Cara Menawarkan Produk Secara Daring yang Bisa Membuat Bisnis Anda Melesat

August 11, 2020

Siapa yang tidak mau sukses? 

Ya, semua orang di dunia ini pasti mengharapkan kesuksesan besar pada hidupnya juga bisnisnya.  Agar mampu meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis online shop, ada banyak hal yang harus diperhatikan dan juga dipersiapkan dengan matang.

Salah satunya menyusun strategi bisnis yang tepat, mempunyai produk yang unik dan mempunyai ketekunan masih belum cukup untuk memperoleh banyak orderan dari para pelanggan.

Beruntungnya, di era industri 4.0 saat ini semuanya terasa mudah dan cepat berkat bantuan teknologi. Kemudahan ini juga berimbas pada cara promosi dan pemasaran suatu bisnis. 

Banyak dari pengusaha yang sudah mengadaptasi hal ini. Mereka berbondong–bondong mulai belajar cara mempromosikan produk makanan di media online. 

Usaha makanan ini memang merupakan sebuah usaha yang tak akan pernah ada hentinya. Selagi masih ada manusia maka usaha ini akan terus berkembang. Sementara itu, jumlah manusia terus bertambah dari tahun ke tahun. Artinya peluang usaha makanan akan selalu ada dan memiliki variasi yang sangat banyak.

cara menawarkan produk
Sumber gambar: Freepik

Namun meski terlihat mudah, promosi menggunakan media online tidak bisa dilakukan sembarangan dan asal-asalan. Untuk mempromosikan produk makanan anda di media online diperlukan strategi yang mumpuni agar produk makanan yang anda punya cepat diketahui dan diminati oleh calon pelanggan anda.

Nah, nyatanya banyak juga teknik yang harus dikuasai dan dipahami mengenai cara memasarkan produk makanan melalui internet. Karena persaingan semakin ketat, oleh sebab itu cara promosi makanan online juga harus memperhatikan banyak hal. 

Sebuah produk dalam suatu bisnis yang dipasarkan secara online tentunya juga memerlukan promosi sebagai media pemasarannya karena tanpa adanya promosi usaha sulit untuk bisnis dikenal oleh konsumen. 

Lalu bagaimana cara menawarkan produk yang efektif?

Cara Memulai Usaha dan Menawarkan Produk Agar Dapat Laris Manis

Anda bisa melakukan strategi promosi dalam menawarkan produk Anda.

Promosi yang dikemukakan oleh para ahli pemasaran dan manajemen diseluruh dunia sebenarnya banyak sekali, namun tetap kesimpulannya kurang lebih sama. 

Promosi ialah cara untuk memberitahukan, mempersuasi, menginformasikan, menawarkan, membujuk, atau menyebarluaskan suatu produk atau jasa kepada calon konsumen dengan tujuan agar calon konsumen tersebut pada akhirnya dapat melakukan pembelian.

Sumber gambar: Freepik

Promosi usaha kini pun sangat berguna sebagai sarana engagement dengan konsumen sehingga dampak yang diperoleh lebih panjang. Bahkan karena alasan ini promosi usaha sudah menjadi hal yang sangat wajib dilakukan bahkan ketika bisnis telah berkembang.

Tentu saja sebagai pemilik bisnis anda tidak ingin jika biaya yang dikeluarkan cukup banyak menuai hasil yang tidak efektif. Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam memilih cara promosi yang memang sesuai dengan bisnis Anda sehingga hasilnya bisa maksimal. 

Lalu bagaimana cara memulai usaha dan menawarkan produk agar dapat laris manis? Simak ulasannya berikut ini.

1. Jangan Lupa Untuk Menjaga Kualitas Produk Agar Dapat Meningkatkan Rasa Percaya Konsumen

Menjaga kualitas makanan merupakan faktor pertama yang paling penting agar promosi berjalan sukses. Untuk itu, Anda perlu menjalankan aktivitas Quality Control meliputi:

  • Memastikan rasa makanan tetap lezat dan nikmat
  • Menjaga tampilan tetap bersih, menarik dan rapi.
  • Memastikan bahan yang digunakan berkualitas sesuai standar kesehatan

Nah, dengan menjaga kualitas makanan yang kita jual maka hal ini dapat membantu meningkatkan rasa percaya atau trustworthy konsumen kepada bisnis anda. Sehingga 

Sumber gambar: Freepik

konsumen selalu membeli produk Anda ketika dihadapkan pada produk yang sama di pasaran. 

Tak ketinggalan, dengan menjaga kualitas makanan anda, hal ini juga dapat menjaga nama baik produk Anda. Itulah alasan mengapa menjaga kualitas makanan merupakan poin pertama yang harus Anda perhatikan. Nama baik akan mempengaruhi kesuksesan usaha Anda untuk jangka panjang.

2. Mintalah Review dan Rating dari Konsumen

Ya, review dan rating dari konsumen sangat penting untuk mengembangkan produk Anda. Misalnya dengan cara mengisi kuesioner, survey online, atau dari email yang Anda kirimkan. 

Anda juga dapat memberikan hadiah jika konsumen Anda bersedia mengisi kuesioner tersebut, misalnya memberikan sampel produk baru, atau memberi voucher bagi beberapa konsumen yang beruntung.

Hal ini merupakan iklan secara  tak langsung yang dapat mendorong konsumen lain yang membaca review ini tergerak untuk membeli produk yang Anda jual, sehingga Anda harus benar – benar menjaga kualitas produk dan pelayanan Anda.

3. Coba Ikuti Event – Event Agar Dapat Meningkatkan Brand Awareness

Backpackers City | Free Vectors, Stock Photos & PSD
Sumber gambar: Freepik

Brand awareness merupakan strategi jitu lainnya yang dapat meningkatkan penjualan produk Anda. Nah sebagai pebisnis makanan, Anda bisa memanfaatkan kegiatan bazar atau event lainnya sebagai ajang iklan Anda.

Anda juga dapat memanfaatkan event tersebut untuk memberikan harga spesial atau diskon khusus. Strategi ini dapat memberikan Anda konsumen baru. 

4. Aktif di  Media Online 

Seperti kita tahu, pengguna internet di Indonesia begitu tinggi. Ini tentu menjadi peluang emas untuk Anda melakukan promosi. Anda dapat menjangkau konsumen dari manapun.

Tentu saja, penggunaan promosi dengan memanfaatkan platform online bisa menjadi pilihan sangat bervariasi, tergantung dari budget dan kemampuan yang Anda miliki. Unggahan Anda tentang produk dan promosi di media sosial dapat diakses oleh ribuan orang, baik lokal hingga internasional. 

Happy asian women are using smart phone on the bed in morning ...
Sumber gambar: Freepik

Jangkauan yang luas ini bisa dilakukan dengan biaya yang tidak terlalu tinggi karena pemakaian media sosial memang tidak dipungut biaya. Promosi dengan media online seperti memapromnfaatkan media sosial terkenal lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan media televisi.

Selain itu, promosi di media sosial tidak hanya tentang menjual, tetapi juga dapat membantu branding dan komunikasi dua arah dengan pelanggan di media sosial. 

Strategi ini membuat loyalitas konsumen lebih bertahan lama.

Anda cukup sediakan smartphone dan internet maka anda sudah bebas untuk melakukan penjualan dan promosi secara luas bahkan hingga ke mancanegara.

5. Lakukan Diferensiasi Atau Tonjolkan Keunikan Produk Anda Dibanding Produk Pesaing Untuk Menciptakan Permintaan yang Tinggi

Nah, agar produk yang Anda jual bisa cepat laku dan disukai oleh para calon konsumen, coba buat dan temukan competitive advantage atau sesuatu yang beda dari kompetitor Anda. Anda bisa mulai dari pertanyaan sederhana seperti berikut:

  • Apakah produk yang dibuat memiliki sesuatu yang baru dari yang lain?
  • Apakah memberikan keuntungan tersendiri untuk konsumen dari segi uang, waktu atau usaha?
  • Apakah dibuat dengan cara berbeda?
  • Apakah lebih sehat dari segi bahan?
  • Tampilan lebih menarik?
Young asian smiling woman point her hand at background , positive ...
Sumber gambar: Freepik

Atau anda juga bisa melakukan analisis sederhana menggunakan SWOT untuk mengetahui keunggulan anda dibanding pesaing. Jadi, pastikan bahwa produk Anda merupakan produk pilihan terbaik.

Dengan cara ini, anda dapat membuat calon konsumen lebih melirik dan memilih produk Anda ketimbang pesaing Anda. Silahkan Anda buat strategi tersendiri agar produk Anda mampu bersaing dari yang lain.

6. Berpikir Kreatif Dengan Membuat Slogan Atau Jingle yang Menarik Agar Konsumen Selalu Ingat Produk Anda

Menarik, nyatanya dalam membuat iklan agar selalu menjadi Top of Mind dalam benak konsumen. Ada satu teknik yang menarik dan sering digunakan oleh perusahaan besar. Teknik yang digunakan berupa slogan yang gampang membuat konsumen selalu ingat.

Cara ini cukup efektif agar promosi Anda dapat berjalan lancar. Anda dapat memasang slogan pada kemasan produk Anda atau pada setiap iklan audio video yang Anda buat.

Buat slogan yang cocok dengan produk Anda, carilah kata yang paling simple atau kata yang lazim digunakan yang sesuai dengan produk. Anda bisa belajar membuat slogan dari perusahaan makanan terkenal.

Business asian woman writing on notebook on table with laptop ...
Sumber gambar: Freepik

Misalnya: 

“Sushi Mentai? Ya Sushi Genji!”

“Silky Pudding Mow Seleraku!”

7. “Tak Kenal Maka Tak Sayang”, Maka Coba Berikan Contoh Agar Konsumen Mengenal Produk Anda

Ya, suatu produk dapat dipercaya konsumen ketika produk tersebut juga percaya diri.

Caranya adalah dengan memberikan contoh gratis untuk dicoba terlebih dahulu. Dengan cara seperti ini konsumen dapat menjadi semakin yakin dengan produk Anda.

Bukan hanya produk makanan, produk seperti mobil juga memanfaatkan teknik ini seperti dengan test drive dan lain sebagainya.

Namun, saat Anda memutuskan untuk menjalankan strategi ini, pastikan profit atau keuntungan usaha tetap berjalan lancar. Buat catatan secara khusus biaya yang diperlukan untuk memberikan contoh kepada konsumen. Karena kita tahu bahwa manajemen keuangan merupakan faktor yang harus selalu dijaga. Tujuannya tentu agar cash flow tetap sehat.

8. Berikan Reward Untuk Konsumen Loyal Anda

Sumber gambar: Freepik

Loyalitas konsumen merupakan suatu dorongan perilaku untuk melakukan pembelian secara berulang-ulang dan untuk membangun kesetiaan pelanggan terhadap suatu produk atau layanan jasa.

Pada umumnya, loyalitas konsumen akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Kepuasan atau satisfaction, merupakan pengukuran gap antara harapan konsumen dengan kenyataan yang mereka terima atau yang dirasakan.
  • Ikatan emosi atau emotional bonding, yaitu konsumen dapat terpengaruh oleh sebuah produk yang memiliki daya tarik tersendiri. Ikatan yang tercipta adalah ketika konsumen merasakan ikatan yang kuat dengan konsumen lain yang menggunakan produk atau jasa yang sama.
  • Kepercayaan atau trust, yaitu kemauan seseorang untuk mempercayakan perusahaan atau sebuah merek untuk melakukan atau menjalankan sebuah fungsi.
  • Kemudahan atau choice reduction and habit, yaitu konsumen akan merasa nyaman dengan kualitas produk ketika mereka mudah saat melakukan transaksi.
  • Pengalaman dengan perusahaan atau history with company, yaitu sebuah pengalaman seseorang pada perusahaan yang dapat membentuk perilaku. Ketika mendapatkan pelayanan yang baik, maka konsumen akan mengulangi melakukan transaksi pada perusahaan tersebut.
Sumber gambar: Freepik

Nah, akan ada konsumen yang begitu loyal dengan produk Anda. Dengan kata lain, konsumen tersebut menjadi pelanggan setia Anda. Agar konsumen tersebut tetap setia, Anda dapat memberikan hadiah berupa diskon khusus atau pelayanan khusus.

Sebagai contoh Anda memberikan bonus satu produk setiap 5 pembelian yang dilakukan. Hal ini maka akan memancing para konsumen lain untuk ikut mendapatkan hadiah. Ini strategi yang cukup efektif. Namun pastikan sesuaikan dengan konstruksi laba anda, pastikan anda tetap mendapatkan laba ya.

9. Menyebarkan Selebaran Atau Stiker Agar Produk Anda Semakin Terkenal

Terdengar tradisional memang. Namun cara ini efektif untuk calon konsumen yang jarang involved dengan media sosial advertising, seperti para orang tua.

Anda bisa membuat desain selebaran atau brosur yang menarik. Seperti yang telah disebutkan diatas, buat juga slogan yang sesuai dan mudah diingat. Cara ini cukup efektif untuk mendatangkan pelanggan baru.

Anda juga dapat menambahkan kelebihan produk Anda pada selebaran tersebut, seperti menambah apa saja resep yang tersedia, menambah bahan unggulan yang digunakan dan lain sebagainya.

10. Tingkatkan Kualitas Layanan Untuk Menarik Hati Konsumen

Berikan yang terbaik bukan hanya produk namun pelayanan. Jika Anda memiliki karyawan yang bertugas melayani konsumen, berikan pendidikan pada mereka bagaimana cara melayani konsumen dengan baik. 

Hal ini penting mengingat hati konsumen harus dikuasai terlebih dahulu agar mereka menjadi pelanggan setia Anda.

11. Meningkatkan Kerja Sama Untuk Memperluas Jangkauan Produk Anda

Kerja sama yang luas dapat memberikan keuntungan yang besar bagi bisnis makanan Anda. Banyak sekali jenis kerja sama yang bisa Anda terapkan agar bisa saling bertukar exposure pada produk anda.

12. Berikan Diskon

Siapa yang tak suka diskon?

Diskon selalu jadi jurus andalan pemilik bisnis untuk menarik pembeli. Sebagian besar konsumen biasanya akan memutuskan untuk membeli ketika melihat label potongan harga tertera di produk Anda. 

Jenis-jenis diskon yang bisa diterapkan cukup banyak. Bisa dalam bentuk potongan harga, mendapatkan produk gratis untuk pembelian dalam jumlah tertentu, diskon khusus untuk profesi tertentu, diskon melalui kode voucher, diskon ongkos kirim dan lain sebagainya.

Namun dalam penerapan diskon tidak boleh gegabah. Sesuaikan dengan jenis produk, keuntungan yang ingin dicapai dan kemampuan modal Anda. Jangan sampai diskon ini yang justru menyebabkan kerugian pada bisnis Anda.

13. Memanfaatkan Momentum

Agar semakin terasa experience yang dapat dirasa oleh konsumen, anda bisa coba untuk manfaatkan momen – momen berharga dan spesial seperti perayaan hari raya idul fitri, natal, hari sumpah pemuda, hari ulang tahun dan lain sebagainya. 

Silahkan beri penawaran terbaik atau harga terbaik ketika hari-hari seperti ini datang. Atau bisa juga dengan mengonsep produk Anda sesuai dengan momen yang sedang dirayakan. Pada hari-hari besar seperti ini, biasanya calon pelanggan akan berbondong-bondong mencari barang yang akan menggambarkan momen yang mereka rayakan.

Mereka bisa saja berbelanja dengan jumlah yang sangat banyak, jadi tidak terlalu merugikan jika Anda memberikan harga yang lebih miring. Ini justru akan lebih menarik minat konsumen untuk membeli di tempat Anda daripada ke tempat lain dengan produk yang sama.

14. Menjadi Sponsor

Ya bukan tak mungkin strategi iklan ini dilakukan. Saat ini banyak sekali event-event yang diadakan oleh berbagai pihak baik itu sekolah, kampus, perusahaan, instansi, event organizer tertentu dan lain sebagainya. 

cara menawarkan produk
Sumber gambar: Freepik

Biasanya, penyelenggara membutuhkan sponsor untuk mendukung event tersebut. Anda dapat memanfaatkan event ini sebagai wadah promosi dengan berpartisipasi menjadi sponsor.

Dengan menjadi sponsor dalam suatu event, maka MC biasanya akan membacakan nama-nama sponsor bahkan hingga berulang kali. Selain itu, Anda dapat membuat brand Anda lebih dikenal dengan memberikan produk sebagai doorprize atau memasang booth pada event tersebut.

15. Cobalah Membuka Kesempatan Untuk Orang Lain Menjadi Reseller dan Dropshipper

Reseller adalah pelaku yang menjual kembali produk yang dibeli dari Supplier atau Distributor. Contoh, Penjual A menjadi seorang Agen Telur Ayam dengan membeli produk yang cukup banyak dari Distributor. Kemudian produk yang dibeli dalam quantity yang cukup banyak dari Distributor tersebut dijual kembali kepada End User.

Berbeda dengan dropshipper, dropshipper adalah agen atau penjual yang menjual kembali produk dari supplier atau distributor, tetapi tidak memiliki produknya (dropship). Jadi, Dropshipper hanya memunculkan atau menjual informasi dari suatu produk. 

Para reseller dan dropshipper ini dapat menjadi pihak-pihak yang ampuh 

dalam mempromosikan brand Anda. Keduanya akan menjadi perpanjangan tangan yang membuat Anda menjual produk lebih cepat. 

Dropship Images | Free Vectors, Photos & PSD
Sumber gambar: Freepik

Dengan adanya reseller dan dropshipper, Anda dapat mempromosikan dan menjual produk bahkan ke daerah yang belum pernah dijangkau sebelumnya. 

16. Membuat Give Away

Ya, netizen atau calon pelanggan online jaman sekarang sangat menyukai give away. Hampir semua orang menyukai hadiah. Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan hadiah sebagai sarana untuk menarik konsumen. 

Agar lebih efektif dan seru untuk promosi, Anda bisa memberikannya melalui program giveaway melalui kuis dan menjawab pertanyaan, mengikuti kontes, mempromosikan brand Anda, membagikan postingan Anda di media sosial dan lainnya. 

Cara ini tidak hanya menarik konsumen tetapi dapat juga menaikkan engagement bisnis Anda.

17. Strategi Word of Mouth

Ini dia promosi paling efektif  dari dulu hingga saat ini yang dapat dilakukan. Ya, Word of Mouth atau getok tular adalah strategi pemasaran dari mulut ke mulut. 

Menurut Kotler dan Keller, Word of mouth communication (WOM) atau komunikasi dari mulut ke mulut merupakan proses komunikasi yang berupa pemberian rekomendasi baik 

Young women eating hot-dogs | Free Photo
Sumber gambar: Freepik

secara individu maupun kelompok terhadap suatu produk atau jasa yang bertujuan untuk memberikan informasi secara personal.

Strategi ini memberikan informasi dari satu konsumen, lalu konsumen tersebut akan memberikan informasi kepada orang lain lagi, dan siklusnya terus begitu. Dengan begitu, informasi mengenai usaha Anda akan tersebar di pasaran.

Selain itu ada manfaat lain dari WOM, manfaat tersebut antara lain:

  • Word of Mouth adalah sumber informasi yang independen dan jujur disaat informasi datang dari seorang teman itu lebih kredibel karena tidak adanya asosiasi dari orang dengan perusahaan atau produk.
  • Word of Mouth sangat kuat sebab memberikan manfaat kepada yang bertanya dengan pengalaman langsung mengenai produk melalui pengalaman teman dan kerabat.
  • Word of Mouth disesuaikan dengan orang-orang yang terbaik didalamnya, seseorang tidak akan bergabung dengan percakapan, kecuali mereka tertarik pada topik diskusi.
  • Word of Mouth bisa menjadi media iklan informal
  • Word of Mouth bisa mulai dari satu sumber bergantung bagaimana kekuatan influencer dan jaringan sosial menyebar dengan cepat dan secara luas kepada orang lain.
  • Word of Mouth tidak dibatasi ruang atau kendala lainnya seperti ikatan sosial, waktu, keluarga atau hambatan fisik lainnya.

18. Buat Website Atau Toko Online Anda Sendiri Melalui Online Marketplace 

Looking At | Free Vectors, Stock Photos & PSD
Sumber gambar: Freepik

Cara memulai usaha dan beriklan selanjutnya adalah anda bisa membuka platform jualan milik anda sendiri.  Ya, dalam berbisnis tentu anda membutuhkan sarana atau dengan kata lain tempat untuk berjualan. 

Inilah salah satu benefit menjalankan bisnis lewat internet, kita tidak harus menggunakan tempat secara fisik, seperti bangunan toko, bangunan ruko, atau gedung yang besar.

Menentukan platform jualan online yang akan anda gunakan. Bisa dilihat ya dewasa ini telah tersedia berbagai pilihan yang bisa anda coba. Bisa anda coba salah satunya, atau hanya beberapa, bahkan bisa anda coba semuanya.

Beberapa pilihan platform jualan yang tersedia antara lain adalah sebagai berikut:

  • Media sosial seperti Facebook dan Instagram,
  • Website marketplace seperti Tokopedia, JD.id, Zalora, Lazada, Shopee, dan lain sebagainya
  • Website online shop berbayar seperti Shopify,
  • Website gratisan seperti blogspot dan WordPress.com,
  • Membuat website sendiri menggunakan alamat .com dan sebagainya
  • Pilih channel yang sekiranya Anda nyaman dan kuasai, syukur-syukur bisa pakai semuanya. Tetapi kalau belum bisa ya saran saya minimal pelajari yang Facebook dan Instagram.
cara menawarkan produk
Sumber gambar: Freepik

Ada tambahan tips rahasia untuk anda,  yakni:

  • Saat bisnis anda berada pada tahap awal, cobalah berjualan lewat pasar online (situs marketplace), situs media sosial, dan aplikasi social chat terlebih dahulu.
  • Ketika Anda sudah ingin lebih serius, anda baru bisa masuk untuk membuat website sendiri

Kelebihan menggunakan online marketplace:

  1. Online marketplace tak bisa dipungkiri jauh lebih mudah digunakan
  2. Tak butuh waktu lama untuk membuat akun dan mulai menjalankan usaha anda
  3. Poin yang paling penting lagi marketplace sudah memiliki trafik tinggi dan user yang banyak. Pastinya, akan jauh lebih mudah untuk menemukan pelanggan.

Lalu inilah keuntungan lainnya dalam memiliki website:

  • Ke depannya bisa kita jadikan sebagai pusat tempat rujukan ketika kita hendak menyebar promosi online lewat social media, forum, marketplace, ataupun situs jualan lainnya.
  • Bisa dijadikan parameter apakah seseorang itu serius dalam menjalani bisnis online atau tidak.
  • Dengan memiliki website, biasanya orang lain akan menjadi lebih mantap ketika hendak bertransaksi dengan kita.
  • Untuk membangun brand awareness dan menjadikan brand anda agar menjadi top of mind dalam pikiran konsumen, hal ini sangatlah efektif. Terlebih, anda bisa mencocokkan dan melakukan desain website anda sesuai dengan harapan dan branding yang ingin anda sampaikan. 
  • Tak sampai disitu saja, lewat toko online sendiri anda memiliki kendali atas data. Data penjualan misalnya, di sini anda dengan sangat mudahnya dapat mengetahui trend penjualan dari waktu ke waktu, bahkan demografi pembeli seperti usia, jenis kelamin, preferensi, serta model produk yang disukai pelanggan.
  • Belum lagi ada data yang berisi kontak online calon pelanggan. Melalui data inilah, Anda bisa melakukan targeting sesuai dengan data spesifik yang telah calon pelanggan isikan pada saat register di website anda. 
  • Anda bisa memanfaatkan ini untuk mengirim notifikasi promo atau produk baru ke pelanggan lewat email. Anda tinggal buat landing page berisi form untuk kumpulkan data yang diinginkan.
  • Ya, bisa dibilang segala upaya marketing bisa dilakukan dalam satu remot kontrol saja secara terpusat. Menariknya lagi, dalam satu halaman dashboard, anda punya kontrol untuk membuat promo, merilis aturan, memberikan layanan konsumen, manajemen inventori produk, dan mengatur reseller yang ingin bergabung. 
  • Dalam proses pembuatan website, Anda akan lebih banyak berkutat dengan hal-hal yang sifatnya teknis, seperti belajar menginstal aplikasi website, dan mungkin sedikit belajar bahasa pemrograman web.

Nah jika sudah mantap untuk membuat website, selanjutnya, anda akan membutuhkan nama domain dan hosting untuk membuat website.

Lalu apa itu domain? Dan apa itu hosting?

Domain adalah nama website Anda, contoh: www.usahasaya.com. Hosting ialah tempat untuk menaruh nama domain Anda dan file-file membentuk website.

Dan untuk hosting, jika menggunakan analogi bangunan toko di atas, hosting itu ibarat tanah. Semakin besar kapasitas hosting, maka akan semakin luas pula ukuran tanah toko Anda. Domain dan hosting merupakan satu kesatuan, dan tidak bisa dipisahkan untuk membangun sebuah website.

Nah jenis website ini juga beragam. Mari kita simak bersama!

  • Website Berbayar
cara menawarkan produk
Sumber gambar: Freepik

Web berbayar menjadikan anda untuk harus membayar biaya tahunan untuk menyewa hosting dan domain. Sehingga, kurang cocok untuk mereka yang masih pemula. Namun sangat cocok bagi pebisnis yang telah memiliki modal.

Cara ini mengharuskan kita menggunakan domain dan hosting sendiri. Artinya, anda harus mencari nama domain untuk alamat website anda, dan kemudian menyewa hosting untuk digabungkan dengan domain tersebut.

cara ini adalah cara yang direkomendasikan untuk yang telah memiliki modal. Keuntungannya banyak, dan salah satunya adalah dengan memiliki alamat domain sendiri, usaha online kita akan terasa lebih profesional di mata konsumen dan lebih dipercaya.

Nantinya kita bisa memiliki alamat website seperti contoh sebagai berikut:

www.foodblenger.com

www.steaklover.co

Untuk tahap permulaan, Anda mungkin tidak memerlukan kapasitas hosting yang terlalu besar. Anda bisa menyiapkan uang 150 ribu untuk sewa hosting, dan 100 ribu untuk membeli nama domain (total biasanya kisaran 250 – 350 ribu).

Confused beautiful young business woman at the desk with a laptop ...
Sumber gambar: Freepik

Namun perlu dicatat, nama domain hanya berlaku untuk setahun, jadi tahun depan jika Anda masih ingin menggunakannya, Anda harus melakukan perpanjangan. Begitu juga untuk hosting.

  • Website Gratisan

Nah kabar baiknya Anda masih bisa membuat website secara gratis, diantaranya ada WordPress, Blogspot, Typepad, Posterous, Tumblr, dan masih banyak lagi.

Namun sebaiknya, gunakan platform yang paling general dan paling banyak digunakan oleh orang – orang, sehingga coba pakailah WordPress atau Blogspot, karena kedua penyedia blog tersebut sudah banyak dikenal oleh para pengguna internet di dunia, dan juga lebih mudah dikenal oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing.

Contoh platform gratisan anda akan seperti berikut ini,

  • WordPress = http://bisnissaya.wordpress.com
  • Blogspot = http://bisnissaya.blogspot.com
  • Tumblr = http: //bisnisku.tumblr.com

Seiring berjalannya waktu, ketika bisnis Anda sudah mulai berjalan, dan mulai ada pemasukan, Anda bisa mempertimbangkan untuk upgrade menggunakan domain dan hosting berbayar.

cara menawarkan produk
Sumber gambar: Freepik

Dalam membuat website gunakan kata-kata yang memang pantas untuk Anda tampilkan di website, karena ini akan menjadi sarana promosi dan kantor online Anda.

Untuk materi konten web-nya, tampilkan yang simpel-simpel saja dulu, dan sebisa mungkin memuat informasi sebagai berikut:

  • Profil usaha.
  • Galeri gambar produk / jasa beserta keterangannya.
  • Alamat usaha lengkap dengan cara menghubungi Anda.
  • Cara pemesanan dan form order nya.
  • Logo usaha / bisnis.

Untuk logo dan desain, anda boleh coba cek di Canva. Sangat mudah, praktis, bagus, dan yang terpenting gratis! Cocok untuk anda yang berjiwa ekonomis.

Namun bagi anda yang tidak suka keributan dan menyukai hasil yang instan, mungkin solusinya untuk bisa membuat website bisnis yang profesional dan mungkin juga dengan nama domain sendiri.

Anda bisa meminta bantuan ke penyedia jasa pembuatan website yang banyak tersedia di internet. Atau bisa saja minta tolong dibuatkan teman Anda yang sudah biasa membuat web. 

Ini adalah rangkuman langkah – langkah ini untuk membuat toko online alias website idaman anda sendiri:

cara menawarkan produk
Sumber gambar: Freepik
  1. Pesan hosting dan domain yang terpercaya
  2. Instal WordPress
  3. Pilih CMS atau platform toko online
  4. Lakukan pengaturan web dan input produk

Nah jika website anda sudah ready dan siap digunakan, selanjutnya mulailah untuk mempromosikan website bisnis anda. Tujuannya adalah untuk mendapatkan kunjungan / trafik ke website kita.

Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan dan melakukan promosi melalui situs social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan situs social media lain yang Anda paham.

Kemudian, Anda juga bisa mulai memajang produk maupun jasa Anda di situs-situs direktori bisnis, situs forum seperti Kaskus, dan situs-situs online marketplace seperti Shopee, Bukalapak, Blibli,  Tokopedia,  OLX, Lazada, dan lain sebagainya.

Selain itu, untuk tingkat promosi yang lebih “advance” dan “sophisticated”, yakni melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dengan teknik SEO.

19. Menggunakan Google Analytic.

Anda juga bisa beriklan dengan menggunakan google ads dan Google Analytic. Melalui Analytics dari Google ini, teknologi ini mampu membantu anda untuk bisa memantau performa website secara keseluruhan. Seperti,

cara menawarkan produk
Sumber gambar: Freepik
  • Siapa calon pelanggan Anda? 
  • Di mana mereka tinggal? 
  • Halaman mana saja yang paling banyak dibuka oleh pelanggan di toko online? 
  • Channel marketing apa yang paling efektif? 
  • Bagaimana caranya? 

Canggihnya, tak sampai disitu saja. Google Analytics juga mampu melakukan tracking data khusus untuk bisnis anda. Anda bisa mengetahui performa website kompetitor dalam satu.

Sungguh canggih bukan?

Jadi anda harus benar – benar memanfaatkan momentum ini untuk memberikan respon yang meyakinkan. Selanjutnya, bangun hubungan dengan para pengunjung, beri informasi yang mereka butuhkan.

Selain itu, ada lagi tips cara  menawarkan produk yang tidak kalah penting yang harus Anda lakukan. Simak ulasannya berikut ini!

Tips Cara Menawarkan Produk

1. Jangan Remehkan ini, Namun Meminta Doa Restu serta Dukungan Dari Keluarga Terutama Orang Tua Itu Penting

Mid shot father and son hugging | Free Photo
Sumber gambar: Freepik

Doa Restu keluarga ini penting karena merupakan sikap, tindakan, dan menunjukkan ketulusan keluarga terhadap anggotanya. Anggota keluarga dipandang sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam lingkungan keluarga.

Keluarga sebagai tempat yang aman dan damai untuk istirahat dan pemulihan serta membantu penguasaan terhadap emosi. Aspek-aspek dari dukungan emosional meliputi dukungan yang diwujudkan dalam bentuk afeksi, adanya kepercayaan, perhatian, mendengarkan dan didengarkan.

Keluarga juga menjadi pendukung dari segi materil dan non materil. Jika sampai keluarga tidak mendukung, bukan tidak mungkin bisnis yang anda jalani akan tersendat susah untuk berkembang, malah bisa menjadi gagal karena tidak adanya dukungan dari keluarga. 

Nah, ketika orangtua, keluarga, dan orang terdekat telah memberi restu, hal tersebut menandakan bahwa mereka telah yakin bahwa pilihan hati dan keputusan yang anda lakukan itu tepat.

Sehingga dalam menjalankan usaha, dukungan keluarga sangat dibutuhkan, mulai dari awal merintis, sampai bisnis anda berkembang, hingga akhirnya mampu sampai meraih kesuksesan kelak.

2. Pahami Cara Kerja Administrasi Dan Pembukuan Sederhana Mengenai Bisnis Anda

cara menawarkan produk
Sumber gambar: Freepik

Pembukuan yang tepat memungkinkan Anda untuk menganalisis dan mengelola arus kas sehingga Anda dapat melihat gambaran yang lebih akurat tentang situasi keuangan bisnis Anda.

Jangan salah, meskipun usaha bisnis yang dijalani hanya sekelas rumahan saja dan mungkin belum besar, namun anda juga perlu menguasai administrasi walaupun hanya sederhana tetap penting bagi anda untuk selalu melakukan pencatatan administrasi dengan tertib, antara cash outflow dan inflow atau kas yang masuk dengan kas yang keluar. 

3. Berpikir Positif Bahwa Usaha Anda Akan Berprospek Baik

Berpikir positif memang nyatanya telah menjadi hukum alam memang bahwa hal ini akan berdampak positif pula pada segala apapun yang kita lakukan.

Nyatanya dengan berpikir positif, bahwa usaha kita akan terbayar dan berprospek baik, akan menimbulkan benefit pula dalam diri kita, benefit tersebut antara lain:

  • Fokus dan Produktif 

Keoptimisan yang Anda miliki akan membuat Anda mengetahui bagaimana cara menjalani hidup dengan baik. Tentunya dengan berpikir positif setiap hari, Anda akan tetap fokus dan produktif dalam menjalani keseharian.

  • Dapat Mengambil Keputusan Dengan Tepat

Nyatanya, ketika kita sedang dalam pikiran negatif maka ketika ingin mengambil sebuah keputusan tak jarang hasil keputusan tersebut akan berdampak buruk. Untuk itu, sebagai pebisnis sangatlah penting untuk memiliki pikiran yang positif agar setiap keputusan yang diambil dapat memiliki manfaat untuk bisnis.

  • Mengurangi Stres

Berpikir positif dapat membuat Anda merasa lebih rileks dan tentunya akan berdampak kepada kondisi tubuh Anda. Hal ini dikarenakan ketika Anda berpikir positif maka Anda akan melihat suatu masalah dari sudut pandang yang lebih baik sehingga setiap masalah tersebut dapat dihadapi dengan sikap optimis. Dengan bersikap optimis dalam menjalani hidup, tentu akan mengurangi beban pikiran atau biasanya disebut dengan stres.

4. Tentukan Visi dan Misi Bisnis

Menentukan visi dan misi penting untuk menentukan arah tujuan bisnis kedepannya. anda perlu yang namanya visi dan misi serta strategi untuk menentukan mau seperti apa bisnis anda kelak, mau dibawa ke arah mana bisnis anda kelak, mau menggunakan strategi apa kelak untuk menguatkan posisi bisnis dalam kompetisi kelak.

Nyatanya, visi dan misi anda ini akan mengarahkan serta membangun culture dan value dari usaha bisnis anda. Usaha bisnis yang tidak hanya mencari profit, namun memiliki value, maka usaha itu akan memiliki competitive advantage atau keunggulan kompetitif dibanding pesaing.

5. Hitung Kebutuhan Modal dan Penganggaran Modal

Tentu saja, anda tidak akan mengembangkan usaha bisnis jika anda tak memiliki modal, maka agar bisnis anda bisa berjalan dengan optimal maka anda memerlukan penganggaran.

Penganggaran modal atau budgeting merupakan suatu perencanaan yang sudah disusun secara tersistematis dan meliputi seluruh kegiatan perusahaan, dan dinyatakan dalam unit (kesatuan) moneter, serta berlaku dalam jangka waktu (periode) tertentu di masa yang akan datang.

Anda perlu kalkulasikan penganggaran modal anda secara tepat dan teliti kebutuhan yang paling penting agar bisnis bisa berjalan. Hindari pembelian barang-barang yang dirasa belum perlu.

Sehingga memang benar untuk menjalankan usaha, anda harus melakukan budgeting atau menghitung komposisi modal secara teliti, berikan prioritas pada kegiatan budgeting anda, mana yang lebih baik didahulukan mana yang tidak. 

Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan barang – barang atau bahan – bahan apa yang sudah ada untuk mulai berbisnis seperti halaman, garasi, dapur, peralatan masak, dan lain sebagainya.

6. Gunakan Kata Kata Promosi Untuk Pemasaran Produk Anda

cara menawarkan produk
Sumber gambar: Freepik

Program komunikasi pemasaran  dan kumpulan kata kata promosi amat penting dalam berbisnis. Komunikasi pemasaran dengan menggunakan kata kata promosi merupakan cara menawarkan produk yang efektif , karena:

  1. Dapat membantu pelanggan dengan informasi yang memperkuat kesadaran dan pengetahuan tentang produk atau jasa yang ditawarkan
  2. Dapat mempengaruhi sikap dan keinginan pelanggan

Berikut cara menawarkan produk melalui kata kata promosi yang bisa Anda coba! Simak selengkapnya.

  • Fresh From the Oven

Cara menawarkan produk yang pertama adalah dengan menggunakan kumpulan kata kata promosi yang pertama ialah pemakaian kata “Baru” namun menggunakan makna lain yang memiliki arti sama, yakni “fresh from the oven”.

Pastinya kata “baru” dinilai terlalu mainstream bila digunakan dan ini sudah menjadi istilah umum. Oleh sebab itu, kita bisa menggunakan makna lain dari kata baru yang lebih kekinian dan menarik yaitu “fresh from the oven”.

cara menawarkan produk
Sumber gambar: Shutterstock

Contoh:

 “Fresh from the oven ini dia yang kamu tunggu-tunggu varian baru dari body mist kami!“

  • Kata yang Menawarkan Solusi

Cara menawarkan produk selanjutnya adalah dengan memberikan solusi. Ya, bisnis itu adalah solusi permasalahan yang ada di pasaran. Pastinya akan lebih efektif bila promosi dibuat sebagai sarana untuk menawarkan solusi dari sebuah masalah. 

Kumpulan kata kata promosi selanjutnya merupakan berbagai macam contoh kata-kata promosi olshop di instagram yang menawarkan solusi masalah diantaranya adalah:

Contoh: 

“Udah gajian tapi bingung tapi takut boros? Tenang belanja aja di Skincare Store anda malah bisa hemat 50%!”

“Mau kulit sehat bebas jerawat dan komedo? Cobain serum Acne-ku deh, asli ampuh banget ilangin jerawat!”

“Lagi tanggal tua pingin makan enak? Bisa! Makan aja Bongi Grill!”

  • Membawa Unsur Desakan

Cara menawarkan produk selanjutnya dengan ada menggunakan unsur desakan. Dalam hal ini maksudnya adalah membuat kata yang bisa mendistraksi pikiran calon pembeli untuk segera membeli produk anda. 

Dengan memberikan paksaan ini, seolah-olah calon pembeli tidak memiliki waktu untuk berpikir panjang lagi. Jadi tidak akan sempat muncul pikiran untuk mencari produk pembanding.

Misalnya sebagai berikut:

“Menarik! Beli sekarang, dapatkan potongan harga 50 ribu!”

“Beli sekarang, besok harga naik”

“50 pembeli pertama akan mendapatkan earpod wireless bluetooth cuma Cuma!”

“Cuma hari ini, nikmati gratis bubble tea setiap pembelian minimal 30.000 rupiah!”

  • Promo All Item

Cara menawarkan produk promosi berikutnya yakni menggunakan promo all item. Pada promo ini terdapat item yang semua jenis barang  pada item tersebut promo semua, tidak terbayangkan betapa banyak orang yang senang dengan kalimat itu.

Promo yang dilakukan sangat menarik karena jelas barang yang promo adalah all item. Para konsumen akan berpikir bahwa barang-barang yang Anda jual pastinya lebih murah dari harga biasanya.

Akhirnya konsumen akan lebih tergiur dan tertarik terutama jika promo all item dilakukan saat hari-hari besar pastinya membuat pembeli laris manis memborong barang-barang yang dijual.

Dengan promo all item tentunya banyak orang yang berbondong-bondong untuk melihat dan bahkan membeli produk Anda.

Contoh: “Promo All Item  Skin Aqua Skincare!”

  • Sale

Siapa yang tak suka sale?

Sale merupakan salah satu kata promosi yang sangat populer. Ketika promosi diselipi kata Sale Now atau Big Sale, ini menjadi tanda bahwa barang yang dijual sedang turun harga secara besar-besaran. 

Cukup dengan menggunakan 1 kata promosi ini sudah sangat efektif mendongkrak potensi penjualan barang yang anda tawarkan kata ini seolah memotivasi konsumen agar bisa membeli barang anda karena umumnya masyarakat mudah tergiur dengan penawaran menarik.

Contoh: “SALE 70 % SPESIAL NATAL”

  “MID NIGHT BIG SALE! Khusus Hari Ini Saja!”

cara menawarkan produk
Sumber gambar: Freepik
  • Diskon

Masih satu keluarga dengan kata ‘sale’, ya ini juga merupakan salah satu kata ajaib andalan yang ada di dunia sales & marketing.

Tentu saja diskon! Siapa yang tidak suka dapat diskon? Apalagi wanita khususnya ibu-ibu rumah tangga. 

Anda bisa menawarkan diskon dengan rentang 20 sampai 70 persen supaya customer agresif.

Tapi ingat, pastikan anda tetap memiliki keuntungan dalam bisnis anda, jangan sampai pengadaan diskon yang besar membuat bisnis anda menjadi terpuruk.

 “Diskon 60% untuk 10 pembeli pertama” 

 “Diskon Spesial Idul Adha 10% untuk kelipatan pembelian Rp. 10.000! Buruan!”

  • Edisi Terbatas Makin Istimewa

Menjadi satu-satunya yang mengenakan edisi terbatas membuat calon pembeli merasa istimewa dan eksklusif. Sehingga saat melakukan promosi anda bisa menuliskan

 “Jam tangan ukir karya Matoa, hanya 10 di Indonesia. Dapatkan segera.”

“Terbatas untuk 100 orang pembeli pertama! Beli 1 baju dapat 1 jaket warna random! Spesial untuk anda!”

Asian Food Images | Free Vectors, Photos & PSD
Sumber gambar: Freepik

Dengan demikian, tentunya orang akan berkompetisi untuk memiliki pakaian yang limited edition.

  • Kata Bayar Ditempat atau COD

Kata ini kerap kita dengar dan kita baca tentu saja di setiap lapak orang yang membuka dagangan di sosial media.

Bisnis online itu adalah tentang kepercayaan. Kalau pembeli tidak percaya dengan penjual maka tidak akan terjadi transaksi. Itu point utamanya.

Agar calon customer mau melakukan transaksi maka dia harus percaya dengan si penjual. Salah satunya adalah dengan menggunakan kata-kata promosi berupa bayar di tempat atau COD.

Dengan menggunakan bayar di tempat atau COD akan mengurangi bahkan meniadakan risiko kerugian yang akan dialami oleh calon pembeli.

“Pre order dessert mantap murah meriah hanya 20 ribu saja! COD Yogyakarta sekitarnya!”

Asian japanese family has breakfast at home. asian happy dad, mom ...
Sumber gambar: Freepik
  • Garansi 

Garansi yakni memberikan guarantee atau jaminan kepada calon pembeli ketika nanti terjadi sesuatu dengan produk yang kamu jual yang nyatanya tak sesuai dengan apa yang sudah dijanjikan. 

Pada posisi ini, tentu pembeli akan merasakan untung dan aman, karena tidak mengeluarkan biaya lagi ketika ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada produk yang dia beli.

Dengan menggunakan contoh kalimat promosi makanan di sosmed berikut, maka akan membuat orang merasa aman dan tidak akan pikir panjang lagi untuk membeli produk yang kamu jual.

Berikut ini contoh kalimat promosi makanan di sosmed menggunakan kata garansi:

“Sedia masker korea beras cerah original! Dijamin expired lama, jika barang yang dikirim palsu, garansi uang kembali 100 kali lipat!”

“Daging kornet dijamin Halal! Jika barang rusak garansi diganti yang baru!”

“Dijamin termurah se marketplace raya, dapatkan spaghetti ini dengan harga 10 ribu saja!”

cara menawarkan produk
Sumber gambar: Freepik
  • Kata Terbaik

Kumpulan kata-kata promosi selanjutnya yang bisa anda coba selanjutnya adalah kata  terbaik. Mendengar kata tersebut saja, akan membuat perhatian pembeli tertuju pada barang yang Anda jual. Sehingga pembeli akan tertarik pada produk yang dijual.

Dengan mencantumkan kata tersebut pada barang Anda, maka pembeli akan berdatangan dan melihat produk apa yang Anda jual, serta mampu tertarik untuk membelinya.

Contoh: 

“Dapatkan bundling serum dan soft lip cream terbaik asli dari Korea hanya dengan Rp. 200.000 saja”

  • Kata Hemat

Kumpulan kata-kata promosi yang menarik lainnya adalah hemat. Hemat adalah sikap berhati-hati dalam menggunakan atau mengeluarkan uang atau barang.

Jika Anda mendengar kata hemat, pastinya Anda akan ter framing bahwa anda  akan berpikiran jika produk tersebut murah dan anda merasa aman secara finansial karena anda mampu membelinya.

Contoh:

 “Dapatkan paket hemat dari bundling make up Hono Lulu Papaw asli dari Korea hanya 200 ribu saja!”

“Hemat banget! Makan sepuasnya Cuma bayar 50 ribu rupiah! Kapan lagi! Buruan datang sekarang! Promo terbatas hingga 2 Agustus 2020!” 

Nah bagaimana? Mudah bukan untuk dilakukan?

Kuncinya satu anda harus tekun, maka segala keberhasilan akan mengikuti anda.

Salam sukses, semoga bermanfaat!

Related Posts

General Info

Alamat

Jl. Pasir No.35, Patuk, Banyuraden, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55294

Whatsapp

+6285721004073

EMAIL

halo@aksoro.co.id

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *