulai bisnis agar sukses adalah memiliki pembukuan dan administrasi yang teratur pula. Hal ini penting untuk Anda ketahui dan pahami apalagi ini menyangkut bisnis anda. Meskipun usaha bisnis yang Anda jalani hanya dalam lingkup bisnis rumahan saja, namun Anda tentu juga perlu menguasai administrasi meski secara sederhana saja.

Penting bagi Anda untuk selalu melakukan pencatatan administrasi dengan tertib, antara cash outflow dan inflow atau kas yang masuk dengan kas yang keluar. 

Meskipun arus kas usaha bisnis Anda mungkin nilainya terbilang kecil, jangan pernah Anda abaikan urusan yang satu ini, apalagi sebaiknya Anda hindari untuk mencampurkan keuangan milik pribadi Anda dengan bisnis. 

Hindari untuk melakukan prive, mengambil dana usaha untuk keperluan pribadi pemilik. Hal ini agar salah satu fondasi utama untuk kelangsungan bisnis Anda dari segi cashflow bisa kuat, dan terhindar dari peluang terjadinya ambiguitas yang akan menyulitkan Anda kedepannya. Dengan ini, Anda bisa sukses terhindar dari masalah administrasi.

7. Cara Memulai Bisnis: Dengan Menentukan Visi Misi Bisnis Usaha Anda

Cara Memulai Bisnis
Sumber gambar: Nohat

Menentukan visi dan misi ini penting untuk menentukan arah tujuan bisnis Anda kedepannya.

Ya, karena visi merupakan pandangan yang jauh tentang perusahaan, organisasi dan lembaga, visi dapat diartikan sebagai tujuan dari perusahaan, organisasi dan lembaga dan apa rancangan untuk mencapai tujuannya tersebut pada masa yang akan datang dan masa depan.

Bahkan dengan adanya visi, bisnis Anda mendapatkan manfaat yang sangat menguntungkan, manfaat dari visi yakni antara lain:

  1. Mampu membantu Anda untuk bekerja sama dengan waktu dan kesempatan dalam kegiatan bisnis anda
  1. Agar pesaing tidak melakukan suatu kegiatan inovasi yang mengalahkan bisnis Anda
  1. Perencanaan bisnis yang akan berkembang
  1. Menjembatani keadaan bisnis pada saat ini dan masa depan.
  1. Menumbuhkan rasa kebermaknaan
  1. Visi dapat menumbuhkan standar kerja prima. Sebagai pebisnis Anda bisa memahami pekerjaan Anda secara lebih bijaksana, sehingga Anda bisa bekerja dan berkarya dengan semangat
  1. Anda bisa melakukan dan mengeset standar prima dan target-target pada setiap pekerjaan dalam proses bisnis anda.

Nah, meski bisnis Anda hanya berbasis rumahan, namun Anda juga harus menentukannya dengan jelas sehingga saat bisnis berjalan, akan ada tujuan jelas yang dicapai kedepannya, tidak asal hanya berjalan tetapi harus mempunyai target. Tanpa adanya visi dan misi, apa yang menjadi tujuan dan bagaimana cara mencapai tujuan itu menjadi sulit untuk di capai.

8. Cara Memulai Bisnis: Kalkulasi Modal dan Rencana Usaha Anda Secara Matang dan Tepat

Sumber gambar: Expansion

Ya, ini adalah poin penting selanjutnya.

Tentu Anda harus memastikan dan melakukan kalkulasi secara presisi, tepat, dan menyeluruh mengenai berapakah biaya produksi atau operasional yang akan Anda keluarkan di muka akan menutup modal yang telah Anda keluarkan. Pastikan Anda menghitung pula jangka waktu pengembalian atas modal yang telah Anda keluarkan.

Anda bisa menggunakan metode sederhana NPV atau Payback Period. Agar mudah, dalam pencatatannya Anda bisa menggunakan Microsoft Excel.

Hal penting lainnya yang harus Anda kuasai dan pahami khususnya saat rencana bisnis ini Anda gunakan untuk mencari pendanaan eksternal dari investor untuk pendanaan bisnis Anda ialah :

  • Produk / jasa apa yang akan Anda pasarkan
  • Kalkulasi dan estimasi biaya secara jelas mengenai biaya produksi dan operasional
  • Estimasi harga jual dari produk atau jasa
  • Estimasi target penjualan bulanan
  • Berapa lama Anda akan BEP (Break Even Point) alias balik modal

9. Memilih Timing yang Tepat

Cara Memulai Bisnis
Sumber gambar: DPL News

Mengapa memilih waktu atau timing itu penting? Ya hal ini karena timing yang merupakan upaya kita dalam mengatur waktu agar semua dapat dikerjakan jika dilakukan dengan baik, maka Anda akan bisa mengetahui strategi yang akan Anda gunakan. 

Menentukan waktu atau timing yakni memiliki manfaat dalam berbisnis karena akan menentukan posisi Anda dalam persaingan dunia usaha dengan kompetitor lain. Timing juga akan menentukan strategi mana yang Anda bisa pilih kedepannya dalam menjalankan usaha bisnis anda.

10. Jangan Lupa Untuk Berikan Kualitas dan Pelayanan yang Terbaik

Sumber gambar: freepik

Kepuasan pelanggan harus Anda utamakan agar terciptanya pembelian yang berulang pada produk Anda (retensi pembelian). Retensi pembelian adalah keadaan di mana jika customer merasa puas, mereka nantinya akan datang kembali dan menyarankan kepada orang lain (getok tular) untuk datang ke bisnis Anda dan membeli produk atau jasa dari usaha anda.

Jika pembeli merasa puas maka nanti biasanya mereka akan datang kembali dan menyarankan kepada orang lain untuk datang ke bisnis yang Anda miliki.

11. Coba Kenali Nilai Unique Selling Points Produk / Jasa yang Anda Tawarkan

“Apa kelebihan produk bisnis Anda? ’’

“Apa kelebihan produk yang tak dimiliki kompetitor Anda? ”

Nah, kedua jawaban itu perlu Anda ketahui untuk memegang value pada usaha bisnis Anda. Agar lebih mengetahui dengan baik, gunakanlah analisis sederhana SWOT. 

Sumber gambar: Shutterstock

SWOT merupakan metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.

Jawaban dari dua pertanyaan di atas, akan menentukan unique selling points (USP) atau nilai jual produk Anda. Perlu diingat, pada setiap produk harusnya memiliki nilai kelebihan dan keunikan tersendiri agar bisa dipilih oleh pelanggan dan pasar.

Selain menggunakan SWOT Analysis, untuk menemukan keunikan pada produk Anda, Anda bisa memosisikan diri sebagai calon pelanggan.

12. Bergabung Dengan Komunitas Penjual Online 

Cara Memulai Bisnis
Sumber gambar: freepik

Tak kalah penting, Anda bisa lho untuk bergabung dengan komunitas penjual online yang ada di Facebook, grup Whatsapp, ataupun forum-forum seperti Kaskus, Detik, dan lain sebagainya.

Mengapa? Karena ini akan berdampak baik bagi usaha Anda. Hal ini juga akan dapat membantu Anda belajar banyak dari pengalaman orang lain.

Selain itu, Anda juga bisa lho mencari pembimbing, mentor, ataupun mereka yang tidak segan untuk berbagi secara khusus tip dan trik yang bisa Anda coba, dan bahkan Anda juga bisa menemukan jaringan supplier di sini. Anda bisa mendapatkan manfaat yang berlipat ganda. Karena jaringan itu perlu.

13. Lakukan Promosi dan Strategi Pemasaran Online yang Tepat Sasaran

Ya, promosi yang tepat sasaran akan berdampak sangat efektif bagi usaha anda, tanpa perlu mengeluarkan uang yang berlebihan. Oleh karena itu Anda wajib mengetahui produk apa yang akan Anda jual, sehingga Anda bisa merumuskan strategi pemasaran dan promosi yang tepat.

Sumber gambar: Zoovu

Mengapa harus online?

Data menjelaskan, menurut laporan Google dan Temasek Singapore 2018:

“The Indonesian internet economy, the largest and fastest growing in the region, reached $27 billion in 2018 and is poised to grow to $100 billion by 2025.”

Cara Memulai Bisnis
Sumber gambar: Freedesignfile

Sehingga dengan adanya digital marketing memampukan kita semua dalam transaksi jual beli tidak terbatas dan terhalang oleh batasan wilayah dan negara, Anda bisa tetap menjangkau segala target customer Anda melalui promosi produk atau jasa. 

Berbicara tentang jangkauan, Anda bisa menjangkau seluruh kalangan, di mana pun berada, status sosial, tanpa membeda-bedakan calon pembeli. Kondisi geografis Indonesia yang kepulauan sangat cocok dengan digital. Banyak orang lebih mudah dijangkau dengan kampanye online.

Manfaat lain digital adalah biaya promosi menjadi relatif lebih terjangkau. Sesuai dengan sifat usaha kecil di mana pertimbangan biaya menjadi faktor krusial. Ada banyak fasilitas gratis promosi di Internet. Buat website secara gratisan bisa, iklan di Facebook atau Instagram itu gratis, dan lain sebagainya.

Nah selain itu, promosi digital misalnya via forum atau review comment, dianggap konsumen lebih ‘jujur’ dibandingkan promosi iklan karena pengguna bisa terbuka mengungkapkan komplain dan pengalaman mereka.

Itu sebabnya pengalaman yang baik bisa menjadi iklan ‘viral’ yang gratis secara digital dan online. Konsumen dengan senang hati menyebarkan berita bagus soal brand tersebut.

Sumber gambar: freepik

Nah oleh karena itu, dalam melakukan promosi kelak, Anda harus menghindari NATO.

Apa itu NATO?

Nato adalah akronim dari No Action, Talk Only. Artinya, Anda harus fokus pada tindakan dan eksekusi. Ini semua merupakan proses. Jadi, jangan harapkan usaha Anda sempurna di awal, yang terpenting, Anda melakukan sesuatu untuk bisnis anda.

Anda bisa mempromosikan usaha Anda secara:

  1. Gratis
  2. Atau berbayar

Salah satu cara yang gratis dengan melalui media sosial anda. Media sosial tentu sangat masih menjadi channel yang penting untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis. 

Bagaimana tidak?

Pemain media sosial sangat besar, bahkan melebihi batas-batas negara. Cara kerjanya juga jelas yakni:

  1. saat calon customer setelah mengetahui dan mengenal bisnis lebih dekat, mereka tertarik untuk lebih engage
  1. Jika calon pelanggan Anda tertarik, maka mereka akan mengikuti bisnis anda.
  1. Tak sampai di situ saja, mereka bisa memberi komentar, membagikan konten yang Anda buat, ataupun mengunjungi URL yang Anda berikan (termasuk website, blog, dan YouTube).
  1. Anda akan bisa mendapatkan free marketing promotion yakni word-of-mouth dari para warganet dan pelanggan anda.

Hal ini didukung oleh data-data, nyatanya sebanyak 95 persen pengguna sosial media dengan kisaran umur 18-34 tahun mengikuti akun sosial media bisnis. Lalu sebanyak 93 persen pengguna menjadikan sosial media sebagai cara berkomunikasi dengan brand (customer service). 

Cara Memulai Bisnis
Sumber gambar: spysmarts

Lalu ketika Anda berhasil menciptakan suatu komunikasi di sosial media yang menyenangkan, sebanyak, sebanyak 71 persen pengguna akan merekomendasikan bisnis Anda pada orang-orang terdekat. 

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa promosi merupakan strategi untuk menarik perhatian konsumen guna mencapai tujuan penjualan.

Program komunikasi pemasaran amat penting, karena:

  • Dapat membantu pelanggan dengan informasi yang memperkuat kesadaran dan pengetahuan tentang produk atau jasa yang ditawarkan
  • Dapat memengaruhi sikap dan keinginan pelanggan
  • Bagi perusahaan, dapat mengatur proses produksinya secara efektif dan efisien.

Sedangkan untuk yang berbayar, Anda bisa menggunakan:

  • Teknik SEO yang merupakan singkatan dari “search engine optimization” (pengoptimalan mesin telusur) atau “search engine optimizer“. Pada penggunaan jasa SEO, Anda banyak mendapat keuntungan. Anda dapat meningkatkan peringkat situs Anda dan menghemat waktu
  • Anda juga bisa menggunakan Google Analytics. Melalui Analytics dari Google ini, teknologi ini mampu membantu Anda untuk bisa memantau performa website secara keseluruhan. Seperti, Siapa calon pelanggan Anda,  Di mana mereka tinggal, Halaman mana saja yang paling banyak dibuka oleh pelanggan di toko online, dan lain  sebagainya. Plus, Google Analytics bisa Anda andalkan guna melakukan tracking data khusus untuk bisnis anda. Anda bisa mengetahui performa website kompetitor.

Ya, contoh penggunaan SEO ini bisa dilihat dari penggunaan Google Ads. Saat melakukan iklan di Facebook atau Instagram dianggap bahwa nyatanya promosi di sosial media ini kurang ‘targeted’. Banyak ‘junk’ yang masuk.

Sumber gambar: BetaNews

Artinya, meskipun reach atau jangkauan kedua sosial media ini tinggi, tetapi konversi yang menjadi sales atau penjualan tidak tinggi. 

Nah, untuk meningkatkan penjualan anda, anda bisa menggunakan Google Adwords atau Google Ads yakni iklan di platform Google. Saat anda sedang melakukan ‘search’ di Google akan muncul iklan, itu yang disebut Google Adwords.

“Lalu, apa bedanya Google Adwords dengan iklan di Sosial Media atau iklan online lainnya?“

Nah, Google Adwords supported by Keywords. Iklan yang dimunculkan oleh Google berdasarkan keywords yang dituliskan oleh orang yang mencari di search engine Google.

Sumber gambar: BetaNews

Misalnya, si Alfi menuliskan “hampers jogja kue” di mesin pencari, maka iklan yang dimunculkan oleh Google adalah sekumpulan hampers kue di Jogja. Google tidak akan memunculkan warung mi atau toko hewan. Google juga tidak akan memunculkan iklan warung kopi di Bali.

Sehingga apa kesimpulannya? Ya, Relevansi menjadi kata kunci emas dalam Google Adwords ini. Iklan Google Adwords menjadi sangat relevan dengan intensi calon konsumen. Iklan dibayar jika pengguna mengklik iklan yang muncul.

Saat Anda menggunakan ini, maka saat diketikkan hampers jogja kue, maka produk hampers Anda berada di urutan pertama pencarian di antara penjual hampers lainnya, ini memungkinkan situs Anda akan diklik paling awal oleh customer karena paling atas hasil pencariannya.

14. Lakukan Strategi Ala Perusahaan

Sumber gambar: Retail News Asia

Cara memulai bisnis selanjutnya Anda bisa meniru strategi ala perusahaan selama sesuai dengan keadaan bisnis anda. Bukan tidak mungkin Anda mengikuti strategi ala perusahaan besar dan ternama untuk Anda aplikasikan dalam bisnis anda.

Beginilah strategi ala perusahaan yang bisa Anda coba:

  • Riset Pasar. Perlu dilakukan untuk memastikan bahwa bisnis yang dipilih memiliki prospek dan memahami peta persaingan dalam usaha tersebut.
  • Membentuk Tim. Salah satu kunci keberhasilan merintis usaha baru adalah dukungan tim yang kuat karena tidak mungkin semua hal kita kerjakan sendiri, perlu ada tim dengan SDM yang solid.
  • Membangun Produk dan Model Bisnis. Berhasil tidaknya usaha salah satunya tergantung dari produk yang dijual.
  • Sumber Modal. Dalam membangun usaha, agar berkelanjutan, perlu mempertimbangkan sumber permodalan, apakah akan mengandalkan modal sendiri (bootstrapping) atau mencari investor.

Berikut ini adalah Daftar Inspirasi Bisnis dan Cara Memulai Setiap Bisnis

1. Kopi Literan Penjualan via Travelogistics

Sumber gambar: Liputan6

Cara memulai bisnis dengan di rumah aja bisa dengan menciptakan kopi literan. Karena tak bisa sering-sering keluar, maka konsumsi makanan pun juga meningkat. Apalagi di saat semua orang di rumah, konsumsi produk kuliner rumahan family-size package meningkat. 

Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk  membuat produk yang bisa dinikmati di rumah bersama keluarga. Anda bisa menjajakan dan memasarkan kopi dalam ukuran seliter.

Untuk pengirimannya pun bisa menggunakan kurir agar tidak terjadi kontak secara langsung, Anda bisa melakukan transaksi jual beli ini secara same-day delivery, dan jemput paket menjadi unggulan saat ini. Istilah Travelogistic menjadi strategi utama mereka menciptakan revenue stream saat amukan wabah.

2. Agen Asuransi Kesehatan Corona Assurance for Fear Customers

Sumber gambar: freepik

Meski purchasing power atau daya beli menurun, namun saat ini asuransi kesehatan merupakan salah satu yang sangat dibutuhkan oleh konsumen. Untuk memproteksi konsumen dari Covid-19.

Terlebih menjadi agen asuransi memberikan keuntungan dan masa depan yang cukup menjanjikan jika bicara masalah finansial. Agen asuransi memberikan pertolongan kepada orang lain dengan jalan memperkenalkan berbagai produk asuransi, misalnya asuransi jiwa, unit link, atau kesehatan.

Lalu apa sebenarnya tujuannya?

Sesuai dengan tujuan asuransi yakni mengalihkan risiko, maka tujuannya jika dilihat lebih jauh lagi adalah agar lebih banyak orang yang terhindar dari kerugian finansial yang lebih besar lagi. Ditambah dengan fitur online yang memungkinkan nasabah membeli asuransi tanpa ke luar rumah, survival innovation ini menjadi penyelamat perusahaan asuransi.

3. Frozen Food Is the New Normal

Ternyata selama pandemi dan kegiatan di rumah aja yang dilakukan banyak orang, nyatanya menjadikan permintaan produk frozen food semakin meningkat dikala mereka tak bisa bepergian ke luar rumah. 

Cara Memulai Bisnis
Sumber gambar: NBCnews

Apalagi ibu-ibu muda yang tak gemar memasak yang ribet yang lebih memilih memasak yang mudah-mudah (simple cooking). Aneka bahan olahan makanan yang sudah dikemas dan dibekukan ini jauh lebih awet dan tidak mudah basi selama penyimpanannya dilakukan dengan tepat. 

Oleh karena itu, Anda dapat memilih frozen food seperti daging sapi atau ayam, nugget, kentang stick, tempura, atau bakso untuk dijual secara online karena pasarnya terbuka lebar.

4. Bisnis Hand Sanitizer

Semenjak virus korona menyerang, demand atau permintaan pasar akan hand sanitizer berubah begitu pesat. 

Hand Sanitizer atau cairan sanitasi tangan adalah cairan atau gel yang umumnya digunakan untuk mengurangi patogen pada tangan. Pemakaian cairan sanitasi tangan berbasis alkohol lebih disukai daripada mencuci tangan menggunakan sabun dan air pada berbagai situasi di tempat pelayanan kesehatan.

Sumber gambar: USA Today

Hal ini dapat menjadi peluang bagi Anda untuk memulai bisnis karena permintaan hand sanitizer yang tinggi. 

Cara membuat hand sanitizer sendiri tergolong cukup mudah dan dapat dilakukan sendiri saat kita #dirumahsaja. Pembuatan hand sanitizer sesuai standar WHO, Anda harus menyiapkan alkohol 70%.

Berikut di bawah ini beberapa referensi cara membuat hand sanitizer

Formulasi pertama, untuk menghasilkan hand sanitizer dengan konsentrasi akhir etanol 80% v / v, gliserol 1,45% v / v, hidrogen peroksida (H2O2) 0,125% v / v. Cara membuatnya adalah:

  1. Tuang ke dalam labu ukur berukuran 1.000 mililiter: etanol 96% v / v sebanyak 833,3 mililiter, H2O2 3% sebanyak 41,7 mililiter, gliserol 98% sebanyak 14,5 mililiter. 
  1. Setelah itu, isilah labu hingga tepat 1000 mililiter dengan air suling, atau air yang telah direbus dan didinginkan.
  1. Kocok labu secara perlahan, hingga semua komponen tercampur rata.

Selanjutnya, formulasi dua, untuk menghasilkan konsentrasi akhir isopropil alkohol 75% v / v, gliserol 1,45% v / v, hidrogen peroksida 0,125% v / v. Cara membuatnya adalah:

  1. Tuang ke dalam labu ukur berukuran 1.000 mililiter: isopropyl alkohol (dengan kemurnian 99,8%) sebanyak 751,5 mililiter, H2O2 3% sebanyak 41,7 mililiter, gliserol 98% sebanyak 14,5 mililiter. 
  1. Kemudian, isi labu hingga tepat 1.000 mililiter dengan air suling atau air yang telah direbus dan didinginkan. 
  1. Kocok labu secara perlahan, hingga semua komponen tercampur.

Formulasi berbasis alkohol tersebut dibuat WHO dengan berlatarbelakang keuntungan intrinsik dari aktivitas mikrobisida cepat-aksi dan spektrum luas, dengan risiko minimal menghasilkan resistensi terhadap agen antimikroba. 

Selain itu, formulasi hand sanitizer tersebut dinilai ramah digunakan di daerah terbatas sumber daya atau terpencil, dengan kurangnya akses ke bak cuci atau fasilitas lain untuk kebersihan tangan (termasuk air bersih, handuk, dan lainnya). 

5. Bisnis Masker Kain yang Menguntungkan

Sumber gambar: SehatQ

Nah, karena ada batasan penggunaan masker medis untuk tenaga medis, maka sebaiknya Anda menggunakan masker kain. Masker kain nyatanya sangat bermanfaat untuk meminimalisir paparan droplet virus korona dalam aktivitas sehari-hari di luar ruangan.

Meski tak seefektif masker N95 atau masker lain yang tersedia di apotek (biasanya tersedia dengan merek Sensi, Nexcare atau Altamed), namun penggunaan masker ini sangat dianjurkan oleh para dokter. 

Oleh sebab itu, kebutuhan masyarakat akan masker kain menjadi meningkat.

Alat yang dibutuhkan:

1. Kain katun (bisa menggunakan pakaian yang sudah tidak terpakai).

2. Masker medis untuk ditiru dalam membuat pola.

3. Gunting.

4. Benang dan jarum jahit.

Cara Membuat Masker Kain

1. Gunakan kain katun dari baju yang sudah tak terpakai.

2. Gunakan pola dari masker medis yang kamu miliki.

3. Gambar pola pada kain.

4. Gunting sesuai pola.

5. Jahit sisinya agar lebih rapi.

6. Jangan lupa sematkan karet atau tali untuk disangkutkan pada telinga.


Nah, setelah masker jadi jangan lupa untuk dicuci terlebih dahulu dengan air panas dan detergen, bilas hingga bersih, dan keringkan. Jika sudah selesai, setrika untuk mematikan kuman pada permukaan masker, dan masker siap dipasarkan dan digunakan.

6. Bisnis Ramuan Herbal Atau Jamu-Jamuan

Meski virus korona hingga saat ini belum ada penawarnya berupa obat atau vaksin, namun kita bisa mencegah penularannya ke tubuh kita dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan selalu menjaga kesehatan. 

Cara Memulai Bisnis
Sumber gambar: freepik

Maka, saat pandemi ini banyak ramuan herbal alami yang mengandung bahan-bahan seperti kencur, kunyit, temu lawak, jahe, dan daun sereh dipercaya dapat meningkatkan sistem imun. 

Oleh karena itu, bisnis ramuan atau minuman herbal dapat menjadi bisnis yang menjanjikan karena kebutuhan untuk menjaga sistem imun dan kesehatan sangatlah tinggi di situasi sekarang. 

7. Jual Pulsa Elektrik dan Berbagai Sistem Pembayaran Seperti Pulsa Token Listrik

Saat #DirumahAja tentu anda ingin bisa produktif dan menghasilkan uang bukan? Apalagi jika usaha sampingan ini menguntungkan.

Sumber gambar: freepik

Nah ternyata ada usaha bisnis yang hanya memiliki modal rendah dengan omzet penjualan yang besar, ya jual pulsa elektrik adalah salah satu jalannya. Mudah, tanpa modal besar dan waktu yang fleksibel, inilah kelebihan dari usaha sampingan pulsa elektrik.

Bagaimana tidak? Meski #DirumahAja Permintaan akan pulsa elektrik tidak diragukan lagi keberadaannya di pasaran masyarakat.

8. Menyambung Silaturahmi dengan Menjual Makanan Ringan yang Dikemas Cantik Untuk Dijadikan Hampers

Cara Memulai Bisnis
Sumber gambar: Detik Food

Tak bisa dimungkiri, tak bisa bertemu teman dan rekan membuat komunikasi yang biasanya lancar menjadi sedikit terhalang. Nah untuk menyambung silaturahmi ini, Ada bisa menjual makanan ringan atau snack yang memiliki pangsa pasar yang cukup besar dan Anda hias secantik mungkin dilengkapi kartu ucapan.

Saat makanan ringan ini dikemas cantik dan rapi ala hampers kekinian, Anda bisa meraup untung yang lebih besar lagi. Cukup tambahkan pita maka makanan ringan Anda menjelma menjadi cantik dan memiliki harga jual yang istimewa.

Anda bisa membelinya lewat supplier agar lebih murah atau memasak sendiri makanan ringan buatan anda.

9. Membuka Bisnis Thrift shop

Bisnis lainnya yang bisa Anda coba selama #DiRumahAja adalah thrift shop alias thrifting. Bisnis ini mengacu pada tindakan belanja di sebuah toko barang bekas, pasar loak, garage sale dengan tujuan untuk menemukan barang menarik dengan harga yang lebih murah.

Sumber gambar: Racked

Ya bisnis ini merupakan penjualan produk second yang masih layak pakai, yang dikenal dengan nama thrift store. Bisnis ini bisa menjadi salah satu contoh usaha modal kecil untung besar yang bisa Anda coba.

Thrift sendiri artinya penghematan atau cara dalam penggunaan uang dengan menghindari pemborosan dan store berarti toko. Thrift store dapat diartikan sebagai toko penghematan. 

Sehingga jangan lewatkan peluang bisnis ini, thrift store merupakan bisnis kekinian yang sangat tepat untuk saat ini. Bisnis yang tidak memerlukan modal awal yang besar ini dapat menghasilkan keuntungan dalam jumlah yang banyak.

Anda bisa memasarkannya secara online melalui online marketplace khusus barang-barang preloved misalnya yakni melalui Carrousel atau Instagram.

10. Menjadi Dropshipper

Dropship merupakan sebuah usaha jual beli online di mana penjual tidak melakukan stok barang ataupun proses pengiriman. Dengan dropship Anda bisa jualan online tanpa modal dan stok barang.

Cara Memulai Bisnis
Sumber gambar: Lifepal

Lalu apa yang menguntungkan dari menjadi dropshipper?

  1. Menguntungkannya saat menjadi dropshipper pada usaha dropship online ini, Anda tidak perlu lagi berjualan hingga menyebabkan stok barang banyak sampai penuh, 
  1. Anda tak perlu khawatir akan mengalami kerugian. Berbeda halnya jelas dengan bisnis biasanya, jika tidak laku barang-barang pun akan berpotensi mubazir dan terabaikan, mengakibatkan Anda bisa mengalami loss alias rugi.

Bisnis dropshipper dengan menjual produk supplier lain tanpa harus memiliki stok barang ini tentu saat menguntungkan dan menggiurkan bukan?

Dengan kata lain Anda di sini cukup sebagai perantara saja. Namun saat Anda berhasil mendapatkan order, Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan dari capital gain yang terjadi. 

Untuk proses selanjutnya pada proses shipping delivery akan dilakukan oleh supplier.

Lalu jika ingin melakukan bisnis ini, bagaimana cara memulai bisnis dropshipper?

  • carilah produk yang paling populer dan terapkan strategi promosi yang mumpuni
  • Selanjutnya Anda bisa mencoba memperhatikan dan belajar menjalankan bisnis dropshipper dari E commerce besar di Indonesia sekarang ini seperti tokopedia, shopee, dan lain sebagainya.
  • Nah saat Anda telah serius untuk bisa menjadi dropshipper, Anda bisa mencoba menjadi dropshipper di online marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, dan lain sebagainya.
  • Jangan lupa, sata menjadi dropshipper, Anda tetap harus melakukan promosi pada produk anda. Untuk mempromosikan usaha anda, Anda dapat menjangkau seluruh konsumen di Indonesia melalui media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram,  Line dan sebagainya untuk menguatkan engagement usaha anda.
Sumber gambar: moving.com

Selanjutnya, bagaimana cara menjalankannya usaha dropship online ini? Apakah susah?

Jangan khawtir, caranya cukup mudah! Berikut caranya!

  1. Cari jenis produk yang ingin di jual
  1. Cari suplier yang terpercaya di e commerce yang ada di Indonesia
  1. Jangan lupa promosikan lewat media sosial, getok tular, blog pribadi atau forum online
  1. Eksekusi strategi promosi terbaik yang Anda bisa gunakan secara maksimal modal usaha rumahan yang satu ini yaitu internet dan smartphone atau laptop. tidak membutuhkan rumah toko besar, cukup dengan perangkat tersebut, Anda mampu menjalankan usaha rumahan ini.

11. Bukalah Bisnis Healthy Catering

Cara Memulai Bisnis
Sumber gambar: Netclipart

Saat ini, gaya hidup sehat tengah menjadi tren kekinian bagi sebagian orang. 

Berkembangnya peningkatan gaya hidup dan pola makan sehat dalam masyarakat Indonesia tampaknya telah membuka peluang baru yang bisa Anda manfaatkan untuk bisnis anda. 

Hal ini karena banyak sekali masyarakat yang ingin menerapkan pola hidup sehat dan melakukan diet. Sehingga permintaan untuk makanan sehat namun tetap lezat pun meningkat. 

Nah, Anda bisa memakai peluang bisnis ini, untuk menciptakan catering yang sehat namun tetap lezat dan praktis.

“ Lalu berapa modal awalnya untuk menjalankan bisnis ini? ”

Mulai dengan modal Rp4.000.000 saja sudah cukup untuk menjalankan bisnis ini, menariknya dengan modal yang tak terlalu besar, Omzet yang kelak akan didapatkan pun terbilang tinggi. 

Misal, Order masuk 50 porsi dengan harga Rp30.000 per porsi.

Maka estimasi keuntungan Rp30.000 x 50 porsi= Rp1.500.000.

Modal estimasi 50 porsi= Rp500.000

Estimasi Pendapatan

Nah mari berhitung secara sederhana, jika sehari saja Anda bisa memiliki pelanggan sebanyak itu, maka potensi penghasilan sebulan bisa mencapai Rp500.000 dikalikan 30 hari= Rp15.000.000. Sangat menggiurkan ya.

12. Bisnis Affiliate Marketing

Sumber gambar: Masterfile

Selama #DiRumahAja mungkin Anda ingin produktif namun tak terasa tertekan? Ingin bekerja tetapi tidak terasa seperti bekerja? Nah, maka bisnis affiliate marketing lah jawabannya. Bisnis ini bisa Anda coba. 

Bagaimana tidak? 

Bisnis affiliate marketing ini merupakan bisnis yang bisa mendatangkan pasif inkam. Ditambah adanya peluang teknologi yang terus berkembang, kian mendukung usaha ini. 

“Lalu Affiliate marketing itu apa sih sebenarnya?’’

Nah bisnis ini merupakan sistem bisnis dengan membayar jasa saat orang itu berhasil menjual produk atau jasa merchant atau perusahaan yang mempunyai produk atau jasa yang dipasarkan melalui Internet dan membutuhkan orang lain untuk menjual produk/jasanya.

Affiliate marketing memiliki cara kerja dengan commision basis atau berbasis komisi. Jika Anda berhasil menjual produk, maka Anda mendapatkan komisi dari supplier.

13. Jasa Penerjemahan

Sumber gambar: freepik

Anda bisa bahasa asing?

Jika bisa berbahasa asing seperti inggris maupun Jerman dan lain sebagainya, Anda bisa menjadikan keahlian ini menguntungkan bagi Anda.

Oleh karena itu, jika ada kerjaan lepas untuk translasi, Anda bisa memanfaatkan peluang ini sebagai translator lepas. Anda dapat menagihkan sejumlah biaya dan menerima penghasilan tambahan. Terjemahan tersebut dapat untuk dokumen seperti skripsi, artikel, makalah ataupun dokumen lainnya.

Sangat lumayan pendapatannya, tarif untuk bisnis penerjemah sampingan biasanya berkisar antara Rp50/kata. Jadi untuk 1 halaman yang memiliki 500 kata maka Anda dapat menagih sebesar Rp25.000. Kita asumsikan jika Anda dapat menerjemah 20 halaman dalam 1 hari, keuntungan yang diperoleh dapat mencapai Rp500.000! 

Menggiurkan bukan?

14. Broker Property / Makelar Property

Sumber gambar: 99.co

Nah awal mulanya properti berasal dari bahasa inggris “property” yang berarti sesuatu yang dapat dimiliki seseorang. Di Indonesia, istilah properti identik dengan real estate, rumah, tanah, rumah toko, gedung, atau gudang.

Properti bisa diartikan sebagai aset yang tidak pernah mengalami depresiasi atau penurunan nilai harga. Baik itu rumah, apartemen ataupun rumah toko, semua jenis properti ini secara umum akan memiliki harga jual yang meningkat seiring dengan waktu. 

“ Lalu, cara untuk memulai bisnis ini bagaimana? ”

Caranya Anda harus terbukti mampu menjadi orang yang mampu menarik orang lain dan terbukti kredibel, setelah itu Anda perlu mencari informasi tentang perusahaan agen properti yang menerima agen lepas. 

15. Bisnis MLM

Cara Memulai Bisnis
Sumber gambar: freepik

Apakah Anda ingat tentang bisnis MLM? Tentu Anda sudah tak asing ya tentang MLM?

MLM ialah akronim dari Multi Level Marketing yang merupakan suatu cara pemasaran berjenjang atau berantai. 

Apa maksudnya?

Jadi penjualan yang Anda lakukan akan memberikan Anda kompensasi serta penjualan yang dibuat oleh rekrutan anda. 

Pada Bisnis MLM atau Multi Level Marketing ini merupakan suatu cara pemasaran berjenjang atau berantai. Jadi penjualan yang Anda buat akan memberikan Anda kompensasi serta penjualan yang dibuat oleh rekrutan Anda. 

Seperti contohnya Anda mengikuti bisnis MLM untuk penjualan sebuah produk kosmetik. Ketika Anda merekrut teman Anda atau mengajak mereka untuk menjual produk kosmetik ini, setiap penjualan yang mereka buat maka Anda akan menerima komisi. Begitu juga ketika masing-masing teman Anda merekrut anggota baru.

16. Berjualan Produk  dengan Sistem Pre order

Sumber gambar: freepik

Nah, jika Anda belum punya produk atau produknya belum siap, Anda bisa saja mencoba dagang dengan sistem pre order. Bisnis ini umumnya digunakan pada usaha bisnis sistem homemade, jadi diproduksi berdasarkan pesanan. Bisa makanan atau suatu barang.

Seperti sistem JIT pada Toyota, sistem Pre Order Produk ini sangat menguntungkan. 

Bagaimana tidak?

Sistem Pre order ini dapat menghindarkan kita dari produk yang tidak laku, sehingga bisa meminimalkan waste. Baik waste of money, waste of time, maupun waste of inventory. 

Nah, agar bisnis Anda berjalan lancar, manfaatkan internet untuk promosi. Misalnya gunakan media sosial, blog pribadi atau membuka toko online di marketplace.

17. Jasa Desain Grafis Digital

Cara Memulai Bisnis
Sumber gambar: wired

Selama di rumah, laptop dan koneksi internet bisa Anda jadikan uang dan pendapatan. Ya, berkembangya teknologi di era ini nyatanya menjadikan tren bisnis desain grafis belakangan ini terus mengalami peningkatan pesat. 

Apakah Anda memiliki hobi melukis atau mendesain?

Jika iya, selamat! Anda bisa memanfaatkan bakat Anda ini. Tidak semua orang memiliki keahlian ini. Sistemnya sama dengan pekerja lepas atau freelancer. Anda bisa mencari klien melalui beberapa website desain di Indonesia seperti Fastwork, Sribu.com dan Projects.co.id. 

Anda juga bisa lho memakai website inggris untuk pasar internasional dengan tariff lebih tinggi seperti 99designs.com, Elance.com, dan Upwork.com (dulu bernama Odesk.com).

Dari website-website itu, Anda mungkin dapat pekerjaan untuk desain kartu nama, logo perusahaan, gambar di baju, maskot, poster, booth, interior dan banyak lagi. 

Nah, setiap pekerjaan ini memiliki bayaran yang bervariasi tergantung kesepakatan Anda dengan klien anda. Modal yang Anda perlukan untuk cara memulai bisnis sampingan ini adalah keahlian Anda dalam membuat desain grafis, koneksi internet, dan laptop / komputer.

Ada banyak sekali jenis desain atau lukisan digital yang bisa Anda buat, berikut beberapa contoh usaha desain grafis yang bisa Anda Garap :

  1. Desain lukisan self portrait
  2. Desain gambar Tshirt
  3. Desain web atau blog
  4. Desain animasi 3D
  5. Desain logo, kartu nama, banner iklan
  6. Dan lain sebagainya

18. Social Media Influencer

Cara Memulai Bisnis
Sumber gambar: popbela

Siapa yang tak melihat influencer dewasa ini?

Setiap buka Instagram, YouTube, TikTok, dan lain sebagainya kita akan sangat mudah menemui influencer sedang meng endorse atau mempromosikan sebuah produk.

Ya ini memanglah job yang sudah tidak asing lagi di era modern ini. 

Lalu apa itu Social media influencer?

Social media influencer yakni individu seperti blogger, youtuber, vlogger, selebrita hingga ahli yang memiliki pengaruh atau dampak yang besar di dunia online. Orang-orang inilah yang kemudian disebut social media influencer.

Nah setelah Anda memiliki jumlah follower yang cukup banyak dan keberadaan Anda cukup terkenal atau diakui sosial, maka Anda dapat menghampiri perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang berhubungan dengan konten Anda. 

Selanjutnya, Anda dapat bernegosiasi untuk mempromosikan produk mereka di media sosial Anda dengan sejumlah biaya.

19. Social Media Manager

Berkaitan dengan influencer dan sosial media, ada pula social media manager. Jika Anda ingin mencoba usaha sampingan ini, modal yang diperlukan adalah data analisis dan manajemen waktu yang baik untuk mengatur sosial media. 

Cara Memulai Bisnis
Sumber gambar: freepik

Sebagian perusahaan kecil ataupun sosial media influencer membutuhkan bantuan untuk mengatur sosial media mereka. Nah maka tugas anda ini tidak hanya sebatas untuk membuat postingan tetapi juga untuk memikirkan caption yang bagus sehingga banyak jumlah likes dan meningkatkan follower dari sosial media tersebut.

20. Bisnis Forex

Wah tak dimungkiri, bisnis ini tak mudah memang namun dapat menghasilkan keuntungan hingga ratusan juta rupiah.

Cara Memulai Bisnis
    Sumber gambar: freepik

Ya, Bisnis Forex Trading adalah Anda memperdagangkan (menjual/membeli) produk keuangan, dalam hal ini menggunakan forex (mata uang) berdasarkan harga yang berlaku di pasar saat transaksi berlangsung. Menggunakan broker forex resmi di Indonesia yang terdaftar di otoritas Bapepti.

Bisnis satu ini mungkin akan membutuhkan keterampilan dalam membaca kondisi ekonomi dari sebuah negara dan dunia secara matang. Anda perlu menganalisis berita tentang ekonomi yang tersedia. Kemudian memberikan spekulasi terkait dampak berita atau peristiwa tertentu pada mata uang dari negara tersebut.

Nah bagaimana ulasan dan inspirasi tentang cara memulai bisnis di atas? Sangat mudah untuk dilakukan bukan.

Semoga saat pandemi ini anda bisa terus berkarya dan semangat ya.

Salam sukses! Selamat mencoba!

Related Posts

Serial Patehan – Jurus 6: Jaga Teras, Ruang Tunggu, dan Dapur

DARI REDAKSI Halo sobat Aksoro! Kali ini Aksoro kembali menyapa Anda lewat serial bonus eksklusif bagi pemilik buku “Kami Siap Tempur”. Ebook yang Anda baca merupakan lanjutan ebook series “24 Resep Bikin Hati Customer Lumer”. Kali ini, kami hadir dengan format...

5 Strategi Jitu Digital Marketing Indonesia

Digital marketing di Indonesia memiliki potensi yang sangat cerah. Hal ini seiring dengan terus tumbuhnya pengguna internet.  Per Januari 2020, populasi pengguna internet di Indonesia menurut We Are Social mencapai angka 175,4 juta orang. Angka ini meningkat 17%...

Menerapkan Content Marketing sebagai Digital Marketing Strategy

Sekarang ini, digital marketing sudah bukan lagi barang baru. Hampir semua brand dan perusahaan melakukannya. Oleh karena itu, penting untuk memiliki digital marketing strategy yang tepat untuk bisnis Anda.  Digital marketing adalah salah satu bagian dari...

General Info

Alamat

Jl. Pasir No.35, Patuk, Banyuraden, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55294

Whatsapp

+6285721004073

EMAIL

halo@aksoro.co.id

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *