Unik, Ini 8 Pertimbangan Inspirasi Desain Cafe Klasik yang Dapat Menarik Pelanggan

Saat ini, orang tidak hanya pergi makan – mereka pergi keluar untuk mendapatkan pengalaman penuh melalui desain cafe klasik yang menarik. 

Siapa pun dapat memasak makanan enak di dapur rumah mereka, itulah sebabnya industri kafe dan restoran tidak berhenti dalam mendesain interior yang indah dan menarik untuk membuat para tamu kembali.

Desain cafe klasik yang baik dapat menjadi satu-satunya perbedaan yang akhirnya membedakan Anda dari pesaing.

Tentu, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal dalam menentukan desain cafe klasik yang Anda inginkan, sebagai berikut.

1. Pertimbangan dalam menentukan desain cafe klasik: Lokasi

Sumber gambar: Interior Design

Lokasi cafe klasik Anda sangat penting untuk jenis basis pelanggan yang ingin Anda tarik. Anda tidak dapat hanya menemukan banyak yang kosong di lingkungan lama dan membangun cafe klasik Anda di sana. Lokasi akan menentukan fluktuasi pelanggan, menu dan demografi klien Anda. Ada tiga tempat penampung utama untuk lokasi kafe:

  1. Corner shop: Pilih lokasi di persimpangan. Ini akan menarik banyak lalu lintas Anda dan pasti meningkatkan bisnis.
  2. Lingkungan yang cozy: Saat Anda mencari lokasi utama di sebagian distrik perumahan, maka pergilah ke tempat yang memiliki persaingan minimum. Jika terlalu banyak restoran muncul di tempat yang sama, basis pelanggan akan berkurang. Buka kafe Anda di lingkungan yang nyaman dan persaingan rendah.
  3. Mal: Jika cafe klasik Anda termasuk dalam kategori komersial, maka yang terbaik adalah menemukan lokasi utama di mal. Ini pasti akan menarik jenis basis pelanggan yang akan Anda cari.

2. Pertimbangan dalam menentukan desain cafe klasik: Eksterior

Desain Cafe Klasik
Sumber gambar: Cloudfront

Eksterior cafe klasik Anda harus sangat ramah. Jika Anda terlalu berhemat, maka daya tarik komersial utama juga akan berkurang. 

Eksterior cafe klasik harus mewakili interior setidaknya sebagian. Untuk tujuan ini, Anda harus menggunakan jendela tinggi yang memberikan pemandangan indah tempat duduk di dalam Anda atau bahkan tampilan makanan. Investasikan dalam logo yang mewah dan tajuk yang ramah dan cobalah untuk meniru sedikit individualisme untuk menarik tamu yang diinginkan.

3. Pertimbangan dalam menentukan desain cafe klasik: Pencahayaan

Desain Cafe Klasik
Sumber gambar: Desain

Desain pencahayaan yang baik adalah pusat dari setiap desain yang brilian, tetapi signifikansinya meningkat dua kali lipat ketika mendesain khusus untuk restoran. 

Pencahayaan untuk ruang cafe klasik jauh lebih bernuansa daripada pencahayaan umum interior komersial atau perumahan. Ini menciptakan suasana hati positif yang tidak disadari dan merangsang selera pelanggan. 

Jika pencahayaan Anda buruk maka Anda dapat dengan baik mengasingkan basis pelanggan Anda – untuk siapa yang ingin duduk-duduk di bawah lampu independen yang mencolok atau lampu halogen yang tergagap.

Pencahayaan untuk interior cafe klasik seharusnya cerah dan semilir untuk mempromosikan suasana ramah di seluruh ruang. Namun, juga perlu ada keseimbangan ambient ke ruang yang diciptakan melalui pencahayaan aksen dan perlengkapan dekoratif.

4. Pertimbangan dalam menentukan desain cafe klasik: Warna dan material cafe

Sumber gambar: WP

Setiap estetika interior adalah representasi dasar dari kombinasi warna dan bahannya. Kombinasi yang bagus dari keduanya dapat meningkatkan visual ruang cafe klasik Anda. 

Warna dan material cafe yang buruk, di satu sisi lain, dapat membuat ruang Anda tampak hambar atau bahkan membosankan. Karena kafe perlu memiliki visual yang indah untuk menarik pelanggan, sangat penting untuk memilih warna yang tepat dan melengkapi yang lebih jauh dengan bahan yang tepat.

Karena desain cafe klasik merupakan representasi tematik dari rumah kopi, skema warna utama berakar pada warna gelap dan bersahaja.

5. Pertimbangan dalam menentukan desain cafe klasik: Interior

Desain Cafe Klasik
Sumber gambar: WP

Fokus utama dari setiap restoran adalah untuk merangsang selera pelanggan dengan cara yang halus. Ini melibatkan merancang interior cafe klasik dengan psikologi warna dalam pikiran. 

Para ahli telah menentukan bahwa nada warna cokelat tua yang dikombinasikan dengan suasana emas tanpa sadar merangsang nafsu makan. Inilah sebabnya mengapa sebagian besar interior restoran dirancang dengan warna merah, cokelat, dan emas.

Mirip halnya dengan desain cafe klasik. Meskipun pilihan makanan di kafe jelas terbatas, bisnis tetap perlu berhasil. Jadi tema yang diinginkan bersama dengan warna dan langit-langit bahan perlu dirancang dalam warna gelap, bersahaja dengan sedikit warna merah. Penerangan harus dilapisi dengan hati-hati untuk menonjolkan aksen emas.

Ketika Anda mematuhi trik-trik kecil ini, interior secara otomatis menjadi merangsang secara visual dan selera.

6. Pertimbangan dalam menentukan desain cafe klasik: Gagasan ‘Analogi Gastronomi’

Sumber gambar: Pinimg

Meskipun konsep ini tidak hanya berlaku untuk interior saja, itu jelas sesuatu yang layak dipertimbangkan. 

Dalam arsitektur, konsep Analogi Gastronomi mengacu pada manifestasi fisik makanan di dalam ruang. Idenya adalah untuk menarik pelanggan dengan mendesain tempat usaha Anda dalam citra makanan tertentu. Misalnya, bayangkan saja cokelat yang menetes dari dinding kafe!

Menggugah kan?

Dalam konteks interior desain cafe klasik, Analogi Gastronomi dapat diterapkan dengan mendesain objek makanan buatan kecil di dalam ruang interior. Misalnya, Anda dapat memesan lampu pendent custom cupcake fiber glass.

7. Pertimbangan dalam menentukan desain cafe klasik: Kesimbangan fungsi dan tata letak

Desain Cafe Klasik
Sumber gambar: IDN Times

Tata letak kafe adalah salah satu aspek terpenting dari interior cafe klasik. 

Anda bisa memilih gaya meja-kursi sederhana atau desain di bilik – itu semua tergantung pada tema interior Anda. Namun, selalu perlu ada keseimbangan yang baik antara fungsi, estetika dan tata letak, karena ini adalah bagaimana Anda menciptakan sebagian besar suasana kafe Anda.

Secara fungsi, perhatikan ruang lorong – ruang antara setiap formasi tempat duduk. Itu harus cukup lebar untuk dilewati server dengan mudah, tetapi tidak cukup lebar untuk menghalangi estetika. Jika ruang ini terlalu sempit, atau bahkan terlalu lebar, fungsionalitas dan estetika cafe klasik akan terganggu.

8. Pertimbangan dalam menentukan desain cafe klasik: Sentuhan musik

Sumber gambar: WP

Ketika visual selalu merupakan aspek interior desain cafe klasik yang sangat teliti, Anda selalu dapat secara halus mempengaruhi selera pelanggan Anda melalui suara juga. 

Musik adalah aspek kunci dalam menciptakan nuansa seimbang sempurna di dalam desain cafe klasik Anda. Dengan musik yang tepat untuk melengkapi skema warna yang sempurna itu, Anda bisa lebih merangsang selera pelanggan Anda. 

Jika mereka menikmati visual di sekitarnya, dan bahkan lebih terstimulasi oleh stimulasi pendengaran, maka mereka pasti ingin kembali dan hanya akan memiliki hal-hal baik untuk dikatakan tentang restoran Anda.

Desain interior desain cafe klasik adalah kombinasi dari beberapa aspek visual dan pragmatis – termasuk warna, bahan, tema, tata letak, pencahayaan, dan fungsi – yang semuanya bersatu membentuk ruang yang menawarkan visual yang indah dan lingkungan yang santai sambil secara halus merangsang nafsu makan.

Demikian artikel mengenai 8 pertimbangan inspirasi desain cafe klasik yang dapat menarik pelanggan. Semoga artikel ini bermanfaat!

Related Posts

5 Strategi Jitu Digital Marketing Indonesia

Digital marketing di Indonesia memiliki potensi yang sangat cerah. Hal ini seiring dengan terus tumbuhnya pengguna internet.  Per Januari 2020, populasi pengguna internet di Indonesia menurut We Are Social mencapai angka 175,4 juta orang. Angka ini meningkat 17%...

Menerapkan Content Marketing sebagai Digital Marketing Strategy

Sekarang ini, digital marketing sudah bukan lagi barang baru. Hampir semua brand dan perusahaan melakukannya. Oleh karena itu, penting untuk memiliki digital marketing strategy yang tepat untuk bisnis Anda.  Digital marketing adalah salah satu bagian dari...

General Info

Alamat

Jl. Pasir No.35, Patuk, Banyuraden, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55294

Whatsapp

+6285721004073

EMAIL

halo@aksoro.co.id

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *