Pasti Laku, Simak Tips dan Trik Cara Jualan di Tokopedia Ini!

By

Cara jualan di Tokopedia sebenarnya mudah, lho!

Hampir semua orang dapat berjualan di Tokopedia. Mulai dari individu, kelompok, usaha mikro kecil menengah, instansi, dan sebagainya.

Saat ini, Tokopedia menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Banyak sekali pengguna yang mendaftarkan dirinya baik hanya sekadar melihat-lihat, sebagai penjual, maupun pembeli.

Sebagai penjual, tak jarang, orang-orang bertanya-tanya bagaiman cara jualan di Tokopedia agar produknya cepat laku.

Apabila Anda menerapkan strategi yang cerdas dan konsisten memantau perkembangan usaha Anda, maka larisnya produk Anda bukanlah hal yang tidak mungkin.

Berikut tips dan trik cara jualan di Tokopedia pasti laku:

1. Akun dan produk

Sumber gambar: Freepik

Buat akun toko lebih dari satu

Yap, Anda tak salah dengar. Membuat akun toko lebih dari satu menjadi salah satu langkah dalam cara jualan di Tokopedia.

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat lebih dari satu akun toko Anda di Tokopedia. Hal tersebut bukan berarti menunjukkan bahwa satu toko saja tidak cukup, namun semakin banyak toko yang Anda buat maka akan semakin besar pula peluang Anda untuk menjaring pembeli.

Buat identitas seller yang jelas, jangan anonim

Dalam cara jualan di Tokopedia, unsur kepercayaan adalah faktor yang terpenting yang mempengaruhi tingkat penjualan produk Anda. 

Jika toko Anda masih baru, maka toko Anda wajib memiliki identitas. Jangan memberikan kesan bahwa toko Anda dimiliki oleh seorang anonim, terlebih menggunakan nama yang tidak jelas.

2. Say cheese! Foto itu penting!

Cara Jualan di Tokopedia
Sumber gambar: Life of Pix

Foto dari produsen

Pastikan bahwa foto produk yang Anda gunakan berasal dari produsen langsung.

Selain karena alasan kualitas foto, penggunaan foto dari produsen juga dapat meminimalisasi kesalahan seperti mengambil referensi foto produk yang salah.

Cara jualan di Tokopedia dengan mencari dan menggunakan foto dari produsen yang termudah adalah dengan mengidentifikasi produk Anda. Jika Anda menjual produk China, Anda dapat membuka situs Aliexpress dengan memasukkan kata kunci [Nama produk/Merek/Model]. Anda juga dapat membuka koleksi Taobao.

Sementara itu, jika Anda menjual produk buatan Eropa dan Amerika Serikat, Anda dapat melakukan hal yang sama di situs Amazon.

Namun demikian, tetap pastikan Anda menggunakan foto sesuai merek, warna, dan nomor model yang sama, ya!

Foto yang tajam dan jelas (clear)

Siapa sangka, cara jualan di Tokopedia dengan menampilkan gambar yang tajam dan terang rupanya dapat meningkatkan ‘nilai’ produk Anda, lho!

Ya, tentu tampilan produk yang cerah dan jelas dapat menarik perhatian para calon pembeli produk Anda.

Anda dapat mempertajam foto produk Anda melalui fitur ‘Edit’ yang tersedia di smartphone Anda. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan beberapa aplikasi photo editor yang dapat Anda akses secara bebas dan gratis.

Upload foto dalam jumlah dan jenis yang tepat

Jangan hanya mengunggah 1 foto untuk setiap produk yang Anda jual.

Jumlah foto produk yang banyak dapat meningkatkan kepercayaan calon pembeli terhadap toko Anda. Meskipun demikian, cara jualan di Tokopedia dengan menambahkan terlalu banyak foto produk tentu kurang baik.

Unggah foto dalam jumlah yang cukup, sedikitnya sekitar 4-6 foto dengan rincian 1 foto utuh produk berlatar putih, 2-5 foto yang menyorot fitur produk, dan 1-2 foto product in action.

Kemudian, pasang foto sesuai dengan urutan tersebut.

Unggah foto produk secara bekala

Agar nilai keaktifan Anda tinggi dan menjadi bahan pertimbangan untuk pembeli, sebagai cara jualan di Tokopedia, sebaiknya Anda terus mengungah foto produk secara berkala.

Sedikitnya, Anda harus mengunggah produk Anda minimal 5 kali sehari.

Dengan demkian, calon pembeli akan memiliki kepercayaan lebih terhadap produk dan toko Anda serta memiliki pengetahuan lebih banyak tentang produk yang dipasarkan.

3. Permainan kata

Cara Jualan di Tokopedia
Sumber gambar: IELTS Juice

Tulis deskripsi produk yang jelas dan padat

Tentu, Anda tidak memiliki akses ke backend marketplace tempat Anda menjual produk Anda. Oleh sebab itu, permainan kata dapat menjadi senjata dalam menjual produk Anda yang berada di kendali Anda.

Lalu bagaimana cara jualan di Tokopedia melalui permainan kata-kata deskripsi toko dan produk Anda?

Terdapat formula dalam menulis deskripsi. Dimulai dengan 1-2 paragraf unique selling preporisition (USP), diikuti dengan daftar 6-12 fitur dan/atau manfaat terpenting dari produk Anda, dan diakhiri call to action.

Lupakan kata-kata pengantar yang bertele-tele karena Anda hanya punya 6 detik untuk menarik perhatian pengunjung situs Anda.

Sedikitnya, deskripsi produk Anda harus berisi jawaban atas 3 pertanyan berikut:

  • Apa produk Anda dan untuk siapa?
  • Apa yang membedakan produk Anda dari produk sejenis?
  • Mengapa orang harus membeli produk Anda dibandingkan produk lain?

Optimalkan search engine

Search engine merupakan program komputer tertentu yang khusus difungsikan untuk membantu pengguna dalam mecari berkas-berkas tersimpan dalam layanan World Wide Web atau news group pada sejumlah jaringan komputer server.

Saat ini, search engine tidak hanya berfungsi sebagai mesin pencarian tetapi juga memiliki beragam fungsi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, sepeti cara jualan di Tokopedia dengan meningkatkan branding melalui konten yang dikemas menggunakan Search Engine Marketing (SEM),

Catat semua frase keyword yang relevan lalu masukkan satu frase keyword ke dalam judul dan deskripsi produk. Usahakan penambahan keyword  ke dalam kalimat terdengar alami dan terapkan trik ini ke semua produk Anda.

4. Respon seller

Sumber gambar: Rack CDN

Konsumen itu cerdas.

Konsumen Tokopedia tak lagi terburu-buru menggerakkan jarinya untuk klik tombol ‘Beli’ dan mulai terbiasa membuka tab diskusi. Tak sedikit di antara mereka yang ingin menyelidiki sejauh mana respon Anda terhadap pelanggan.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk merespons pelanggan Anda dengan baik sebagai salah satu cara jualan di Tokopedia.

Cari keuntungan dari fitur Tokopedia yang menunjukkan persentasi dan waktu diskusi serta chat dibalas dengan membandingkan tingkat respons Anda dengan pesaing Anda.

Cukup penting, kan?

5. Fasilitas

Cara Jualan di Tokopedia
Sumber gambar: Think Tank Media

Tentu, banyak calon pembeli yang berekspektasi memperoleh fasilitas yang baik meskipun transaksi berjalan secara online. Inilah yang menjadi kunci terakhir dari cara jualan di Tokopedia pasti laku.

Ya, berada di ‘dalam jaringan’ bukan berarti Anda dapat menyepelekan fasilitas yang dikehendaki oleh calon pembeli. Fasilitas tersebut dapat berupa jasa pengiriman yang bervariasi, penyusunan tata letak etalase toko online Anda dengan rapi, dan memberikan informasi produk dengan jelas.

Tak jarang, banyak calon pembeli yang membandingkan para seller Tokopedia dengan mempertimbangkan ekspedisi yang dipilih. Selain itu, etalase yang tersusun rapi dapat memudahkan calon pembeli untuk memilih ragam produk yang diinginkannya dari kategori tersebut.

Jadi, tetap ingat untuk memberikan fasilitas yang baik kepada calon pembeli, ya!

Demikian artikel mengenai tips dan trik cara jualan di Tokopedia pasti laku.

Hal yang berat dalam menjalankan bisnis online bukanlah terletak pada bagaimana strategi pemasaran suatu produm, melainkan melawan rasa malas dari diri sendiri untuk bergerak dan menjalankan baik strategi maupun tips dan trik cara jualan di Tokopedia.

Semoga bermanfaat dan selamat berjualan!

Related Posts

General Info

Alamat

Jl. Pasir No.35, Patuk, Banyuraden, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55294

Whatsapp

+6285721004073

EMAIL

halo@aksoro.co.id

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *