Sangat Digemari, Coba 7 Usaha Makanan Ringan Serba 2000 Rupiah Ini!

By

Siapa yang tak tertarik dengan usaha makanan ringan serba 2000 Rupiah?

Makanan ringan, camilan, atau kudapan adalah istilah bagi makanan yang bukan merupakan menu utama (makan pagi, makan siang atau makan malam). Makanan yang dianggap makanan ringan merupakan makanan untuk menghilangkan rasa lapar seseorang sementara waktu, memberi sedikit pasokan tenaga ke tubuh, atau sesuatu yang dimakan untuk dinikmati rasanya.

Tentu, sebagian besar masyarakat Indonesia menikmati keberadaan makanan ringan di kala senggang. Bahkan, tak sedikit yang menjadikannya sebagai kudapan dalam berbagai acara.

Tak sedikit pula yang menjadikan makanan ringan sebagai peluang usaha makanan ringan serba 2000 Rupiah. Penasaran apa saja? 

Berikut Daftar 7 Alternatif Usaha Makanan Ringan Serba 2000 Rupiah!

1. Rempeyek

Usaha Makanan Ringan Serba 2000
Sumber gambar: Resep Masak Terbaru

Rempeyek atau peyek adalah sejenis makanan pelengkap dari kelompok gorengan. 

Secara umum, rempeyek adalah gorengan tepung beras yang dicampur dengan air hingga membentuk adonan kental, diberi bumbu (terutama garam dan bawang putih), dan diberi bahan pengisi yang khas, biasanya biji kacang tanah atau kedelai. Peran tepung di sini adalah sebagai pengikat. Pengisi dapat juga bahan pangan hewani berukuran kecil, seperti ikan teri, ebi, udang kecil, jingking, atau laron. Saat ini orang juga membuat rempeyek dari daun bayam & kepiting.

Sebagai makanan pelengkap, fungsi rempeyek sama dengan kerupuk yaitu sebagai pelengkap hidangan.

Rempeyek mudah ditemukan dijual di warung makan, pasar, ataupun di pasar swalayan. Hal ini menunjukkan bahwa minat masyarakat Indonesia terhadap rempeyek cukup tinggi sehingga dapat menjadi salah satu alternatif usaha makanan ringan serba 2000 Rupiah.

2. Keripik Singkong

Usaha Makanan Ringan Serba 2000
Sumber gambar: Akamaized

Keripik singkong adalah makanan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan minyak goreng. Biasanya rasanya adalah asin dengan aroma bawang yang gurih. 

Perkembangan sekarang banyak memunculkan variasi rasa keripik singkong, tidak hanya asin gurih tetapi juga asin pedas dan manis pedas atau dikenal sebgai bumbu balado. Makanan ini tersebar hampir merata di seluruh Pulau Jawa.

Rasanya yang gurih dengan tekstur yang renyah membuat keripik singkong menjadi minat banyak masyarakat Indonesia untuk menjadikannya sebagai usaha makanan ringan serba 2000 Rupiah. Tentu saja, dengan harganya yang terjangkau, banyak orang yang berminat membelinya.

3. Pisang Molen

Usaha Makanan Ringan Serba 2000
Sumber gambar: Palmia

Pisang molen adalah suatu hidangan ringan berbahan baku pisang yang dilapisi lembar-lembar adonan dan kemudian digoreng. Hidangan ini merupakan variasi dalam pengolahan dari pisang goreng. 

Untuk bahan, biasanya menggunakan tepung terigu protein tinggi, beberapa gram gula halus, baking powder, beberapa butir telur ayam, margarin, air es, minyak goreng dan pisang. 

Biasanya pisang molen banyak dijajakan bersama gorengan bakwan, tahu dan tempe. Pisang molen tersedia dalam berbagai macam ukuran, mulai dari mini hingga besar. Meskipun ukurannya kecil, pisang molen diminati sebagai usaha makanan ringan serba 2000 Rupiah karena murah dan cukup mengeyangkan perut.

4. Pisang Coklat (Piscok)

Usaha Makanan Ringan Serba 2000
Sumber gambar: Blogspot

Pisang cokelat atau kerap disingkat piscok, adalah kudapan manis yang terbuat dari irisan pisang dengan cokelat cair atau susu kental manis cokelat, yang dibungkus dalam kulit tepung tipis mirip crepe, atau lazim menggunakan kulit lumpia yang kemudian digoreng rendam dalam minyak goreng yang banyak.

Pisang cokelat sering didefinisikan secara singkat sebagai “lumpia pisang cokelat”. Makanan ini sering dianggap sebagai perpaduan antara pisang goreng dan lumpia.

Jenis pisang yang digunakan biasanya sama dengan pisang yang biasa digunakan untuk pisang goreng; yaitu pisang uli, pisang kepok atau pisang raja sereh. Sedangkan kulit yang digunakan biasanya kulit lumpia siap pakai yang dijual di pasar.

Di Indonesia, pisang cokelat dianggap sebagai salah satu variasi pisang goreng, dan digolongkan ke dalam kategori gorengan usaha makanan ringan serba 2000 Rupiah. Oleh pedagang gorengan kaki lima, pisang cokelat, bisa juga dijual bersama dengan tempe goreng, tahu goreng, dan pisang goreng. 

Makanan ini populer sebagai kudapan atau makanan kecil, disajikan oleh pedagang gorengan kakilima, sampai di kafe atau restoran sebagai teman minum kopi atau teh

5. Onde-onde Mini

Sumber gambar: Shopee

Onde-onde adalah sejenis kue jajanan pasar dan usaha makanan ringan serba 2000 Rupiah yang populer di Indonesia. Kue ini sangat terkenal di daerah Mojokerto yang disebut sebagai kota onde-onde sejak zaman Majapahit. 

Dengan harganya yang murah, onde-onde dapat ditemukan di pasar tradisional maupun dijual di pedagang kaki lima. Onde-onde juga populer khususnya di daerah pecinan baik di Indonesia maupun luar negeri. Oleh karena itu, tak jarang jika penjual onde-onde mendapatkan omzet yang cukup banyak.

Onde-onde terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi/dibalur dengan biji wijen. 

Terdapat bermacam-macam variasi, yang paling dikenal adalah onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi bubuk kacang hijau. Variasi lain hanya dibuat dari tepung terigu dan diberi warna pada permukaannya seperti putih, merah, atau hijau yang dikenal sebagai onde-onde gandum, yang merupakan onde-onde khas dari kota Mojokerto.

6. Donat

Sumber gambar: CPCDN

Donat adalah salah satu usaha makanan ringan serba 2000 Rupiah berupa penganan yang digoreng, dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur, dan mentega. Donat yang paling umum adalah donat berbentuk cincin dengan lubang di tengah dan donat berbentuk bundar dengan isian manis, seperti selai, jelly, krim, dan custard.

Donat sama sekali berbeda dengan bagel–mulai dari bahan pembuatan, teknik pembuatan hingga cara menghidangkan,dan juga toping yang digunakan walaupun keduanya memiliki bentuk yang hampir sama.

Adapun donat yang sering dijual dan diminati oleh masyarakat Indonesia adalah donat gula. Dengan harganya yang murah dan rasanya yang manis, donat ini menjadi kesukaan masyarakat Indonesia di kala senggang atau menjadi salah satu makanan ringan favorit.

7. Martabak Mini

Sumber gambar: Pinimg

Di Indonesia ada dua jenis martabak, yaitu martabak asin/telur yang terbuat dari campuran telur dan daging serta martabak manis. Berbeda dengan martabak telur, martabak manis adalah sejenis kue atau roti isi selai yang biasa dimakan di saat santai sebagai makanan ringan.

Nah, dari dua jenis martabak tersebut, banyak masyarakat Indonesia untuk membuka usaha makanan ringan serba 2000 Rupiah dengan membuat variasi martabak mini, baik martabak asin/telur mini maupun martabak manis mini.

Hal tersebut merupakan salah satu ide usaha makanan ringan serba 2000 Rupiah yang menarik, mengingat pasarnya yang menjadikan anak-anak sebagai salah satu target konsumen. Tentu saja, hanya dengan modal sedikit, omzet yang dihasilkan pun cukup besar.

Demikian artikel mengenai 7 alternatif usaha makanan ringan serba 2000 Rupiah. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berbisnis!

Related Posts

Serial Patehan – Jurus 6: Jaga Teras, Ruang Tunggu, dan Dapur

DARI REDAKSI Halo sobat Aksoro! Kali ini Aksoro kembali menyapa Anda lewat serial bonus eksklusif bagi pemilik buku “Kami Siap Tempur”. Ebook yang Anda baca merupakan lanjutan ebook series “24 Resep Bikin Hati Customer Lumer”. Kali ini, kami hadir dengan format...

5 Strategi Jitu Digital Marketing Indonesia

Digital marketing di Indonesia memiliki potensi yang sangat cerah. Hal ini seiring dengan terus tumbuhnya pengguna internet.  Per Januari 2020, populasi pengguna internet di Indonesia menurut We Are Social mencapai angka 175,4 juta orang. Angka ini meningkat 17%...

Menerapkan Content Marketing sebagai Digital Marketing Strategy

Sekarang ini, digital marketing sudah bukan lagi barang baru. Hampir semua brand dan perusahaan melakukannya. Oleh karena itu, penting untuk memiliki digital marketing strategy yang tepat untuk bisnis Anda.  Digital marketing adalah salah satu bagian dari...

General Info

Alamat

Jl. Pasir No.35, Patuk, Banyuraden, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55294

Whatsapp

+6285721004073

EMAIL

halo@aksoro.co.id

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *